Cara Install XAPK

 

Cara Install XAPK – Google Play Store adalah tempat bagi aplikasi Android dari berbagai jenis. Aplikasi, game, buku, film, dan pembayaran pun bisa dilakukan dengan Google Play Store. Di dalamnya terdapat berbagai developer yang merilis karya mereka agar bisa dinikmati oleh orang banyak.

Lalu, developer akan mendapatkan upah dari adsense yang dihasilkan dari iklan di dalam aplikasi atau game tersebut. Sistem ini sudah berlangsung sangat lama, dari awal popularitas Android hingga sekarang.

Sayangnya, beberapa aplikasi yang memiliki fitur canggih seperti aplikasi edit video atau aplikasi edit foto yang sedang naik daun harganya sangat mahal. Bahkan, beberapa game juga dijual dengan harga yang fantastis, hingga ratusan ribu Rupiah.

Bagi kantong pelajar, game dengan harga puluhan ribu pun terasa sangat mahal bukan? Apalagi bagi anak kos yang harus mengirit, pasti membeli game atau aplikasi tidak pernah ada dalam benak mereka.

Aplikasi dan game berbayar bisa diakali dengan cara mendownload dari luar Google Play Store. Caranya adalah dengan mencari aplikasi tersebut melalui mesin pencarian Google di browser smartphone kalian.

Setelah mendapatkan file yang diinginkan, pengguna bisa langsung menginstallnya tanpa harus membayar lagi. Biasanya, aplikasi dan game yang di download dari internet memiliki format file “.XAPK” atau “.APK”. Apa itu “.XAPK”? Dan apa itu “APK”? Mari simak lebih lanjut pada ulasan di bawah ini.

APK, Format Aplikasi Android Secara Umum

Bagi kalian yang menggunakan smartphone Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Play Store. Aplikasi ini disediakan oleh sistem operasi Android sebagai tempat pengguna agar bisa mendapatkan aplikasi lainnya.

Agar lebih mudah dimengerti, kita sebut Google Play Store sebagai “pasar aplikasi”. Di dalamnya terdapat banyak sekali aplikasi dan game yang bisa didownload, baik yang berbayar maupun gratis.

Aplikasi dan game Android yang kalian download dari Google Play Store sebenarnya adalah sebuah file. File tersebut diinstall secara otomatis oleh sistem smartphone kalian setelah selesai didownload dari Google Play Store.

Itulah sebabnya mengapa banyak yang tidak tahu kalau aplikasi dan game tersebut memiliki format tersendiri yang bernama “APK” atau “.APK”. APK merupakan singkatan dari Android Package.

Pengguna awam biasanya terkecoh menyebut APK sebagai aplikasi karena mengira APK adalah singkatan dari “aplikasi”. Hal ini terjadi karena sebutan APK marak beredar di internet namun pembaca awam mengartikannya dengan kata yang mudah diingat, yaitu aplikasi. Padahal, APK sendiri lebih dari sekedar sebutan aplikasi, APK sendiri adalah format file dari sebuah aplikasi dan game Android.

Pengguna komputer pasti tidak asing dengan format “.EXE”, format file bagi aplikasi yang bisa dijalankan oleh komputer atau laptop. Tidak seperti format .EXE yang bisa dijalankan untuk membuka aplikasi, format .APK digunakan untuk menginstall aplikasi baru ke dalam smartphone Android.

Jika kalian mendownload aplikasi Android melalui browser, kalian akan mendapatkan file aplikasi .APK. Jika kalian menekan file tersebut, kalian akan memasuki jendela instalasi dari aplikasi tersebut.

Apa Itu XAPK?

Apa Itu XAPK

Saat kalian mendownload sebuah game atau aplikasi yang cenderung berat melalui mesin pencarian Google pada browser, kalian biasanya akan menemukan dua file yaitu file .APK dan file OBB (Opaque Binary Blob).

