Cara Membuat Garis Tepi di Microsoft Word

Cara Membuat Garis Tepi di Microsoft Word – Penulisan dokumen digital merupakan kegiatan yang sangat bergantung kepada perangkat dan software. Perangkat yang digunakan bisa berupa komputer (PC), laptop, tablet, smartphone, dan lain – lain.

Software yang digunakan biasanya adalah aplikasi Microsoft Word. Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Windows, Mac OS, dan Android yang artinya bisa digunakan pada perangkat mulai dari komputer sampai smartphone sekalipun. Dengan begitu, semua orang bisa melakukan pengetikan atau penulisan dokumen digital dimanapun mereka berada.

Selain bergantung kepada perangkat dan software, penulisan pada komputer juga bergantung pada format yang berlaku. Margin menjadi salah satu bagian penting dari format penulisan pada sebuah dokumen digital.

Format margin biasanya memiliki suatu ketentuan yang harus diikuti seperti ukuran dan arah orientasi kertas. Penggunaan format yang tepat sesuai kebutuhan membuat suatu dokumen terlihat profesional dan layak untuk dipublikasikan.

Sebaliknya, membuat dokumen dengan format yang tidak sesuai akan menurunkan kualitas dokumen tersebut karena memberi kesan yang tidak profesional.

Margin yang baik memiliki ukuran batas sisi kertas yang konsisten pada setiap halaman dan setiap kalimat tidak ada yang melebihi batas tersebut. Batas atas, batas bawah, batas kiri, dan batas kanan juga tidak boleh terlalu dekat dengan ujung kertas.

Selain supaya terlihat rapi, hal ini juga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jika dokumen dicetak dan mengalami kerusakan pada bagian sisi, informasi pada dokumen tersebut masih bisa dibaca. Bagaimana cara menentukan batasan garis tepi dari sebuah dokumen? Simak ulasan berikut.

Apa Itu Garis Tepi?

Jika kalian pernah mengatur margin pada sebuah dokumen digital, pasti kalian tidak asing dengan garis tepi. Garis tepi merupakan garis yang terdapat pada sebuah dokumen untuk membatasi teks dari ujung setiap sisi kertas atau media tulis yang dipakai.

Garis tepi ini bisa berupa garis yang terhubung sehingga membentuk suatu teks box raksasa. Sedikit berbeda dengan margin yang berupa batas yang tidak terlihat dan tidak ditunjukkan oleh sistem namun tetap membatasi sebuah teks untuk tidak keluar dari jarak yang sudah ditentukan.

Garis tepi sendiri merupakan suatu fitur dari Microsoft Word yang bisa kalian gunakan untuk memberi tambahan batas atau sebagai aksesoris pada dokumen digital kalian. Garis tepi ini erat hubungannya dengan margin karena biasanya garis tepi letaknya berdekatan dengan posisi margin dan disesuaikan dengan margin yang sudah dibuat.

Perbedaan mendasar dari Margin dan garis tepi ada pada pemakaiannya. Kalian bisa melihat perbedaan antara Margin dan garis tepi pada ulasan di bawah ini.

Perbedaan Margin dan Garis Tepi

Perbedaan Margin dan Garis Tepi

Meskipun letak atau posisinya hampir sama atau berdekatan, margin dan garis tepi adalah dua fitur yang berbeda. Perbedaannya dapat kalian lihat saat kalian gunakan di dokumen yang sedang kalian kerjakan.

Beberapa perbedaan tersebut adalah:

  • Margin digunakan untuk memberi batasan pada teks, garis tepi digunakan untuk memberi garis atau desain seperti teks box pada suatu kertas
  • Margin tidak terlihat atau tidak ditampilkan oleh sistem, garis tepi ditampilkan dan ikut tercetak saat dokumen dicetak pada kertas
  • Margin terletak pada ujung baris kalimat, garis tepi terletak pada ujung kertas suatu dokumen
  • Margin selalu dibutuhkan dalam suatu format penulisan, garis tepi hanya dibutuhkan pada dokumen tertentu yang mengharuskan kita untuk memberi garis tepi pada dokumen

Cara Membuat Garis Tepi di Word Lengkap dan Mudah

Bagi pengguna Microsoft Word, kalian bisa membuat garis tepi dengan mudah. Terdapat beberapa pengaturan untuk garis tepi tersebut dan bisa kalian kustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan kalian. Untuk membuat garis tepi, ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Buat dokumen baru (New Document) dengan template “Blank document” atau dokumen kosong
  3. Klik tab “Page Layout
  4. Pada bagian “Page Background”, pilih menu “Page Borders” untuk membuat garis tepi
  5. Akan muncul jendela kecil bernama “Borders and Shading“, pada bagian kiri jendela pilih “Box”
  6. Pilih jenis garis tepi yang sesuai pada “Style
  7. Untuk mengatur warna yang digunakan pada garis tepi, klik kolom “Color” lalu cari warna yang kalian inginkan
  8. Kalian bisa mengatur ketebalan dari garis tepi tersebut dengan memilih ketebalan pada “Width
  9. Pada bagian kanan jendela, pastikan kolom “Apply to:” sudah menunjukkan pilihan “Whole document
  10. Klik “OK

Setelah kalian klik “OK”, dokumen kalian akan memiliki garis tepi pada setiap halamannya. Garis tepi ini bisa diganti dengan jenis dan gaya lain dengan cara yang sama.

Beberapa Model Garis Tepi

Secara default, terdapat kustomisasi dari garis tepi yang bisa kalian gunakan untuk merubah bentuk dari garis tepi tersebut. Beberapa gaya yang bisa kalian gunakan pada pilihan default adalah:

  • Garis normal
  • Garis putus – putus
  • Titik titik
  • Garis dan titik
  • Garis pendek dan garis panjang
  • Garis dua baris tipis
  • Garis tiga baris tipis
  • Dua garis tebal tipis
  • Tiga garis tebal tipis
  • Gelombang (rumput)
  • Corak Zebra Cross
  • Dan lain – lain

Kustomisasi Garis Tepi di Microsoft Word 7,8,10 dan 11

Selain itu, kalian bisa melakukan kustomisasi pada garis tepi dengan mengubahnya menjadi beberapa jenis pada menu di bagian sebelah kiri jendela “Borders and Shading”, yaitu:

  • Box, membuat garis tepi mengitari dokumen seperti sebuah kotak (box). Dokumen akan terlihat seperti teks di dalam sebuah box besar
  • Shadow, membuat garis tepi dengan efek bayangan pada sisi bagian kanan dokumen. Dokumen akan terlihat seperti disorot dari sebelah kiri dengan bayangan yang muncul pada sebelah kanan dokumen.
  • 3-D, membuat garis tepi seperti gambar timbul pada dokumen. Dokumen akan terlihat seperti berada pada media tiga dimensi dengan garis tepi yang terlihat timbul dari kertas
  • Custom, membuat garis tepi sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengatur sisi mana yang ingin diberi garis tepi dan sisi mana yang tidak, contohnya membuat garis tepi hanya muncul pada sisi atas, kanan, dan kiri saja tanpa sisi bawah dan kustomisasi lainnya

Cara Menghapus Garis Tepi di Word

Setelah membuat garis tepi, terkadang kita mengurungkan niat untuk menambahkan garis tepi tersebut karena dirasa kurang cocok dengan dokumen yang kita kerjakan. Untuk menghapus garis tepi caranya sangat mudah yaitu:

  1. Klik tab “Page Layout
  2. Pada bagian “Page Background”, pilih menu “Page Borders” untuk membuat garis tepi
  3. Akan muncul jendela kecil bernama “Borders and Shading“, pada bagian kiri jendela pilih “None
  4. Pada bagian kanan jendela, pastikan kolom “Apply to:” sudah menunjukkan pilihan “Whole document”
  5. Klik “OK”

Perlu diingat, Microsoft Word memiliki beberapa versi yang tersedia dan digunakan oleh seluruh pengguna sistem operasi Windows. Kalian mungkin menemukan kesulitan karena perbedaan letak kustomisasi.

Jika kalian tidak menemukan tab “Page Layout” pada aplikasi Microsoft Word di perangkat kalian, cobalah untuk membuka tab “Layout”. Hal ini dikarenakan Microsoft melakukan sedikit perubahan pada tampilan aplikasi Microsoft Word dengan versi lebih baru yaitu versi 2016 ke atas.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat garis tepi di Microsoft Word. Kalian bisa menambahkan garis tepi pada dokumen kalian dengan mudah dan cepat. Dengan menambahkan garis tepi, dokumen akan terlihat lebih rapi dan cantik.

Namun, usahakan untuk tidak memberi garis tepi pada dokumen formal yang tidak meminta kalian untuk menambahkan garis tepi karena hal ini malah akan merusak tampilan dokumen tersebut. Semoga artikel loop.co.id bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!