Cara Membuat Polling di WhatsApp, Begini Cara Pakainya

Loop.co.id – Cara Membuat Polling di WhatsApp adalah topik utama aartikel kita hari ini. Sudah tidak aneh lagi WhatsApp terus berinovasi membuat kemajuan-kemajuan fitur-fiturnya.

Dan akhir-akhir ini WhatsApp kembali muncul dengan pembaruanya, yakni adanya fitur communities dan fitur membuat polling di WhatsApp.

Buat kamu yang penasaran sama fitur baru di WhatsApp ini, tenang kita akan bahas dengan detail fitur-fitur baru dari WhatsApp ini. Simak terus artikel ini !

WhatsApp dan Semua Serba Serbinya

WhatsApp dan Semua Serba Serbinya

 

Sebelum membahas fiturnya lebih jauh, kita kenalan dulu dengan aplikasi yang satu ini. WhatsApp adalah apikasi bertukar pesan yang pastinya sudah tidak asing lagi.

WhatsApp memiliki banyak fitur yang mampu mendukung komunikasimu, mulai dari bertukar gambar, suara, melakukan telepon ataupun video call, semuanya dapat kamu lakukan di WhatsApp.

Anak dari Perusahaan Facebook ini merupakan aplikasi bertukar pesan dengan pengguna terbanyak di dunia. Namanya yang eksentrik, mudah diingat, serta fiturnya yang lengkap menjadi keunggulanya.

Di Indonesia sendiri pengguna dari aplikasi ini mencapai 2,41 Miliar pengguna. Hampir seluruh rakyat Indonesia terhubung melalui WhatsApp Messanger.

Menarik sejarah WhatsApp, aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Brian Acton dan Jan Koum. Keduanya adalah mantan bagian dari Yahoo, situs pencarian berwarna ungu itu.

Sejak saat itu mereka berusaha menciptakan layanan aplikasi bertukar pesan alternatif dari penggunaan SMS. Kemunculan Iphone memberikan inspirasi dalam pemciptaan WhatsApp.

Ketika ponsel berbasis IOS hadir, maka software pendukungnya juga akan semakin dicari dan dibutuhkan. Celah inilah yang kemudian menjadi inspirasi penciptaan WhatsApp.

Bergabung dengan Facebook di tahun 2014, WhatsApp terus berkembang pesat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penggunanya.

Baca Juga  Download WhatsApp iOS (Wa iPhone) Apk Mod Terbaru 2022

WhatsApp memiliki misi untuk menyediakan layanan bertukar pesan yang mempu bekerja dengan cepat serta dapat diandalkan dimanapun, kapanpun, dan dibelahan dunia bagian manapun.

Mengulik Fakta Seru Dari WhatsApp

Mengulik Fakta Seru Dari WhatsApp

1. Di Perusahaanya WhatsApp Gapunya Bagian Marketing

Tidak seperti perusahaan pada umumnya, WhatsApp tidak punya bagian khusus yang mengurus bagian promosi ataupun akuisisi pengguna mereka.

Bagi Brian dan Jan mereka lebih berfokus bagaimana mengembangkan produk mereka agar bisa lebih bermanfaat dan tepat guna.

Sehingga mereka tidak perlu mencari orang untuk menggunakan aplikasi mereka, justru sebaliknya. Orang mengantri karena membutuhkan produk yang mereka buat.

2. Penggunaanya Dilarang Di Beberapa Negara

Meskipun menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbesar di dunia, WhatsApp tetap mengalami penolakan di beberapa bagian dunia.

Dengan berbagai alasan WhatsApp tidak memiliki izin untuk digunakan di beberapa negara, seperti Uni Emirat Arab, Irak, Cina, Korea Utara, Suriah, Bangladesh, dan lain-lain.

3. Berhasil Mengikat Para Penggunanya

Beberapa perusahaan pengembang aplikasi berusaha bersusah payah untuk meningkatkan interaksi penggunanya di dalam aplikasi.

Menurut penelitian, pengguna WhatsApp membuka rata-rata 23 kali aplikasi tersebut dalam satu hari. Dengan layanan yang mereka berikan, memberikan effect addicted terhadap para penggunanya.