Mudahnya, APK adalah format dari aplikasi yang diinstall, sedangkan OBB adalah konten atau data isi yang nantinya digunakan oleh aplikasi tersebut agar bisa berjalan. Keduanya sama – sama penting, jika salah satunya tidak ada maka aplikasi tidak akan bisa berjalan, bahkan tidak akan bisa diinstall dengan benar.

Lalu, ada satu format baru yaitu “.XAPK”. Format .XAPK adalah format file gabungan dari .APK dan OBB. Jadi, jika sebelumnya file aplikasi (.APK) dan data tambahannya (OBB) adalah dua file terpisah, sekarang kedua file tersebut digabung dalam satu file dengan format .XAPK. Format ini adalah format baru, kalian mungkin tidak pernah melihat format file ini beberapa tahun ke belakang.

Biasanya, ukuran file OBB lebih besar dari APK itu sendiri. Bagi orang awam, aplikasi yang perlu didownload hanya lah file APK saja. Padahal, jika pengguna tidak ikut mendownload file OBB dari awal, instalasi tersebut akan sia – sia.

Itu lah mengapa situs dan blog yang menyediakan aplikasi dari luar Google Play Store lebih banyak menggunakan format file .XAPK, agar pengguna awam lebih mudah dalam mencari dan menginstall aplikasi tersebut.

Perbedaan XAPK Dengan APK

Perbedaan XAPK Dengan APK

Meskipun keduanya secara praktik sama – sama merupakan format file aplikasi, APK dan XAPK memiliki banyak sekali perbedaan mendasar. Beberapa perbedaan tersebut adalah:

  • Size memori file .APK lebih kecil dari XAPK (1-300 MB vs 300-900 MB)
  • Instalasi file APK lebih mudah pada sistem operasi Android daripada file XAPK
  • Instalasi file XAPK lebih mudah diinstall di pada smartphone dengan sistem operasi Microsoft Phone dan Windows
  • Instalasi XAPK memerlukan beberapa tahap dan aplikasi tambahan terlebih dahulu sebelum bisa diinstall pada sistem operasi Android

Dengan perbedaan yang mendasar ini, tidak heran jika banyak orang yang bingung dengan instalasi file XAPK. Terlebih, file ini baru muncul beberapa saat ini, sebelumnya pengguna smartphone Android hanya kenal dengan file APK saja. Bahkan, banyak sekali smartphone Android yang tidak bisa menginstall aplikasi dengan format file XAPK dan akhirnya tidak jadi menginstall aplikasi tersebut.

Cara Install Aplikasi Dan Game XAPK

Untuk menginstall aplikasi dengan format file APK, caranya sangat mudah sekali. Cukup buka file manager lalu cari file aplikasi yang kalian sudah kalian simpan atau download. Klik atau tekan file aplikasi tersebut dan kalian hanya perlu menunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut selesai diinstall.

Tidak seperti file APK yang hanya perlu sekali klik pada file aplikasi di file manager, XAPK membutuhkan beberapa langkah. Bahkan, tidak sedikit pengguna smartphone Android yang akhirnya mendownload lagi file APK lain agar bisa langsung diinstall tanpa perlu repot – repot terlebih dahulu.

Namun, jika kalian sudah mendownload file XAPK dan sudah disimpan di file manager kalian, kalian tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menginstall aplikasi dengan format file XAPK. Kalian cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Menggunakan XAPK Installer (Android)

Menggunakan XAPK Installer (Android)

  • Langkah pertama mengenai cara install XAPK pastikan kalian sudah memiliki file XAPK yang ingin kalian install pada smartphone kalian.
  • Download aplikasi XAPK Installer pada APK Pure
  • Tunggu hingga download selesai
  • Install aplikasi XAPK Installer yang sudah terdownload pada smartphone kalian
  • Tunggu hingga instalasi selesai
  • Buka aplikasi XAPK Installer
  • Tekan tombol menu pada pojok kanan atas layar
  • Pilih “Scan SDCard”
  • Akan muncul file XAPK yang terdapat pada smartphone kalian, pilih “Install” pada file tersebut
  • Tunggu hingga selesai (100%)

Setelah aplikasi terinstall, kalian bisa menghapus file XAPK tadi jika sudah tidak terpakai. Caranya adalah dengan menekan tombol “delete” pada daftar file XAPK. Aplikasi yang sudah diinstal dari XAPK tidak akan ikut terhapus jika kalian menghapus file XAPK tersebut. Dengan cara ini, kalian juga bisa menghemat space atau memori smartphone kalian.

