Cara Membuat Link Google Drive

Cara Membuat Link Google Drive-Bagi anda pengguna internet tentunya sudah tahu Google Drive yang merupakan sebuah layanan penyimpanan data, yang telah tersinkronisasi dan juga di kembangkan oleh Google. Google Drive telah di luncurkan pada tanggal 24 April 2012 lalu. Google drive juga dapat memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan sebuah data, saling berbagi berkas dan juga dapat mensinkronisasi data di perangkat yang sangat berbeda. Aplikasi Google drive telah ada pada sebuah bentuk dekstop maupun smartphone.

Di beberapa jenis ponsel, aplikasi ini juga telah menjadi sebuah aplikasi bawaan yang dapat terinstal secara otomatisnya di sistem. Di sini kalian juga dpat melakukan memerapa file-file gambar, dokumen, audio maupun Vidio sekaligus. Kalian juga dapat menggunakan sebuah kapasitas yang gratis sebesar 15 Gigabyte, jika kalian menginginkan lebih dari itu maka kalian bisa melakukan upgrade account pada google drive tersebut.

Kalian juga dapat menyimpan, mengambil, dan juga mengedit file dari google drive menggunakan sebuah catatan perangkat komputer dan juga smartphone yang wajib sekali terhubung dengan sebuah jaringan internet yang kalian miliki. Google Drive juga dapat di artikel sebagai sebuah aplikasi layanan yang digunakan untuk menyimpan sebuah file di internet pada sebuah storage yang berbasis cloud. Google Drive juga mempunyai fungsi sebagai :

Fungsi Google Drive

Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang bisa kita gunakan dari layanan milik Google ini, Selengkapnya bisa anda simak seperti berikut.

Berbagi File

Dengan menggunakan sebuah google Drive ini maka kalian akan langsung bisa membagikan sebuah file tanpa perlu lagi melakukan sebuah konfigurasi yang sangatlah rumit. Kalian juga bisa langsung berbagi file dengan mengundang beberapa pengguna lain melalui sebuah link yang kalian punya untuk di bagikan kepada mereka.

Mengedit file

Kalian dapat melakukan editing data langsung tanpa memerlukan sebuah pengunduhan lagim google drive juga telah mendukung sebuah fitur edit data yang dimakan teksnya akan terhubung dengan Google spreadsheat. Google spreadsheat memiliki sebuah fungsi sebagai pbentuk online tanpa harus menginstal software lagi.

Menyimpan File

Untuk menyimpan yang digunakan sebagai fungsi utama aplikasi Google drive. Dengan fungsi ini, maka kalian dapat menyimpan sebuah data dan juga dapat menyimpan langsung dalam bentuk dokumen gambar maupun pada sebuah media penyimpanan online tanpa sebuah stroge dan juga media penyimpanan offline seperti hardisk atau ram.

Backup Data

Melakukan Backup data, hal ini dilakukan seperti point utama yang telah ada di google Drive. Karena Google Drive di gunakan untuk membackup sebuah data yang telah ada di komputer dan juga perangkat lunak lainnya. Secara pribadi, penulis juga sring sekali menggunaka google drive sebagai sebuah media penyimpanan yang akan menyimpan beberapa file yang ada pada website. Kalian bisa menggunakan hal ini, jika terjadi suatu masalah pada website dan juga kalian dapat merestar kembali file tersebut.

Aplikasi Google drive juga sangat terkenal dikarenakan ia sebagai salah satu aplikasi penyimpanan data yang sangatlah mudah digunakan. Dengan ini kalian tidak perlu repot-repot lagi membawa sebuah flashdisk ataupun kebutuhan lainnya. Ia juga memiliki sebuah potensi sebagai alat yang akan hilang jika terkena virus. Data-data penting yang kalian miliki juga bisa sangat aman, bila di simpan di aplikasi google drive ini. Kalian juga bisa memfoto ataupun melakukan scanning pada sebuah dokumen dan juga penyimpanan email yang kalian miliki.

Google drive sangatlah berguna bukan, google drive juga sangatlah. Aplikasi ini bisa kalian percaya untuk menyimpan sebuah data komputer Taupun data lainnya. Data yang telah kalian simpan juga tetap bisa di gunakan kapanpun. Tetapi Google Drive memiliki kekurangan yaitu media penyimpanannya lebih ke dalam cara penggunaan. Jika kalian ingin meng-upload, kalian harus mengakses data kekoneksi jaringan internet yang ada. Biarpun Google drive menyuguhkan sebuah fitur agar kalian dapat menggunakan data ketika offline.

Saat kalian ingin membagikan sebuah kontenyang ada di google drive, pasti kalian harus membuat sebuah link google drive yang di gunakan sebagai link pembagian untuk teman ataupun orang lain yang jngin kalian bagikan. Google drive juga termasuk kedalam layanan google. Para penggunanya pun melakukan suatu penyimpanan file sampai dengan kapasitas 100GB jika telah berlangganan. Lalu, bagaimanasih cara membuat link google drive untuk dibagikan? Beriku in caranya.

