Cara Melacak Nomor HP

Kamu yang memiliki HP,  terkadang sering mengalami situasi dimana ingin melacak nomor misterius yang sering menghubungi kamu. Alasannya mungkin karena kamu penasaran dengan pemilik nomor HP tersebut. Untuk itu kamu bisa menerapkan beberapa cara melacak nomor HP orang yang tidak dikenal.

Melacak nomor HP yang tidak dikenal, bisa membuat kita tahu siapa sosok dibalik penelpon atau pengirim SMS misterius. Lalu kamu bisa melakukan beberapa tindakan seperti meminta pemilik nomor menghentikan untuk menelpon atau SMS, atau cara berikutnya dengan membawa kasus ke jalur hukum.

Cara Melacak Nomor HP yang tidak dikenal

Setidaknya ada 5 cara untuk melacak nomor HP yang tidak dikenal. Kelima cara ini bisa menggunakan aplikasi atau pun melalui website. Namun, baik melalui aplikasi atau website, sama-sama bagus untuk melacak nomor HP misterius. Pasalnya semua layanan memiliki database pemilik nomor yang banyak.

1. Cara Lacak Nomor HP dengan HLR Lookup

Cara pertama dengan menggunakan aplikasi. Cara ini dapat membantu kamu dalam melacak nomor telepon dengan mudah. Namun, aplikasi HLR Lookup formatnya aplikasi, sehingga kamu harus menyisihkan kapasitas memori di HP untuk mengunduh aplikasi HLR Lookup untuk melacak nomor HP.

HLR Lookup adalah salah satu dari sekian aplikasi pelacak nomor HP, yang bisa kamu unduh. HLR Lookup menawarkan kemudahan dalam mengetahui nomor telepon yang tidak dikenal sehingga kamu bisa lebih mudah, dalam menemukan siapa sosok dibalik pemilik nomor telepon misterius tersebut.

  • Cara pertama adalah unduh aplikasi HLR Lookup di Google Play Store atau penyedia aplikasi lainnya. Jika kamu bingung dengan laman aplikasi untuk mengunduhnya, kamu bisa mengunduhnya di tautan berikut ini.
  • Langkah berikutnya adalah buka aplikasi HLR Lookup di ponsel kamu. Kemudian masukkan nomor telepon misterius yang selama ini menghubungi kamu atau mengirim kamu SMS.
  • Usai memasukkan nomor tersebut, silakan untuk memilih menu “Check” dan tunggu beberapa saat.

Usai memasukkan nomor tersebut, silakan untuk memilih menu Check dan tunggu beberapa saat.

  • Nantinya akan muncul mengenai nama, alamat nomor dan berbagi data penting lainnya dari pemilik nomor. Jadi kamu bisa lebih mudah untuk melacaknya.

2. Cara Lacak Nomor HP dengan Tellows

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Tellows. Aplikasi ini dapat membantu kamu dalam melacak nomor telepon yang dirasa sangat menganggu kegiatan kamu sehari-hari. Pasalnya sering kali kamu ditelpon ketika sedang bekerja atau belajar. Jadi hal tersebut sangat mengganggu aktivitas kamu.

Kelebihan Tellows dibandingkan yang lainnya, adalah aplikasi ini bebas iklan. Jadi kamu bisa lebih fokus dalam melacak nomor telepon, tanpa harus menutup iklan yang muncul di aplikasi. Kelebihannya lainnya adalah aplikasi ini bisa kamu gunakan secara offline sehingga kamu bisa lebih hemat secara kuota.

  • Pertama-tama silakan unduh aplikasi Tellows di Google Play Store atau layanan penyedia aplikasi lainnya. Bagi yang bingung dengan link untuk mengunduh aplikasi Tellows, kamu bisa mendapatkannya di link ini.
  • Kedua silakan masukkan nomor telepon misterius di HP kolom tersebut. Pastikan untuk menulis nomor dengan benar agar data yang dilacak sesuai dengan yang diharapkan.
  • Ketiga klik ikon kaca pembesar yang ada di bagian kanan aplikasi. Ikon tersebut akan mengarahkan kamu ke dalam pencarian nomor HP yang misterius.

Ketiga klik ikon kaca pembesar yang ada di bagian kanan aplikasi.

  • Nantinya kamu akan mendapatkan informasi seputar nama dan alamat pemilik nomor telepon.
  • Kamu dapat mencatatnya untuk kemudian menghubungi nomor tersebut, dan memintanya untuk berhenti menelpon.
  • Cara lainnya kamu juga dapat memblokir nomor tersebut. Caranya dengan klik tulisan “blokir” dan tunggu beberapa saat. Nantinya nomor tersebut akan terblokir dan pemilik nomor tidak bisa menghubungi kamu lagi.