4. Tebak Ada Berapa Pesan Yang Dikirim Setiap Menit ?

Coba kamu tebak ada berapa banyak pesan yang dikirim melalui WhatsApp setiap menit ? Jawabanya adalah 29 Miliar pesan.

29 Miliar pesan rata-rata dikirim setiap menitnya melalui WhatsApp. Angka yang tidak kecil dan angkanya semakin meningkat di setiap tahunya.

Kenaikan pengguna ditambah dengan peningkatan interaksi, maka pesan  yang akan dikirimkan juga semakin banyak. Luar biasa bukan.

5. Pernah Direbutin Oleh Facebook dan Google

WhatsApp pernah ditawar oleh Google dengan nilai penawaram senilai 10 miliar USD. Angka segitu pun sudah terlihat sangat luar biasa bagi kita.

Tetapi, ternyata Facebook berani membayar lebih untuk membeli WhatsApp. Facebook hampir menawar dua kali lipatnya.

WhatsApp berhasil dibeli dengan harga 19 miliar USD, dua kali lipatnya. Dengan nilai tersebut WhatsApp akhirnya diakuisisi menjadi anak perusahaan Facebook.

What’s New On WhatsApp

What's New On WhatsApp

Nah, setelah membahas fakta-fakta unik WhatsApp kita akan membahas apa saja fitur terbaru yang dihadiahkan oleh Whatsapp kepada para penggunanya.

1. Bisa Telepon Menggunakan Link

Terinspirasi dari fitur Zoom dan Google Meet, yang dapat membagikan link untuk melakukan panggilan. WhatsApp juga memberikan fitur tersebut bagi penggunanya.

Kita dapat mengirimkan link untuk diberikan kepada orang lain untuk melakukan panggilan. Link dapat digunakan berkali-kali, lalu kadaluarsa dalam jangka waktu 90 hari.

Baca Juga  FMWhatsApp (FM WA) APK Mod Download Terbaru 2022 Official

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menjadwalkan panggilan dengan sahabat-sahabatmu, Memudahkan percakapanmu melalui telepon ataupun videocall melalui WhatsApp.

3. Reaction Dengan Menggunakan Emoji

Kalau kamu bingung harus merespon suatu pesan dengan kata-kata apa, atau terkadang kamu sedang sibuk dan tidak ada waktu untuk membalas pesan ?

WhatsApp memberikan solusi untuk masalahmu yang satu ini. Kamu cukup klik pesan terssebut dan dapat memberikan tanggapan melalui emoji.

Pilihan emoji yang tersedia pun beragam, kamu dapat memilihnya sendiri sesuai dengan tanggapan yang ingin kamu berikan. Hanya dengan sekali klik, kamu dapat membalas pesanmu.

4. Kalau Terlanjur Menghapus Pesan Bisa Di Undo

Sebelumnya WhatsApp menyediakan fitur untuk menghapus pesan yang belum dibaca, baik untuk pengirim maupun si penerima. Keduanya dapat dihapus.

Sekarang WhatsApp memberikan solusi bagi kamu yang secara tidak sengaja menghapus pesan, kamu dapat meng-undo pesan tersebut dan akan muncul kembali.

5. Admin Grup Akan Menjadi Si Paling Tahu dan Paling Berkuasa

WhatsApp akan memunculkan fitur leave dari grup tanpa diketahui, tapi hanya diketahui oleh admin grup itu sendiri. Jadi tidak semua anggot dapat melihat kamu keluar.

Selain itu, admin juga dapat menghapus pesan yang dikirim oleh anggotanya, jadi admin grup akan menjadi si paling tahu siapa yang keluar dan mengatur pesan anggotanya di dalam grup.

6. Communities “Menu Baru Yang Bikin Penasaran”

Communities adalah bagian dari fitur baru WhatsApp yang memungkinkan kamu untuk melakukan komunikasi yang terstruktur, easy to use, dan terenkripsi end to end.

Dengan WhatsApp Communities kamu dapat menggambungkan banyak grup menjadi satu, dan kamu dapat melakukan broadcast pesan di dalam komunitas tersebut.

