Home » Tutorial » Cara Mendapatkan Kode Puk Terlengkap Di Semua Provider

Cara Mendapatkan Kode Puk Terlengkap Di Semua Provider

No comments
Cara Mendapatkan Kode Puk Terlengkap Di Semua Provider

Loop.co.id – Cara mendapatkan kode PUK untuk kamu semua yang sedang mengalami kejadian kartu providernya terblokir. Ternyata banyak sekali orang orang yang juga terblokir kartu providernya. Dan hal tersebut juga terjadi karena beberapa alasan.

Kemungkinan alasannya bisa terjadi karena kelalaian kamu sendiri dan barulah kamu butuh kode yang penting ini ketika sudah terblokir. Padahal kode PUK sendiri sangatlah penting untuk kamu ketahui jika ada masalah masalah yang seperti ini.

Oleh karena itu, hadirnya artikel yang kami ini untuk membahas segala tentang Kode PUK ini. Tidak hanya pengertian dan fungsinya saja, tetapi juga cara mendapatkannya untuk berbagai macam provider yang ada sekarang di Indonesia ini. Simak ya.

Tentang Kode PUK

Tentang Kode PUK

Kode PUK sendiri adalah sebuah kode yang sangat unik dan pasti dimiliki oleh setiap kartu SIM atau provider jaringan seluler telepon. Kode PUK sendiri sudah kamu dapatkan dan sebenarnya bisa kamu lihat sendiri ketika pertama kali beli kartunya.

Biasanya, orang bertanya tentang Kode PUK karena untuk mengatasi masalah kartu simnya yang terblokir. Tetapi ada juga alasan lain dari pengguna menanyakan kode yang memiliki 8 digit angka ini untuk menghentikan layanan selulernya. Sehingga ia bisa beralih ke layanan lain tetapi tetap memakai nomor telepon saat ini.

Kodenya PUK ini memang terdiri dari 8 digit angka yang tidak pernah sama dengan orang manapun yang menggunakan kartu provider. Sehingga tidak akan pernah akan ada yang sama sampai kapan pun juga.

Kode ini juga secara langsung dikelola oleh operator dari jaringan seluler yang kamu gunakan dan tidak menggunakan pihak ketiga. Dimana PUK sendiri memiliki peran untuk perlindungan pada lapisan kedua di sim car yang kamu gunakan sekarang.

Jadi, misalkan nanti ada orang yang sedang iseng dan ingin memiliki akses terhadap kartu sim mu, maka tidak bisa. Karena dia harus memasukkan pin yang kamu miliki terlebih dahulu. Barulah kalau pinnya sudah salah sebanyak tiga kali, sekarang waktunya kode PUK beraksi.

Oleh karena itu, misal juga pin dari kartumu sudah diketahui oleh orang dan ia tidak memiliki kode PUK ini, maka dia tetap tidak bisa masuk. Dan kartu sim mu pun tetap aman tanpa ada yang mengambil alih hak aksesnya.

Nah terkadang kamu juga suka mengalami kartu simnya terblokir mungkin karena pernah lupa pinnya. Tidak hanya kamu namun banyak orang juga yang mengalami hal seperti ini sehingga mereka suka kebingungan bagaimana untuk mengatasinya.

Nah sebelum kita membahas cara untuk mengatasinya, kamu juga perlu tau beberapa alasan kartu yang kamu gunakan bisa terblokir. Untuk itu, kamu bisa lihat beberapa alasan dan kemungkinannya di penjelasan berikut ini.

Beberapa Alasan Sim Card Bisa Terblokir

Beberapa Alasan Sim Card Bisa Terblokir

Banyak sekali faktornya yang bisa membuat kartu sim atau kartu prabayarmu itu terblokir. Yang pasti hal itu merugikan kamu ketika kamu sedang butuh layanannya tetapi tidak bisa karena terkendala oleh sim car yang diblokir tiba tiba.

Biasanya kalau kartu prabayar atau kartu sim kamu terblokir, pastinya akses untuk panggilan atau pun ketika kamu menerima telepon, mengirimkan pesan, ataupun berselancar di internet akan langsung diputus tanpa persetujuanmu dulu.

Kalau hal ini sampai terjadi sudah pasti sangat merugikanmu. Dan kamu jadi tidak bisa lagi menikmati semua layanan yang biasanya kamu peroleh dari provider yang kamu gunakan saat ini.

