5 Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing from Your Computer

 

Setelah selesai menginstall game, maka akan ada banyak kemungkinan muncul masalah atau error dari masalah ringan hingga berat. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara mengatasi D3DX9_43.dll is Missing.

Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari spesifikasi laptop atau komputer yang kurang mumpuni, kurangnya file sistem yang diperlukan, dan lain sebagainya.

Apa itu File d3dx9_43.dll?

Apa itu File d3dx9_43 dll

DirectX merupakan sekumpulan komponen program yang memungkinkan software. Terutama pada game, pasalnya bisa berguna secara langsung dengan perangkat keras video atau audio kamu.

Game yang memakai DirectX dapat memakai fitur multimedia accelerator yang telah tertanam pada hardware supaya lebih efisien.

Sementara d3dx9_43.dll merupakan salah satu dari banyak jenis file yang dapat kamu jumpai dalam software DirectX.

Sekarang ini sudah banyak sekali game berbasis Windows yang memakai DirectX untuk kebutuhan grafik mereka.

Namun di sisi lain, suka muncul error d3dx9_43.dll yang diakibatkan oleh sistem yang tidak bisa menjumpai file tersebut.

Penyebab Pesan D3DX9_43.DLL is Missing

Penyebab Pesan D3DX9_43 DLL is Missing

Untuk penyebabnya sendiri, sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya saja, banyak orang yang mengalami masalah tersebut namun belum tahu cara mengatasinya.

Kata missing sendiri dalam terjemahan bahasa indonesia mempunyai arti hilang. Jadi pesan tersebut mengartikan jika ada sebuah file yang hilang atau tidak ada pada sistem.

Dan file yang di maksud ialah D3DX9_43.DLL. Ini dapat terjadi lantaran kurangnya file sistem yang terinstall. Bahkan saya sendiri tidak heran, pasalnya banyak yang belum akan hal ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi D3DX9_43.DLL is Missing

Untuk mengatasi masalah file DLL yang tidak ada, ternyata sangat mudah sekali.

Pasalnya file yang diperlukan hilang, maka kamu hanya perlu menginstall kembali file yang hilang. Dengan begitu, sistem akan bisa kembali membacanya.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa cara mengatasi D3DX9_43.DLL is Missing yang bisa gunakan, sebagai berikut:

1. Install DirectX

D3DX9_43.DLL merupakan suatu file yang berasal dari sistem DirectX. Nah, apakah kamu sudah tahu apa itu DirectX?

Sederhananya, DirectX ini merupakan suatu kumpulan program yang berguna untuk memproses kerja dari sebuah game.

Misalnya Font, Grafis 3D, Grafis 2D, Audio, Proses GPU (VGA) dan lain sebagainya. Maka dari itu, file dari DirectX bisa dikatakan sangat penting.

Nah untuk menginstall Directx sangat mudah langkah-langkahnya, sebagai berikut:

Jika sudah, kamu buka aplikasinya. Lalu klik Accept This Agreement.

  • Setelah itu, klik Next dan tunggu sampai proses penginstalan selesai.
  • Apabila sudah selesai, silahkan lakukan restart terlebih dahulu laptop atau komputer yang kamu gunakan.
  • Kemudian coba kembali game-nya, apakah sudah bisa atau belum.
  • Seharusnya game tersebut sudah normal kembali. Atau paling tidak pesan missing tidak muncul kembali.
  • Selain itu, pada saat akan bermain game. Metode ini biasanya langsung dilakukan sehabis melakukan install ulang Windows, agar nantinya tidak repot.

Dapat dikatakan, kalau cara ini sangat efektif. Kebanyakan kendala missing DLL entah itu D3DX9_43.DLL maupun file DLL sejenisnya dapat diatasi dengan menggunakan cara yang satu ini.

2. Melalui File Redist

Melalui File Redist

Cara mengatasi D3DX9_43.dll is Missing selanjutnya melalui file Redist.

Untuk beberapa game terdapat developer yang menyimpan folder dengan nama Redist, dimana didalamnya ada kumpulan file-file sistem.

Untuk itu kamu wajib menginstall. Khususnya kalau di dalamnya terdapat folder DirectX, maka file file D3DX9_43.DLL juga harus satu paket.

Nah untuk menginstalnya sendiri sebenarnya hampir sama dengan metode diatasnya. Kamu hanya perlu membuka file DXSETUP di folder DirectX tadi.

