Cara Membuka File Apk

Cara Membuka File Apk-Pengguna smartphone selalu dimanjakan dengan kehadiran game atau aplikasi yang tersedia di play store. Ini tentunya memudahkan bagi kita yang ingin download maupun install aplikasi yang kita butuhkan. Akan tetapi tentunya anda juga pernah mengalami ketika ingin install apikasi ternyata tidak tersedia di app store resmi tersebut. Sehingga mengharuskan anda untuk mendownloadnya lewat melakukan pencarian di internet.

Ada berbagai macam jenis format yang akan kita temui sewaktu download game atau aplikasi, contohnya saja apk atau xapk. Untuk yang pertama kali ingin menginstall game diluar play store mungkin akan merasa bingung bagaimana cara membukanya sehingga aplikasi tersebut terpasang pada smartphone anda.

Berhubungan file apk bukanlah aplikasi atau game resmi, maka tidak menutup kemungkinan aplikasi ini terdapat malware didalamnya, sehingga anda perlu berhati-hati ketika mendownloadnya. Untuk lebih lengkap lagi mengenai ulasan kita pada kesempatan kali ini, langsung saja anda simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Apk?

Apk merupakan berkas yang berisikan paket aplikasi android. Dalam file ini kita akan menemukan berbagai macam file yang sudah dikompress dengan format zip atau sebagainya. Untuk bisa mendapatkan file ini kita bisa mendownloadnya lewat situs yang menyediakannya. Apabila sobat pembaca setia dari Loop, pasti kalian pernah mendownload file apk yang sudah pernah kami bagikan pada ulasan kami lainnya.

Toko aplikasi resmi seperti play store sendiri pastinya memiliki persyaratan bagi aplikasi baru yang ingin ada disini. Karena tidak memenuhi persyaratan itulah mengapa kita tidak dapat menemukan aplikasi atau game disini.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

buka file apk

Tips Membuka File Apk Yang Aman

Untuk anda yang hendak memasang file apk ini, maka hendaknya anda dapat menyimak terlebih dahulu beberapa tips yang akan kami berikan sebagai berikut.

Memilih Situs Terpercaya

Ada cukup banyak situs terpercaya yang bisa anda akses untuk mendapatkan file apk atau xapk ini diantaranya ialah apkpure. Disini anda bisa mendapatkan berbagai macam file apk game maupun aplikasi. Untuk keamanan dari situs ini sendiri sudah banyak yang membuktikannya.

Menginstall Anti Virus

Sekarang ini sudah tersedia banyak aplikasi anti virus yang tersedia pada play store. Dengan begitu anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Keuntungan ketika kita memiliki antivirus ini ialah aplikasi ini akan mendeteksi ketika terdapat file malware yang terdapat pada file apk.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda coba ketika ingin mendownload atau menginstall file dengan format apk. Hal ini bertujuan agar smartphone kita bebas dari malware yang nantinya dapat mengganggu kinera smartphone anda.

Cara Membuka File Apk

Sedangkan untuk anda yang ingin membuka file apk ini, maka anda bisa melakukan beberapa langkah terlebih dahulu yaitu seperti berikut ini.

  • Pertama anda bisa masuk pada menu pengaturan di smartphone anda
  • Kemudian setelah itu cara security atau keamanan
  • Selanjutnya pilih menu aplikasi
  • Cari “Unknown Source” atau “Sumber tak dikenal” lalu ceklis
  • Pada langkah berikutnya ialah membuka tempat penyimpanan folder download
  • Pilih apk yang ingin anda buka atau install
  • Terakhir tinggal tunggu hingga selesai.

Dengan langkah-langkah yang sudah kami jelaskan diatas, maka sekarang anda sudah berhasil membuka file apk pada smartphone anda, sehingga tahap berikutnya tinggal memainkan game atau aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Install XAPK

Akhir Kata

Di internet kita akan menemukan banyak file dengan berbagai macam format, dan setiap format itu sendiri memiliki cara masing-masing untuk membukanya. Sebagai contoh ketika anda ingin membuka file zip atau rar, sehingga anda memerlukan aplikasi tambahan seperti Zarchiver.

Itulah tadi ulasan yang dapat kami bagikan mengenai cara membuka file apk, semoga tutorial yang sudah kami bagikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semuanya.