Sebenarnya agar kartu prabayar atau kartu simmu tidak diblokir bisa diantisipasi pemutusannya. Tetapi apabila kartu prabayar atau kartu simmu sudah terlanjur terblokir, kamu perlu tahu apa yang menjadi alasan atau penyebabnya.

  • Tidak Regis Ulang.
  • Kartu Kedaluwarsa.
  • Permintaan Langsung.

Itulah beberapa alasan yang mungkin dan seringkali terjadi kalau kartu simmu terblokir. Sehingga dengan alasan tersebut kamu juga bisa mencari tahu jalan keluarnya sendiri karena sudah tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Cara Untuk Mendapatkan Kode PUK Berbagai Provider

Cara Untuk Mendapatkan Kode PUK Berbagai Provider

Nah kalau kamu sudah tahu pengertiannya dan juga beberapa penyebabnya kartumu bisa terblokir. Oleh karena itu, sekarang akan kami berikan beberapa caranya agar kamu bisa mendapat kode PUK untuk membuka blokirannya tersebut.

Cara Untuk Mendapatkan Kode PUK Kartu T-sel

Untuk kartu telkomsel sendiri memiliki 2 cara mendapatkannya yaitu dengan menggunakan Veronika si asisten virtual dari provider Telkomsel sendiri. Yang kedua dengan menggunakan aplikasinya langsung yaitu MyTelkomsel.

1. Lewat Verokika Si Asisten Virtual

Cara yang satu ini sudah pasti dijamin berhasil karena cara ini merupakan rekomendasi langsung dari halaman resminya Telkomsel. Jadi, dengan memanfaatkan asisten virtual ini kamu bisa mendapatkan kodenya dengan melalui:

  • Sosial media telegram.
  • Sosial media Facebook Messenger.
  • Aplikasi My Telkomsel.
  • Terakhir dari situs web.

Nah untuk caranya sendiri kamu bisa ikuti petunjuk berikut:

  1. Pertama, pilihlah beberapa cara yang sudah disebutkan di atas.
  2. Kemudian kamu ketikkan “Hai” dan asisten virtual akan memberikan beberapa pilihan.
  3. Lalu kamu pilih bagian Info PUK untuk mendapatkan kodenya.
  4. Setelah itu kamu harus verifikasi terlebih dulu dan memilih metodenya (pin, nomor HP, atau pun tanggal lahirmu).
  5. Barulah kamu akan mendapatkan kode yang dikirimkan langsung oleh Veronika.
  6. Selesai.

2. Lewat My Telkomsel

Untuk pengecekan kode Puk-nya milik kartu telkomselmu, bisa kamu lihat sendiri pada bagian profil. Untuk langkah lebih jelasnya sebagai berikut:

  1. Pertama, buka dulu aplikasi My Telkomselnya.
  2. Kemudian pilih tab Menu dan akan muncul berbagai pilihan.
  3. Lalu klik pada ikon bergambar pensil (edit) pada atas kanan layar.
  4. Setelah itu kamu akan langsung melihat kode PUK milikmu (kode 1 dan kode 2).
  5. Selesai.

Cara Untuk Mendapatkan Kode PUK Kartu Tri

Untuk kartu Tri sendiri sebenarnya teradapat 4 cara agar bisa memperoleh Kode PUKnya. Tetapi kamu harus mempersiapkan nomor teleponmu dan juga kode ICCID atau yang biasa disebut Integrated Card Circuit Identifier). Kode ini ada di belakang kartu sim juga.

Kalau sudah disiapkan semuanya, kamu bisa langsung menghubungi ke 123. Tetapi untuk panggilan ini berbayar menggunakan pulsa mesikpun tidak mahal. Biayanya hanya sebesar Rp 300 untuk setiap panggilannya.

Yang kedua kamu bisa mengubungi nomor customer servicenya yaitu 0896 4400 0123. Panggilan customer service ini sudah pasti berbayar dan lebih mahal dari cara pertama. Karena biaya panggilannya juga tergantung durasi atau berapa lama kamu menelponnya.

Cara ketiga adalah dengan meminta kode PUknya langsung ke email provider Tri yaitu 3care@three.co.id. Disitu kamu bisa jelaskan maksudmu untuk meminta kode Puknya agar admin dapat langsung menerima email dan menjawab permintaanmu.

Cara yang terakhir adalah kamu mendatangi langsung 3Store di kota terdekat. Dengan begitu, kamu bisa langsung menjelaskan masalah yang terjadi dan mendapat bantuan secara langsung. Sehingga kamu bisa bertanya kepada yang bekerja di sana terkait masalahmu.

Cara Untuk Mendapatkan Kode PUK Kartu Indosat

Untuk mendapatkan Kode PUKnya kartu Indosat atau Indosat Ooredoo, caranya mirip seperti kartu Tri. Karena kamu bisa memperolehnya dari sosial media maupun dari customer servicenya langsung. Jadi, sebelum mulai mencari kodenya, kamu juga harus mempersiapkan nomor teleponmu dan ICCID milikmu di kartu indosat.

Setelah semuanya siap, kamu bisa langsung saja untuk menghubungi customer servicenya Indosat pada nomor 100. Panggilan ini juga berbayar tergantung seberapa lama kamu melakukan panggilan. Jadi, kamu perlu menyiapkan pulsa yang agak banyak sebelum melakukan panggilannya.

Kemudian barulan kamu sampaikan semua keluhan dan apa yang kamu butuhkan yaitu kode PUKnya. Sehingga pihak customer service pun akan langsung menerima keluhan dan membantu untuk penyelesaian masalah kartumu yang terblokir.

Selain itu juga kamu bisa mengakses beberapa sosial media milik indosat langsung. Mirip seperti panggilan yang dilakukan tetapi bedanya kamu hanya perlu menggunakan internet. Yaitu dari INDIRA (asisten virtual), WhatsAppnya IM3, Twitternya IM3, atau email resminya IM3.

Cara Untuk Mendapatkan Kode PUK Sim XL

Nah kalau untuk kartu XL sendiri, kamu bisa menggunakan kode dial yang sudah tersedia (UMB) ataupun aplikasi MyXL langsung. Dan berikut ini akan kami beritahu caranya yang mudah sekali.

Kalau kamu ingin lewat akses UMB, maka tidak perlu menginstall apa pun lagi. Kamu hanya perlu membuka dial dan ketikkan ***123#***. Setelah itu pilih MyInfo, info untuk kartu XL ku, detail nomor, cek profil, lalu pilihlah PUK.

FAQ

FAQ

1. Apa Itu Kode PUK?

Kode PUK sendiri adalah sebuah kode yang sangat unik dan pasti dimiliki oleh setiap kartu SIM atau provider jaringan seluler telepon. Kode PUK ini biasanya sudah kamu dapatkan dan sebenarnya bisa kamu lihat sendiri ketika pertama kali beli kartunya.

Kodenya terdiri dari 8 digit angka yang tidak pernah sama dengan orang manapun yang menggunakan kartu provider yang langsung dikelola oleh operator dari jaringan seluler yang kamu gunakan.

2. Dimana Kita Bisa Dapat Kode PUK Provider

Kode PUK ini biasanya sudah kamu dapatkan dan sebenarnya bisa kamu lihat sendiri ketika pertama kali beli kartunya. Kodenya tertera di balik kartu berisi angka 8 digit dan bisa kamu gunakan dalam keadaan darurat seperti terblokir.

Nah terkadang kamu juga suka mengalami kartu simnya terblokir mungkin karena pernah lupa pinnya. Tidak hanya kamu namun banyak orang juga yang mengalami hal seperti ini sehingga mereka suka kebingungan bagaimana untuk mengatasinya.

3. Mengapa Sim Card Bisa Terkunci Oleh Kode PUK?

Terdapat banyak penyebabnya yang menjadikan kartu sim atau sim card terkunci atau pun terblokir. Salah satunya karena kamu pernah lupa pin yang diberikan dan salah memasukkannya sebanyak tiga kali. Sehingga kamu diharuskan memasukkan kode puknya sekarang.

Selain itu juga bisa karena kartu yang kamu gunakan sudah kedaluwarsa. Sehingga akses ke seluruh layanannya benar benar terputus dan kamu tidak bisa menggunakannya lagi. Solusinya hanya ada 2 yaitu memasukkan kode PUK-nya atau membeli kartu dengan nomor baru.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dan penjelasan lengkapnya dari kami mengenai Cara Mendapatkan Kode PUK dari beberapa provider yang ada di Ind0nesia. Semoga setelah kamu membaca artikel disini maka kamu bisa menyelesaikan permasalahan kartu providermu yang terblokir itu ya.

Originally posted 2023-05-26 12:47:41.