Cara Install Ulang Windows 10 Lewat Bios

Cara Install Ulang Windows 10-Akhir-akhir ini sebagian besar perangkat komputer/laptop menggunakan sistem windows 10. Bukan hanya itu ada juga beberapa laptop yang hanya bisa menggunakan windows 10. Seperti yang  teman saya alami, dia ingin merubah  operasi Windows 10 di komputernya dengan Windows 7 atau dibawahnya, tetapi ternyata tidak bisa.

Teman saya ini belum familiar terhadap windows 10. Ada juga beberapa aplikasi yang teman saya biasa gunakan tetapi tidak di support oleh windows 10, kita harus cari tahu dulu tentang masalah yang dikelukan teman saya ini. Dugaan sementara ada dua yang memungkinkan terjadinya masalah.

Pertama,bisa jadi terletak pada laptop/PC yang tidak mensupport. Kedua, bisa jadi karena teman saya belum memahami cara instal windows 10 di pc/laptopnya.

Jika masalahnya terletak pada laptop/PC yang tidak memeberikan support. Maka, alangkah baiknya tidak perlu dipaksakan. Tetapi jika masalahnya terjadi karena kurang memahami cara menginstal windows 10, maka ini akan mengakibatkan fatal pada aplikasi yang tidak bisa mengoptimalkan penggunaanya.

Jangan khawatir saya akan membagikan tutorial mengenai cara menginstal (ulang) windows 10 seperti yang sudah kamu ketahui sistem operasi jebolan microsoft ini mengundang banyak perhatian bagi pengguna komputer.

Tampilan windows 10 merupakan perpaduan windows 7 dan windows 8 . perlu kamu tahu juga cara menginstalnya pun mirip dengan windows 8. YUK ! baca tutorialnya sampai dengan selesai agar tidak ada kendala ketika proses penginstalan windows 10 dilakukan.

 Cara instal windows 10 sampai dengan selesai

Ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan sebelum menginstal operasi windows 10, diantaranya sebagai berikut:

  • Siapkan terdahulu DVD installer windows 10, karena cara kali ini menggunakan DVD sebagai media instalasinya. Jika kamu tidak mempunyai DVD installernya bisa menggunakan flashdisk untuk media instalasi.
  • Seting terdahulu boot device prioriti di menu BIOS. Untuk booting pertama DVD
  • Jika kamu menginstal menggunakan laptop maka siapkan charger agar tidak kehabisan baterai pada proses instalasi.
  • Agar kamu tidak bosan, kamu bisa siapkan cemilan atau bisa juga sembari mendengarkan musik karena windows 10 memerlukan proses yang cukup lama
  • Santai saja sambil menunggu penginstalan selesai.

install windows 10

Cara Setting Bios Terlebih Dahulu

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, kamu harus mensetting BIOS supaya booting pertama dilakukan dari DVD. Tapi karena defaultnya laptop/komputer booting pertama dari HDD , maka kamu harus menggantinya dengan cara berikut:

  1. Restart atau nyalakan laptop/komputer kamu. Lalu tekan tombol DEL(DELETE) berulang kali hingga muncul tampila BIOS. Tidak semua laptop/komputer masuk ke menu BIOS menggunakan tombol DEL yha! Ada sejumlah tombol yang paling sering dipakai seperti Fn+F2 F1, atau F2 tergantung manufacturernya. Setelah itu, pindah ke tab BOOT dengan menggunakan tombol < >.
  2. Seperti yang kamu lihat bahwa HDD atau Hard Drive berada diurutan teratas. Oleh karena itu menandakan bawasannya booting yang pertama kali dilakukan dari HDD.
  3. Agar booting pertama dilakukan dari DVD, maka pilih CD-Room Drive dan geser tombol +/- sampai ada diurutan paling atas.
  4. Jangan sampai lupa masukan DVD instraller windows 10 ke DVDROM, lalu simpan hasil setting BIOS kamu dengan tekan tombol F10 dan pilih Yes
  5. Langkah-langkah installasi windows 10

