Cara Logout Whatsapp

 

Terkadang, Anda sering terpikirkan untuk mengganti nomor Whatsapp lama dengan yang baru. Namun, saat itu Anda masih belum mengerti bagaimana cara logout Whatsapp dari nomor lama tersebut.

Alhasil, Anda pun tidak jadi logout dan tetap menggunakan nomor tersebut. Sebenarnya, logout dari akun Whatsapp memang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Apalagi, nomor Whatsapp merupakan nomor telepon yang digunakan di dalam smartphone, sehingga akan sangat disayangkan jika harus menggantinya.

Meskipun begitu, terkadang ada banyak hal yang membuat Anda harus mengganti nomor Whatsapp dengan nomor baru. Untuk proses penggantian nomor Whatsapp, sebenarnya Anda tidak perlu melakukan hapus akun, lho.

Disini, Anda cukup logout saja dari akun Whatsapp yang saat ini digunakan. Sebelum membahas cara logout-nya, pastikan Anda sudah melakukan backup chat terlebih dahulu, sehingga tidak ada percakapan atau obrolan yang terhapus permanen.

Untuk melakukan backup chat Whatsapp, silakan buka aplikasi Whatsapp, lalu buka menu setelan, pilih chat, selanjutnya pilih Cadangan Chat dan pilih Cadangkan, maka proses pencadangan akan dilakukan. Anda hanya perlu menunggunya hingga selesai. Jika sudah selesai, barulah Anda bisa melakukan logout dari akun Whatsapp tersebut.

cara logout wa

3 Cara Logout Whatsapp Untuk Pemula dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin logout dari Whatsapp lama, lalu berpindah ke Whatsapp baru, maka tidak perlu menghapus akun Whatsapp tersebut. Cukup keluar dari akun Whatsapp lama, kemudian daftar kembali di akun Whatsapp menggunakan nomor baru. Berikut ini merupakan tiga cara mudah logout Whatsapp yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

Cara Logout Whatsapp Melalui Android

Jika Anda akan melakukan logout melalui ponsel Android, maka Anda dapat melakukannya di berbagai jenis merk HP, seperti Xiaomi, Asus, OPPO, Lenovo, Samsung, Huawei dan lainnya. Untuk logout Whatsapp tanpa perlu menghapusnya, bisa dilakukan melalui cara berikut.

  1. Silakan buka menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ yang ada di ponsel Android Anda.
  2. Jika sudah, silakan buka pengaturan aplikasi.
  3. Lalu, cari dan pilih aplikasi Whatsapp.
  4. Di bagian storage atau penyimpanan, Anda bisa pilih ‘Clear Data’ alias ‘Hapus Data’.
  5. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan dengan pilih ‘Clear Cache’ atau ‘Hapus Cache’.
  6. Apabila kedua proses itu telah selesai, Anda dapat membuka kembali aplikasi Whatsapp yang dimiliki.

Nah, tampilan pertama Whatsapp akan menunjukkan bahwa Anda berhasil keluar dari Whatsapp tanpa perlu menghapusnya. Kini, Anda bisa melakukan pendaftaran ulang untuk nomor Whatsapp baru.

Cara Logout Whatsapp Melalui iPhone

Jika Anda pengguna iPhone, maka cara untuk logout Whatsapp-nya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan buka menu utama iPhone.
  2. Lalu, tap dan tahan icon Whatsapp.
  3. Jika sudah muncul tanda X, Anda bisa langsung tap logo X yang ada di ikon Whatsapp tersebut.
  4. Nantinya, akan muncul jendela pop up yang mengatakan apakah Anda ingin menghapus akun aplikasi Whatsapp atau tidak.
  5. Disini, Anda bisa tekan ‘Delete’ atau ‘Hapus’ untuk bisa menghapusnya.
  6. Nah, kalau berhasil di hapus aplikasinya, Anda bisa unduh kembali aplikasi Whatsapp, kemudian daftar menggunakan nomor baru.

Dengan melakukan penghapusan akun Whatsapp, lalu mengunduhnya kembali, maka akun WA sebelumnya sudah pasti logout secara otomatis. Itulah sebabnya Anda bisa langsung menggunakan nomor baru sebagai gantinya.

Baca juga: WA Web

Cara Logout Melalui Whatsapp Web

Whatsapp web seringkali digunakan oleh orang-orang yang menghabiskan waktunya di komputer atau laptop. Namun, seringkali kita lupa tidak logout setelah menggunakannya. Meskipun ini terlihat sepele, namun akibatnya sangat berbahaya karena bisa saja Whatsapp dibajak oleh orang lain.

Apalagi ketika Anda membuka aplikasi Whatsapp di komputer yang digunakan oleh banyak orang, misalnya komputer warnet. Tentu, hal ini sangat berbahaya dan memungkinkan pembajakan bisa berpeluang besar terjadi pada aplikasi WA Anda. Oleh karena itu, jangan sampai Anda lupa dan ikuti cara logout Whatsapp web berikut ini:

  1. Silakan jalankan terlebih dahulu aplikasi Whatsapp yang ada di perangkat seluler.
  2. Lalu, klik menu atau logo titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.
  3. Kemudian, Anda bisa langsung pilih Whatsapp web.
  4. Disana, anda akan melihat daftar perangkat yang pernah digunakan saat membuka Whatsapp web.
  5. Klik salah satu perangkat yang pernah digunakan dan berpotensi terjadinya pembajakan. Kalau ingin keluar dari semuanya, maka Anda bisa pilih Log Out From All Computer, dan pilih Log Out.

Dengan begitu, Anda sudah terhindar dari efek peretasan yang sering terjadi baru-baru ini. Sehingga, akun Whatsapp yang digunakan akan tetap aman, serta tidak diketahui oleh siapapun yang sedang mengakses perangkat komputer sama dengan Anda sebelumnya.

Baca juga: Social Spy WhatsApp

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai cara logout Whatsapp yang bisa Anda ketahui melalui cara berbeda. Anda bisa menggunakan salah satu cara sesuai perangkat yang dimiliki, baik itu perangkat android, iPhone, maupun komputer.