Baca juga: Cara Tarik Data Siswa Baru Dapodik 2022

Cara membuat link google drive untuk di bagikan secara private

Jika kalian memiliki sebuah file yang ingin dibagikan secara private, maka kalian bisa menggunakan cara ini untuk membuat linknya. Karena jangan sampai sebuah file yang private malah di bagikan secara publik. Nah dengan ini, maka kalian bisa melihat urutan cara pembuatan dan juga bembagian kink google drive secara private ini, berikut caranya.

  1. Masuklah terlebih dahulu kedalam akun google drive yang sudah kalian punya.
  2. Masuk dan juga klik pada bagian file ataupun folder lalu lanjutkan dengan klik file dengan begitu lanjutkan dalam sebuah pembagian.
  3. Di bagian ini, kalian bisa membagikan sebuah link file kepada alamat gmail teman kalian yang ingin dikirim file dalam bentuk private.
  4. kalian juga dapat mengatur orang yang akan kalian kirim nejadi seorang editor maupun hanya dapat melihat file private itu.
  1. Bila file sudah terkirim, maka kalian akan langsung mendapatkan notifikasi yang berada di bagian pojok kiri bawah pada google drive tersebut.
  2. Kalian juga harus memastikan bahwa sudah melakukan konfirmasi terhadap orang yang ingin kalian kirim file tersebut, dan juga jangan lupa sebuah tampilan setelah kalian membagikan link tersebut di google drive.
  3. Setelah orang yang sudah kalian percaya membuka file yang telah kalian kirim, maka akan ada beberapa folder ataupun sebuah file yang hanya bisa dilihat oleh mereka saja karena telah private.
  4. Salah satu cara mudah membedakannya yaitu akan terdapat sebuah icon user di atas dengan sebuah informasi yang akan ada.
  5. Bilah sudah, maka kalian dengan mudah akan mempercayakan file tersebut kepada seseorang yang telah kalian kirim link. Nah begitulah cara pembuatan dan pembagian lin google drive secara private nya.

Cara pembuatan link google drive untuk dibagikan untuk keperluan publik

Cara pembuatan link yang di bagikan secara publik hampir sama dengan pembuatan link yang di bagikan dengan cara private. Tetapi akan ada beberapa perbedaan diantara pembuatan link keduanya. Maka dengan itu, kami akan menjelaskan cara pembuatan link google drive untuk pembagian secara publik, berikut caranya.

  1. Bukalah sebuah aplikasi google drive yang kalian punya, setelah masuk ketiklah titik tiga pada sebuah file yang akan kalia bagikan kepada publik.
  2. Lanjutkan pilih pada bagia link, dan gantilah nontifikasikan non-aktif menjadi aktif (dengan begitu maka secara otomatisnya file tersebut bisa dibagikan secara publik).
  3. Dengan itu akan di lanjutkan dengan munculnya sebuah tampilan yang akan muncul setelah kalian sudah membagikan sebuah link yang telah tersedia. Kalian juga dapat kembali mengatur link tersebut dengan siapa saja yang akan memiliki akses untuk link file yang kalian punya.
  4. Saat kalian telah memilih beberapa orang yang akan mengakses file tersebut, maka kalian akan di hadangkan kepada 2 pilihan hak akses atas diri kamu dan juga mereka akan mendapatkan bila telah membuka file tersebut.
  5. Dengan itu kalian bisa langsung mengcopy link file, agar kalian bisa menggunakannya pada sebuah tautan berbagi pada seseorang yang telah kalian tuju.
  6. Dengan begitu maka kalain bisa langsung meng-copy link dan membagikannya pada publik. Nah begitulah cara pembuatan link drive untuk di bagikan secara publik.

Begitulah cara pembuatan link private dan juga publik. Kalian bisa menggunakan salah satu cara di atas yang sesuai dengan keinginan yang kalian miliki. Tetapi terdapat beberapa kelemahan loh terhadap url link yang panjang. Karena link panjang dapat mempersulit untuk dihapal. Ternya ada cara loh untuk memperpendek link yang ada pada google drive, jika penasaran simaklah artikel ini lebih lanjut lagi.

Cara memperpendek link pada google drive

  1. Kalian bisa membuka situs bit.ly dan juga mengcopy URL shereink yang ingin kalian perpendek pada google drive.
  2. Lanjutkan dengan menempatkan link tersebut pada kolom teks yang telah di sediakan di bit.ly
  3. Klik kolom yang bercentang create, dan juga masukkan nama pendek link yang ada.
  4. Lanjutkan dengan mengklik tombol save untuk menyimpan link tersebut. Dengan begitu link google drive kalian akan lebih pendek dan juga bagus jika di lihat.

Baca juga: Cara Convert PDF ke Word

Penutup

Nah begitulah cara yang biasa digunakan untuk memperpendek link yang ada di google drive. Dengan begitu juga akan mempermudah kalian dalam mebagikan sebuah link kepada orang lain. Pahami dengan jelas cara-cara yang telah kami berikan kepada kalian, agar mempermudah kalian dalam melakukannya. Semoga artikel ini mengenai cara membuat link google drive ini dapat bermanfaat.