Cara Melihat Password Yang Pernah Diketik di Komputer

Cara Melihat Password Yang Pernah Diketik di Komputer – Sebuah situs bernama Facebook merupakan situs terpopuler pada jamannya yaitu sekitar tahun 2010 sampai tahun 2014. Situs ini menghubungkan orang dari berbagai belahan dunia.

Kalian mungkin pernah merasakan punya teman dari negara lain karena situs Facebook ini. Ya, Facebook memiliki fitur yang seakan-akan menghilangkan batasan geografis, ras, suku, dan agama sehingga setiap orang bisa saling berkomunikasi.

Facebook adalah salah satu dari media sosial yang digunakan oleh banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun.

Sebagaimana media sosial pada umumnya, Facebook juga mengharuskan setia penggunanya untuk masuk atau login dengan akun masing-masing untuk dapat melihat konten dan post setiap anggotanya. Akun ini berupa akun digital yang didaftarkan melalui Email dan menggunakan Password atau kata sandi untuk masuk ke dalam situs.

Akun digital dari sebuah situs ini biasanya milik pribadi, tetapi bukan berarti tidak bisa digunakan oleh orang lain. Jika ada seorang teman dekat kalian yang mengetahui Email dan Password kalian, mereka bisa masuk ke dalam situs menggunakan akun kalian.

Dengan begitu, kita semua harus berhati-hati dalam menjaga keamanan akun kita yaitu dengan merahasiakan Email dan Password kita. Namun, bagaimana kalau kita lupa dengan Email atau Password kita? Simak ulasan di bawah ini

Password Media Sosial

Media Sosial menuntut penggunanya untuk menggunakan password yang unik. Password unik ini diwajibkan agar hanya penggunanya saja yang tahu dengan Password tersebut. Di dunia ini bayak sekali orang iseng yang mencoba untuk masuk ke akun milik orang lain.

Orang-orang ini mengetahui Email dari akun tersebut, namun tidak mengetahui Passwordnya. Bayangkan jika kalian memasang kata sandi akun kalian dengan password berupa “12345678”, orang-orang iseng teresbut akan mudah sekali untuk masuk ke akun kalian bukan?

Itulah sebabnya password bagi akun media sosial harus kuat. Terdapat beberapa situs yang menyediakan bar indikasi kekuatan Password. Saat kalian membuat akun baru dan memasukkan password yang lemah atau mudah ditebak, sistem pada situs teresbut tidak akan mengijinkan kalian untuk menggunakan password tersebut.

Ada juga beberapa situs yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan karakter tertentu pada password yang akan dipakai. Misalnya, setiap pengguna wajib memasukkan satu angka dan satu simbol atau tanda baca ke dalam password pengguna saat pertama kali mendaftar. Hal ini juga bertujuan agar Password tidak mudah ditebak.

Meskipun masalah pencurian akun karena Password yang mudah ditebak teratasi dengan cara ini, muncul masalah baru yang dialami oleh para pengguna. Masalah itu adalah lupa Password.

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi

Bagaimana tidak? Pengguna yang biasa menggunakan kata sandi seperti “angga123” dipaksa untuk memasang kata sandi yang mengandung minimal satu huruf dan satu tanda baca, menjadi “angg@123”. Hal ini sering kali menyebabkan pengguna lupa dengan password nya sendiri.

Bagaimana jika kita melupakan password kita? Kita bisa melihat kembali password yang pernah kita gunakan untuk masuk ke dalam akun suatu media sosial kita, khususnya media sosial atau situs yang menggunakan browser pada komputer.

Cara Melihat Password Yang Pernah Diketik di Komputer atau PC

Cara Melihat Password Yang Pernah Diketik di Komputer atau PC

Pengguna komputer dan laptop biasanya menggunakan browser untuk mengakses media sosial. Media sosial yang dapat diakses dari browser komputer atau laptop antara lain:

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Youtube
  • Dan lain-lain

Berbeda browser tentu berbeda pula cara untuk melihat Password nya. Namun jangan khawatir, kami menyediakan beberapa cara mengecek Password menggunakan berbagai jenis browser populer.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Facebook

Berikut adalah beberapa cara melihat Password pada browser:

1. Lewat Mozilla Firefox

  • Klik icon berupa tiga strip di pojok kanan atas layar
  • Pilih “Options
  • Pada bagian kiri layar, klik “Pruvacy & Security
  • Pada bagian “Logins and Passwords”, pilih “Saved Logins…” dan akan muncul tampilan selanjutnya

Akan muncul tampilan akun yang pernah digunakan untuk memasuki suatu akun. Terdapat username atau Email beserta password yang bisa kalian lihat kembali.

