3 Cara Hapus Cache Iphone Sampai ke Akarnya Tanpa Aplikasi

Cara Hapus Cache Iphone – Sebagai salah satu brand terpopuler dunia, smartphone iPhone tentu memiliki segudang kelebihan yang  tidak akan Kamu temukan pada perangkat smartphone lainnya. Namun seringkali perangkat menjadi lemot setelah penggunaan jangka panjang. Untuk mengatasi hal ini, cara hapus cache iPhone menjadi solusi terbaik.

Umumnya keberadaan cache inilah yang membuat smartphone iPhone menjadi lemot saat digunakan. Bukan tanpa alasan, cache tersebut memang menyita penyimpanan pada smartphone. Penympanan penuh inilah yang kemudian menjadi penyebab kenapa smartphone Kamu menjadi lemot.

Hal ini terjadi karena iPhone sendiri tidak menyediakan slot untuk penyimpanan eksternal. jadi file apapun yang ada pada perangkat akan disimpan pada penyimpanan internal. Inilah yang membuat memori perangkat jauh lebih cepat penuh.

Mengenal Cache Lebih Jauh

Mengenal Cache Lebih Jauh

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, penting bagi Kamu untuk memahami cache itu sendiri terlebih dahulu. Umumnya orang-orang sudah mengetahui kalau cache ini adalah sejenis sampah pada aplikasi yang harus dibuang. Namun di sisi lain sebenarnya cache ini juga memiliki manfat untuk perangkat smartphone Kamu.

Lebih detailnya, cache ini adalah sebuah proses penyimpanan data yang dilakukan oleh sistem pada perangkat Kamu. Dengan keberadaan cache ini sistem atau aplikasi tidak perlu melakukan pengunduhan secara berulang karena datanya sudah disimpan dalam bentuk cache itu sendiri.

Akan tetapi jika cache ini terus menumpuk pada perangkat, tentu saja hal ini akan berdampak buruk terhadap performa perangkat itu sendiri. Hal ini berlaku untuk perangkat jenis apapun termasuk iPhone yang sedang kita bahas ini. .

Jadi daripada perangkat smartphone Kamu menjadi lemot, memilih untuk menghapusnya memagn jalan terbaik. Terlebih lagi untuk perangkat iPhone yagn tidak dibekali slot untuk eksternal memori. Cara menghapus cache ini sendiri memang sangat mudah karena masing-masing smartphone memang dibekali fitur tersebut.

Simak juga: Check Coverage iPhone

Cara Hapus Cache iPhone Dengan Mudah

Unjtuk menghapus cache yang ada pada perangkat iPhone, pengguna sama sekal tidak membutuhkan aplikasi apapun. Apalagi dengan bantuan aplikasi cleaner yang seringkali malah membuat perangkat menjadi berat. Sudah ada fitur khusus yang tersedia pada iPhone itu sendiri.

Jadi penggunaan fitur ini memungkinkan Kamu untuk membersihkan cache dalm waktu singkat tanpa membuat smartphone menjadi berat. Setelah cache dibersihkan, kami jamin performa iPhone Kamu akan kembali seperti semula.

Sejauh ini ada 3 cara yang biasa dilakukan untuk membersihkan cache pada perangkat iPhone. Tentu saja ketiganya sangat wajib untuk Kamu lakukan jika ingin performa smartphone benar-benar seperti sedia kala. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

1. Menghapus Cache Melalui Browser Safari

Opsi pertama yang akan kami bahas disini adalah cara hapus cache iPhone dengan mengunakan aplikasi Safari. Pengguna iPhone tentu tidak aneh lagi dengan aplikasi satu ini. Safari adalah official browser untuk perangkat iphone versi apapun.

Tentu saja aplikasi ini sangat sering digunakan oleh para pemiliknya dan berpotensi untuk mengumpulkan cache dalam jumlah banyak. lantas bagaimana cara untuk membersihkan cache pada aplikasi satu in? langsung saja, ikuti penjelasannya berikut ini :

  • Pertama-tama Kamu hanya perlu membuka menu setting pada perangkat iPhone masing-masing.
  • Lalu setelahnya langsung saja scroll ke arah bawah hingga aplikasi Safari kamu temukan
  • Ketika memilih aplikasi ini akan muncul menu Privacy & Security di bagan bawahnya.
  • Langsung saja tap opsi Clear History & Website Data

Langsung saja tap opsi Clear History Website Data

  • Setelah Kamu mengklik menu tersebut, akan muncul pop up
  • Pilih saja opsi Clear History & Data
  • Sistem akan langsung menghapus semua cache yang ada pada aplikasi Safari ini. Tunggu sja porsesnya sampai tuntas.