Catatan: Tidak hanya DirectX, install juga file–file lainnya. Seperti Microsoft Visual C++ dan lain sebagainya yang sejenis, ini supaya error lain tidak muncul.

3. Memasang Sendiri Secara Manual

Cara mengatasi D3DX9_43.dll is Missing selanjutnya adalah dengan memasang sendiri secara manual. Cara ini bisa kamu terapkan apabila metode pertama dan kedua belum juga membuahkan hasil.

Pada intinya, memasang secara manual sebenarnya lebih bertujuan untuk membuat file tertentu secara tepat atau exact. Contohnya untuk ulasan kali ini.

Nah untuk memasang file secara manual, langkah-langkahnya sangat mudah, sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka halaman DLL-Files.com untuk memperoleh file D3DX9_43.

Pertama kamu buka halaman DLL-Files com untuk memperoleh file D3DX9_43

  • Silahkan kamu search saja di dalam halaman tersebut.
  • Kemudian lakukan pengunduhan file. Sesuai dengan versi Windows yang kamu pakai. Apakah menggunakan versi 32 bit atau 64 bit.

Kemudian lakukan pengunduhan file. Sesuai dengan versi Windows yang kamu pakai. Apakah menggunakan versi 32 bit atau 64 bit.

  • Apabila sudah, melakukan ekstrak file tersebut memakai aplikasi WinRaR atau yang sejenisnya.
  • Silahkan kamu salin file DLL yang sudah di ekstrak tadi.
  • Setelah itu tempelkan atau pastekan ke dalam folder game tujuan yang ada .exe-nya.
  • Jika sudah, silahkan kamu coba tes kembali game-nya. Apakah sudah normal atau belum.

Ingat, metode ini dapat dikatakan sebagai cara alternatif saja ya. Pasalnya dari pengalaman saya, jenis file file D3DX9_43 ada banyak.

Dan tidak semua game dapat kompatibel dengan satu file saja. Jadi, meskipun masih gagal, silahkan coba tes kembali dengan cara memasang file Direct seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Meskipun begitu, saya sudah sudah beberapa kali mengatasi masalah tidak adanya file D3DX9_43.DLL memakai metode ini. Jadi, menurut saya tidak ada salahnya kamu mencobanya.

Baca juga: Cara Melihat Password Yang Pernah Diketik di Komputer

4. Copy file d3dx9_43.dll Dari Perangkat Lain

Copy file d3dx9_43 dll Dari Perangkat Lain

Cara mengatasi D3DX9_43.dll is Missing berikutnya adalah dengan melakukan copy file tersebut dari komputer atau laptop lain.

Mungkin prosesnya lebih cepat, namun ada kemungkinan untuk menampilkan error yang baru.

Kamu hanya perlu mengcopy file d3dx9_43.dll dari perangkat lain, kemudian tempelkan pada komputer kamu.

Terdapat dua cara, sebagai berikut:

  • Copy file d3dx9_43.dll dari perangkat lain kemudian pastekan di folder game yang mengalami masalah.
  • Copy file d3dx9_43.dll dari perangkat lain, kemudian pastekan di folder system. Untuk 64-bit lokasinya di %WINDIR%\SysWOW64\. Sedangkan 32-bit lokasinya ada di %WINDIR%\System32\. %WINDIR% merupakan lokasi folder Windows di partisi yang sudah di install OS, dan biasanya lokasi bawaan ada di data C:\Windows.

5. Update Windows 10

Update Windows 10

Versi DirectX terakhir yang dipasang di Windows 7 merupakan 11.0 serta telah built-in system, sehingga tidak ada standalone pembaruan untuk versi ini.

Sedangkan untuk Windows 8, versi DirectX terakhirnya adalah 11.1. Dan untuk Windows 10 versi DirectX terakhirnya adalah 12.

Terdapat kemungkinan jika Windows 10 yang kamu pakai mungkin belum dilakukan pembaruan. Kamu bisa memperoleh pembaruan terbaru lewat fitur Windows Update.

Caranya adalah masuk ke Start Menu > klik Settings > klik Update & security > pada panel kanan kamu klik Get Updates.

Kira-kira seperti itu pembahasan mengenai cara mengatasi D3DX9_43.dll is Missing yang error akibat hilang. Mungkin masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah error tersebut. Apabila kamu kurang puas dengan relevansi yang saya berikan bisa mencari referensi lain di internet.