2. Menggunakan ZArchiver (Android)

Menggunakan ZArchiver (Android)

  • Cara Install XAPK di android menggunakan aplikasi ini pastikan file XAPK yang ingin kalian install sudah tersimpan pada smartphone kalian
  • Download ZArchiver melalui Google Play Store lalu install
  • Tunggu hingga download dan instalasi selesai
  • Buka aplikasi ZArchiver
  • Cari file XAPK yang sudah kalian simpan pada smartphone lalu ubah format .xapk menjadi .zip
  • Ekstrak file zip tersebut ke dalam folder mana pun pada smartphone
  • Setelah selesai ekstrak, masuk ke folder ekstrak tadi lalu pindahkan (Cut / Move) file .OBB ke folder /Android/OBB/nama_aplikasi, sesuaikan dengan nama aplikasinya
  • Masuk ke “Pengaturan” atau “Settings” pada smartphone, pilih “Aplikasi” atau “App”
  • Pilih aplikasi atau game yang sudah diinstal tadi.
  • Pada bagian “Perizinan” atau “Permission” beri izin aplikasi untuk mengakses ruang penyimpanan atau storage

Cara ini merupakan cara manual untuk memisahkan file .APK dengan file .OBB dari dalam file .XAPK namun metode ini cukup ampuh. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi lain yang bisa mengekstrak file .zip, contohnya aplikasi RAR dari RARLAB. Bahkan, jika file manager bawaan smartphone kalian bisa mengekstrak file .zip, kalian tidak memerlukan aplikasi tambahan lagi.

3. Menggunakan PC Atau Laptop

Untuk Cara Install XAPK di pc atau laptop ini, kalian harus menyiapkan kabel data dan mengaktifkan mode USB Debug pada smartphone kalian. Setelah itu, ikuti langkah – langkah berikut:

  • Pastikan file XAPK yang ingin kalian install sudah disimpan pada komputer atau laptop kalian
  • Download Pure APK Install untuk komputer dan PC melalui APK Pure
  • Install aplikasi Pure APK Install pada komputer kalian
  • Aktifkan mode USB Debugging pada smartphone kalian melalui “Pengaturan” atau “Settings”
  • Sambungkan smartphone kalian dengan komputer atau laptop yang sudah diinstall Pure APK Install
  • Buka aplikasi Pure APK Install pada komputer

Menggunakan PC Atau Laptop

  • Klik “Open APK file”
  • Pilih file XAPK yang ingin kalian install pada smartphone

Menggunakan PC Atau Laptop

  • Pada jendela baru, pada kolom “You want to install this XAPK to”, pilih “Internal android memory”
  • Tekan tombol “Install”
  • Tunggu hingga selesai

Setelah instalasi selesai, kalian bisa melepaskan smartphone dan kabel data dari komputer atau laptop. Kalian juga sudah bisa membuka aplikasi yang sudah diinstall pada smartphone melalui komputer tadi. Perlu diingat, jangan cabut smartphone atau kabel data saat proses instalasi berlangsung karena bisa menyebabkan kegagalan dalam instalasi dan file corrupt pada smartphone.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara install XAPK pada smartphone Android kalian. Dengan menggunakan XAPK, kalian tidak perlu lagi mendownload file APK dan OBB secara terpisah. Oleh karena itu, jika kalian sudah mengerti cara menginstall aplikasi XAPK, kalian akan lebih hemat waktu saat download dan instalasi.

Jika file XAPK yang sudah kalian download tidak bisa dibuka, silakan rename atau beri nama ulang file tersebut menjadi nama lain dengan format yang sama yaitu .XAPK. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!