Ketika prosespenghapusan selesai, maka secara otomatis cache yang ada pada aplikasi ini sudah terhapus seluruhnya. Setelahnya Kamu bisa mengecek performa iPhone. Kami jamin penggunaannya akan jauh lebih ringan setelah cara tersebut diterapkan.

2. Menghapus Cache Menggunakan Aplikasi File Data

Tidak hanya menggunakan aplikasi safari saja, Kamu juga bisa melakukan penghapusan cache ini dengan menggunakan aplikasi File Data. Caranya juga sama sekali tidak sulit karena memang sudah tersedia fitur khusus untuk melakukan penghapusan tersebut.

Namun pastikan untuk berhati-hati saat melakukan prosesnya karena bisa jadi data Kamu ikut terhapus jika tidak teliti. Banyak pengguna iPhone yang mengalami kejadian seperti ini. Langsung saja, ini dia panduan untuk menghapus cache pada aplikasi File Data :

  • Pertama-tama Kamu hanya perlu membuka menu setting pada perangkat iPhone
  • Setelahnya langsung saj atap opsi general yang ada di dalamnya
  • Lalu tap menu iPhone Storage yang muncul
  • Ketika menu satu ini terbuka, Kamu akan melihat deretan aplikasi yang sudah terinstal pada perangkat iPhone itu sendiri.
  • Disini Kamu akan bisa melihat kapan aplikasi itu terakhir digunakan dan kapasitas penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi selama ini.
  • Langsung saja tap aplikasi yang memakan penyimpanan terbersar pada perangkat tersebut.

Langsung saja tap aplikasi yang memakan penyimpanan terbersar pada perangkat tersebut

  • Cara mudah, klik saja aplikasi yang dipilih lalu tap opsi Offload App
  • Akan muncul pop up, langsung saja tap Offload App
  • Fitur satu ini akan menghapus aplikasi yang jarang digunakan beserta cache yang dimilikinya.

Namun tenang saja karena data aplikasi tersebut tidak akan terhapus. Data akan terunggah secara otomatis ketika aplikasi tersebut diinstalkan nantinya. Tidak hanya hapus permanen, dengan fitur Offload App ini Kamu juga bisa menghapus cache-nya saja dari aplikasi yang dipilih.

Simak juga: HP Yang Kameranya Mirip iPhone

3. Menghapus Cache dengan Restart Perangkat

Menghapus Cache dengan Restart Perangkat

Cara hapus cache iPhone terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah dengan merestart perangkat iPhone itu sendiri. Jadi Kamu hanya tinggal mematikan perangkat iPhone itu sendiri dan menyalakannya secara ulang. Cara ini sangat efektif untuk mematikan cache yang ada pada aplikasi di perangkat Kamu.

Namun perlu diingat kalau proses ini juga akan mematikan semua proses pengiriman data, koneksi internet, unduhan dan kain sebagainya yang sedang Kamu lakukan. jadi sebaiknya tutup dulu dplikasi yang sedang Kamu gunakan satu persatu.

Lalu kemudian Kamu bisa langsung mematikan perangkat dan menyalakannya kembali. Sekedar informasi, untuk iPhone versi 11 dan setelahnya memiliki metode restart yang berbeda, jadi tidak seperti iPhone 6 hingga 8 yang muncul sebelumnya.

Resiko Jika Cache Tidak Dihapus

Resiko Jika Cache Tidak Dihapus

Selain memahami beberapa penjelasan yagn sudah kami sampaikan di atas, penting juga bagi Kamu untuk memahami kalau keberadaan cache ini akan memberikan resiko terhadap perangkat Kamu. Langsung saja ini dia beberapa resiko yang mungkin muncul.

  • Performa smartphone jadi menurun dan sulit untuk digunakan (lemot)
  • Kesulitan untuk mengakses aplikasi dan fitur yang ada di dalamnya
  • Tidak bisa melakukan unduhan karena penyimpanan sudah terpenuhi oleh cache
  • Tidak bisa mengunduh aplikasi baru di App Store ataupun sumber lainnya
  • Performa internet menurun drastis karena RAM penuh
  • Aplikasi akan sering menutup dengan sendirinya
  • iPhone Kamu bisa menjadi panas dan membuat perangkatnya menjadi rusak.

Simak juga: Keyboard iPhone untuk Android

Dengan resiko yang sudah kami sampaikan di atas, janganb pernah ragu sedikitpun untuk menghapus keberadaan cache pada perangkat Kamu. Lagi pula cara hapus cache iPhone ini sangat mudah untuk  dilakukan dan tidak memakan waktu. Namun dampaknya akan sangat positif untuk pengguaan smartphone Kamu.