7. Polling Ga Cuma Ada Di Twitter Dan Instagram

WhatsApp juga tidak mau kalah dengan para sainganya. WhatsApp membuat fitur polling yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan polling di chat WhatsApp.

Fitur ini dapat berguna untuk meringkas kegiatan konservatis dalam melakukan polling. Dengan fitur ini, polling akan lebih mudah dilakukan.

Cara Membuat Polling di WhatsApp

Cara Membuat Polling di WhatsApp

Sesuai dengan janji di awal artikel tadi, kali ini kita akan spill Cara Membuat Polling di WhatsApp salah satu fitur baru di WhatsApp. Yakni fitur polling yang akhir-akhir ini menjadi sorotan.

Untuk memudahkan proses pengambilan pilihan di ruang chat kamu, berikut adalah Cara Membuat Polling di WhatsApp di WhatsApp.

  1. Pertama, kamu harus pastiin dulu. Apakah WhatsApp-mu telah di upgrade dengan versi paling terbaru. Cara mudah memeriksanya adalah cek apakah ada logo communities di sebelah kiri.
  2. Selanjutnya, kamu hanya perlu membuka ruang chat dimana polling akan dilakukan, kamu buka chat tersebut.
  3. Klik lampiran atau ikon dengan gambar klip di bagian papa ketik, apabila sudah terlihat klik tombol polling yang berbentuk seperti grafik.
  4. Setelah di klik, kamu hanya perlu memasukan pertanyaanya di dalam kolom ask a question, serta memasukan opsi jawaban yang dapat dipilih apa saja.
  5. Apabila telah selesai maka kamu hanya perlu klik tombol kirim, sama seperti akan mengirim pesan pada umumnya.
Baca Juga  GB WhatsApp (GB WA Pro) Mod Apk Official Update Terbaru 2022

Cara Memberi Tanggapan Pada Polling Di WhatsApp

Cara Memberi Tanggapan Pada Polling Di WhatsApp

Setelah mengetahui Cara Membuat Polling di WhatsApp, maka selanjutnya adalah cara untuk mengisi atau memberi tanggapan atas polling di WhatsApp.

  1. Bentuk pesan masuk polling umumnya akan berbentuk seperti fitur polling di Instagram maupun Twitter, formatnya akan sama atau mirip.
  2. Ketika polling sudah muncul dan terbukan, kamu hanya perlu memilih dari adanya beberapa opsi yang ditawarkan.
  3. Kamu hanya perlu mengklik untuk ikut polling, sangat mudah bukan ?
  4. Apabila kamu ingin mengganti pilihan jawabanmu pada opsi polling, kamu hanya perlu klik sekali lagi untuk membatalkan opsi tersebut, lalu klik jawaban mu sesungguhnya.

Untuk mengetahui hasil polling yang telah dibuat kita hanya perlu mencari tulisan view vote di bagian polling berada. Maka kita dapat langsung dengan mudah mengetahui Cara Membuat Polling di WhatsApp.

Dengan adanya fitur ini, Cara Membuat Polling di WhatsApp dapat melihat secara detail hasil polling para anggotanya secara detail dengan hanya satu aplikasi saja.

Keberadaan Cara Membuat Polling di WhatsApp dapat mengganti atau meringkas penggunaan google form pada saat pengeloaan data polling.

Sebelum fitur ini ada, pada saat kita akan melakukan polling tidak jarang, kita membuat polling di dalam google form terlebih dahulu.

Lalu, Cara Membuat Polling di WhatsApp link polling tersebut akan disebarkan melalui grup di WhatsApp. Jika dilihat, maka kita akan bekerja dua kali.

Dengan Cara Membuat Polling di WhatsApp, kita dapat melakukan polling hanya di dalam satu aplikasi. Mulai dari membuat, memberi kepada responde, hingga menganalisa hasil.

Akhir Kata

Lunas sudah janji untuk memaparkan cara untuk membuat polling di WhatsApp di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan diprektekan dalam membuat polling. Sampai bertemu lagi !