Baca juga: Cara Mengendalikan HP Orang Lain

3. Cara Melacak Nomor Telepon dengan Whoscall

Ketiga adalah adalah Whoscall. Aplikasi ini menghadirkan cara melacak nomor HP dengan mudah, dan bisa kamu unduh secara gratis. Walaupun gratis, Whoscall memiliki database nomor telepon yang banyak. Aplikasi ini mengklaim miliki 1 miliar database nomor sehingga mampu melacak dengan mudah.

Selain itu, aplikasi pelacak nomor HP ini juga aman dipakai. pasalnya Whoscall bekerja sama dengan Kepolisian Taiwan sehingga keamanan pengguna aplikasi ini terjamin. Keunggulan lainnya adalah aplikasi Whoscall juga dapat diakses secara offline sehingga kamu bisa lebih hemat dari segi kuota.

  • Pertama-tama silakan kamu buka aplikasi Whoscall di HP. Jika belum memilikinya kamu dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau, bisa juga mengklik tautan berikut ini untuk langsung mengunduhnya di HP.

Pertama-tama silakan kamu buka aplikasi Whoscall di HP

  • Berikutnya adalah masukkan nomor telepon asing di kolom pencarian. Masukkan data dengan benar agar proses pelacakan nomor telepon bisa dilakukan dengan baik.
  • Selanjutnya klik ikon pencarian yang ada di aplikasi dan tunggu sampai muncul hasil pencarian. Biasanya akan muncul mengenai nama dan lokasi pemilik nomor telepon.

Selanjutnya klik ikon pencarian yang ada di aplikasi dan

  • Jika kamu ingin memblokir nomor HP tersebut, kamu tinggal memilih ikon blok untuk memblokir nomor HP yang tidak dikenal. Dengan menggunakan fitur tersebut, nomor telepon tidak akan bisa menghubungi kamu lagi. 

4. Cara Melacak Nomor Telepon dengan WhatsApp Web

Cara yang satu ini bisa kamu gunakan ketika, kamu sering ditelpon atau dichat melalui WhatsApp. Namun, penelpon tidak melampirkan foto dan nama sehingga kamu bingung bagaimana caranya untuk untuk mengecek nomor tersebut. Padahal sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan, berikut ini caranya.

  • Cara pertama adalah buka WhatsApp di laptop atau PC kamu.
  • Berikutnya silakan kamu buka chat terakhir, yang tidak kamu kenal.
  • Kemudian klik secara bersamaan kombinasi tombol “Ctrl+Alt+Del” untuk masuk ke Task Manager dl laptop atau PC kamu.
  • Selanjutnya, jika Task Manager muncul silakan kamu klik Windows+R secara bersamaan.
  • Lalu silakan kamu klik cmd dan menu “Enter” untuk ke proses selanjutnya.
  • Nantinya ketika muncul command prompt, silakan kamu klik “netstat” dan klik “enter” untuk menuju ke tahap lanjutannya.

Nantinya ketika muncul command prompt, silakan kamu klik netstat

  • Tahapan berikutnya silakan kamu catat alamat IP yang tercantum dalam command prompt.
  • Terakhir untuk melakukan tracking lokasi pemilik nomor, kamu bisa masukan alamat IP yang muncul di command prompt di halaman https://www.ip-adress.com/ip_tracer/.

5. Cara Melacak Nomor Telepon dengan Truecaller.com

Cara terakhir dengan menggunakan website Truecallercom. Cara ini cocok bagi yang tidak ingin mengunduh aplikasi. Selain itu metode penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah dan berikut ini cara selengkapnya.

  • Tahap pertama, kamu bisa unduh situs https://www.truecaller.com/ di Google Chrome baik lewat PC ataupun smartphone.
  • Lalu masukkan kode telepon negara. Untuk Indonesia masukkan kode +62.

Lalu masukkan kode telepon negara. Untuk Indonesia masukkan kode 62.

  • Cara melacak nomor HP selanjutnya adalah login menggunakan akun Google kamu dan masukkan nomor di kolom pencarian.
  • Tahap terakhir klik tombol “Search” dan tunggu beberapa detik sampai muncul informasi mengenai identitas pemilik nomor tersebut.

Baca juga: Cek Lokasi Nomor HP

Cara melacak nomor HP memang banyak ragamnya. Cara-cara ini bisa kamu jadikan referensi jika mengalami kejadian yang kurang menyenangkan, misalnya sering ditelpon dan dikirim SMS oleh nomor yang tidak dikenal. Apalagi ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memblok nomor HP.