Untuk melihat password, klik icon berupa mata yang berada di samping kolom password yang masih berbentuk lingkaran hitam. Lingkaran hitam ini akan berubah menjadi karakter Password aslinya.

2. Menggunakan Opera

  • Klik menu dengan icon berupa O di pojok kiri atas layar
  • Pilih “Settings
  • Akan muncul sebuah tab baru dan pada bagian kiri pilih “Privacy & Security
  • Klik “Manage saved password
  • Pilih akun yang diinginkan

Pada list akun di browse Opera, password yang tersimpan akan ditampilkan dalam bentuk lingkaran hitam. Untuk melihatnya, kalian bisa memilih salah satu akun tersebut lalu klik “Show” yang berada di samping kanan kolom Password.

3. Melalui Microsoft Edge

  • Klik icon menu berupa tiga titik pada pojok kanan atas layar
  • Pilih “Settings
  • Kalian akan masuk ke tab “Settings” dan otomatis masuk ke menu “Profiles
  • Pilih “Passwords
  • Pada bagian “Saved Passwords”, terdapat list dari situs, akun, dan password yang tersimpan. Klik icon mata di samping kanan kolom “Password
  • Akan muncul jendela bernama “Windows Security”, masukkan kata sandi komputer atau laptop kalian lalu klik “OK

Untuk masuk ke Settings, kalian bisa menggunakan shortcut yaitu tekan tombol Alt + F pada keyboard lalu tekan tombol huruf S. Password yang ditampilkan pada Microsoft Edge awalnya akan berupa lingkaran hitam.

Setelah kalian klik icon bergambar mata dan memasukkan kata sandi laptop, kata sandi baru akan ditampilkan dalam bentuk aslinya. Microsoft Edge meminta kata sandi lockscreen Desktop karena Microsoft Edge terintegrasi langsung dengan sistem operasi Windows 10.

4. Dengan Google Chrome

  • Klik icon menu berupa tiga titik pada pojok kanan atas layar
  • Pilih “Settings” atau “Setelan
  • Pada bagian kiri layar, klik menuAutofill” atau “Isi-Otomatis
  • Klik bagian paling atas yaitu “Passwords” atau “Sandi
  • Di bagian “Saved Passwords” atau “Sandi Tersimpan” terdapat list dari Website, Username, dan Password. Klik icon mata pada bagian kanan kolom Password untuk melihat kata sandi
  • Akan muncul jendela “Windows Security”, masukkan password lockscreen Desktop komputer atau laptop kalian lalu klik “OK

Shortcut untuk masuk ke bagian akun dan password ini adalah dengan mengetik “chrome://settings/passwords” pada kolom alamat atau address bar lalu tekan Enter.

Terdapat verifikasi pengguna perangkat dengan munculnya jendela “Windows”, hal ini demi mencegah orang lain untuk bisa mengetahui akun dan password dari perangkat kalian.

Sedikit catatan untuk kalian yang sedang mencari akun dan Password pada komputer dengan browser apapun. Browser pada perangkat kalian hanya akan menyimpan akun dan kata sandi yang diberi izin untuk menyimpannya.

Izin ini biasanya muncul pada pojok kanan atas layar ketika kalian memasukkan username dan password pada bagian login situs tertentu.

Jika kalian memilih untuk tidak menyimpan kata sandi ini saat ditanya, kalian tidak akan menemukan username dan Password ini pada bagian “Saved Password” atau “Saved Login” dari browser tersebut. Jadi, pikirkan kembali, ingin menyimpan kata sandi tersebut atau tidak.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Instagram

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara melihat Password yang ada pada komputer maupun laptop. Kalian bisa mengecek akun dan password kalian setiap saat dengan cara di atas. Jangan pernah beritahu username dan password kalian kepada orang lain jika tidak dibutuhkan, apalagi orang yang tidak dikenal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba!