Cara Mencari Grup di Telegram Tanpa Diundang

Banyak ditemui grup chatting yang disediakan oleh berbagai macam social media salah satunya Telegram. Adanya grup chatting untuk memudahkan komunikasi antar pengguna. Nah, apakah Anda tahu cara mencari grup di Telegram tanpa diundang? Ini merupakan salah satu fitur unik yang ada di Telegram bagi Anda yang belum mengetahuinya.

Seperti grup chatting pada umumnya, grup yang ada pada Telegram merupakan forum untuk anggota berinteraksi satu sama lain. Ada juga yang namanya channel di Telegram. Bedanya antara grup dan channel di Telegram yaitu pada channel pergerakannya lebih pasif karena menunggu pemberitahuan dari pengelola channel tersebut.

Sedangkan pada grup Telegram, Anda dapat berinteraksi dengan sesama anggota dengan lebih bebas saat berdiskusi tanpa menunggu informasi dari pemilik grup tersebut. jadi, Anda tidak perlu bingung lagi bedanya antara grup dan channel yang ada di Telegram.

Terdapat 2 jenis grup yang ada di Telelgram yaitu grup privat dan publik. Grup privat dapat join jika Anda memilki link grup tersebut, sedangkan grup publik siapapun bebas boleh bergabung meski tidak diundang sekalipun. Nah, berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk bergabung dengan grup meski tanpa link undangan grup tersebut.

Mencari Grup Melalui Telegram Web

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan telegram web. Cara ini dapat Anda lakukan, bagi Anda yang tidak memiliki aplikasi Telegram pada perangkatnya, baik itu pada HP ataupun PC Anda. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mencari grup melalui Telegram web:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka Telegram Web pada laptop ataupun PC Anda
  2. Setelah masuk pada Telegram web, lanjutkan dengan memilih menu Pencarian atau Searching di kolom yang sudah disediakan.
  3. Selanjutnya ketik nama grup yang Anda cari tersebut. pastikan nama grup Telegram yang Anda tulis sudah sesuai dan benar
  4. Maka akan muncul beberapa pilihan grup yang dapat Anda pilih. Lanjutkan dengan memilih grup yang Anda inginkan tersebut.

Baca juga: Bot Telegram

Mencari Grup Melalui PC

Cara mencari grup Telegram dapat Anda lakukan di PC. Anda tinggal mendownload aplikasi Telegram for PC setelah terinstall maka Anda dapat menggunakannya tanpa perlu koneksi langsung dengan HP Anda yang memiliki akun Telegram. Umumnya, banyak orang yang menginstall Telegram pada PC mereka guna untuk menghemat ruang pada HP yang dimiliki oleh mereka sendiri.

Tentu saja cara melakukan pencarian grup telegram melalui PC sangat mudah untuk dilakukan. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari grup di Telegram via PC:

  1. Masuk menuju aplikasi Telegram yang berada di Desktop
  2. Kemudian tulis nama grup yang ingin Anda cari pada kolom Pencarian yang terletak di bawah ikon garis tiga vertikal.
  3. Tunggu beberapa saat sampai keluar hasil grup yang Anda cari
  4. Jika terdapat berbagai macam pilihan, Anda dapat memilih salah satu dari beberapa grup tersebut.
  5. Klik grup tersebut untuk mulai join ke dalamnya. Selesai.

Baca juga: Cara Logout Telegram Web

Mencari Grup Melalui HP

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan melakukan pencarian pada HP Anda. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki aplikasi Telegram yang sudah terinstall pada perangkat HP Anda. Jika Anda belum memilikinya, maka Anda dapat mengunduh aplikasi Telegram pada Playstore ataupun Appstore HP Anda.

Cara melakukan pencarian grup Telegram di HP cukup mudah dan praktis. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah pencarian di bawah ini dengan benar dan tepat sesuai dengan langkah-langkah yang sudah diarahkan. Cara mencari grup Telegram melalui HP dapat digunakan pada jenis apapun HP Anda, berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi aplikasi Telegram yang ada di HP Anda
  2. Lanjutkan dengan memilih menu Pencarian yang terletak pada pijok kanan atas
  3. Pada kolom Pencarian, lanjutkan dengan menulis Nama Grup yang sedang Anda cari
  4. Setelah itu akan muncul nama grup yang Anda masuk dari hasil pencarian tersebut
  5. Selanjutnya Anda tinggal memilih grup tersebut untuk ikut join sebagai member di dalamnyam dan langsung dapat berinteraksi dengan para member yang ada di dalam grup tersebut. Selesai.

Mencari Grup Melalui Google Search Engine

Langah selanutnya yang dapat Anda gunakanan untuk mencari grup di Telegram yaitu melalui Google Search Engine. Google Search Engine merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh pihak Google untuk mencari berbagai macam file yang tersembunyi. Berikut langkah-langkah Anda mencari grup Telegram melalui Google Search Engine:

  1. Langkah pertama yaitu dengan membuka browser Anda pada perangkat yang Anda miliki baik itu HP maupun PC
  2. Lanjutkan dengan menulis Site:t.Me dalam kolom pencarian dengan menambahkan kata View Group
  3. Penambahan kata di belakang yaitu View Group merupakan kode untuk memberikan perintah pada pesin pencarian agar menampilkan pencarian khusus grup.
  4. Selain menambahkan View Group, Anda juga dapat menambahkan keyword View Channel jika Anda ingin mencari channel yang diinginkan
  5. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan grup dari hasil pencarian tersebut
  6. Anda dapat langsung memilih salah satu grup Telegram yang Anda inginkan untuk langsung bergabung pada grup tersebut. Selesai.

Baca juga: Cara Anonymous Chat Telegram

Demikianlah cara mencari grup di Telegram tanpa diundang yang dapat Anda lakukan, cukup mudah bukan? Hampir keseluruhan cara yang digunakan sama. Anda hanya perlu mengetik nama  grup di kolom pencarian, setelah referensi beberapa nama grup keluar, maka Anda dapat memilih salah satunya. Semoga bermanfaat.