Setelah kamu selesai mensetting BIOS supaya booting pertama dari DVD, saatnya sekarang kamu melakukan proses installasi windows 10, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kamu bisa menekan tombol apa saja untuk memulai proses installasi windows 10, contohnya kamu disuguhkan dengan tampilan yang muncul pada saat tengah-tengah proses installisasi, jangan sampai kamu menekan tombol apapun yha ! karena itu akan membawa kamu kembali ke proses awal, jika kamu melakukannya.
  2. Pilih bahasa indonesia pada time and currency format, untuk lainnya seperti keyboard or input method dan Language To Instal biarkan default, jangan diganti
  3. Kemudian pilih Instal Now
  4. Saya anggap kamu belum punya product key-nya. Aktivitas windows 10 akan dilakukan nanti. Jadi klik I don’t have a product key.
  5. Kamu bisa memilih varian windows 10 yang kamu inginkan, tetapi saya merekomendasikan windows 10 pro. Lalu, pilih next
  6. Selanjutnya, centang I accept the license terms, klik next untuk melanjutkan
  7. Silahkan pilih costum : Instal windows only (advanced)

Baca juga: Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7

Tahap Partisi

  1. Jika kamu ingin melakukan instal ulang atau upgrade/downgrade dari windows lama kamu ke windows 10. Cukup hapus Drive 0, partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 partition 1 : Sistem Reserved. Otomatis partisi yang kamu hapus akan menjadi unallocated space (belum dipartisi).
  2. Silahkan kamu buat partisi baru dan jadikan Drive 0 partition 2 sebagai tempat instalasinya, klik next untuk melanjutkan. Maka dari itu data-data partisi lain masih aman(tidak terhapus)
  3. kamu harus mempartisinya karena ruang HDD masih kosong (Unallocated space). Jumlah partisinya sesuai yang kamu inginkan bisa 2 atau lebih
  4. Dan pilih Drive 0 unallocated space > New. Tentukan ukuran partisinya, lalu pilih Apply. Ukurannya jangan terlalu sedikit juga jangan terlalu banyak . Contoh, kamu bisa memberi ukuran 100 GB saja jika ukuran HDD kamu 320 GB/ 500 GB. Partisi yang dibuat kamu pertama kali adalah partisi sistem (partisi C: )
  5. Klik OK untuk membuat sistem reserved partition
  6. Silahkan buat 1 partisi atau lebih dengan cara seperti langkah no 8
  7. Seperti yang kamu lihat saya membuat 2 partisi utama. Setelah, itu pilih Drive 0 partition 2. Untuk tempat instalasinya jangan ditempatkan di partisi lain yha ! lalu pilih next

Installasi

  1. Menunggu instalasi sedang berjalan. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Kamu bisa menunggunya sambil nyemil, Ketika sudah mencapai 100 % kamu bisa cabut flashdisknya agar tidak kembali ke instalasi wal
  2. Nanti jika komputer/ laptop kamu merestart dengan sendirinya kamu tidak perlu khawatir , hal ini adalah sebagian proses instalasi windows 10.
  3. Pilih bahasa kamu yaitu bahasa indonesia
  4. Untuk layout keyboard pilih yang ingin kamu gunakan, pilih saja US
  5. Klik skip jika muncul opsi second layout
  6. Disini kamu menggunakan laptop / komputer untuk pribadi, jadi pilih Set Up For Personal Use. Lalu, klik next
  7. Disini kamu diharuskan login ke akun microsoft kamu, saya anggap saja kamu tidak memiliki akun. Maka pilih offline account
  8. Jika muncul tampilan, klik saja No.

Masukan nama laptop atau PC

  1. Silahkan masukan nama dan beri password agar tidak sembarang orang bisa mengakses laptop / komputer kamu, lanjut pilih next
  2. Pilih No pada halam ini
  3. untuk semua opsi privacy settings kamu pilih No, dan kemudian pilih Accept
  4. Selamat kamu telah berhasil melakukan proses instalasi windows 10.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Akhir Kata

Semoga tutorial cara instal ulang windows 10 tadi bisa membantu kamu yang ingin install ulang windows 10 pada laptop / komputer kamu. Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat.