Cara Edit Caption Tiktok

Siapa saja penggemar Tiktok silahkan merapat. Pasalnya, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan informasi tentang cara edit caption Tiktok super mudah buat Anda penyuka aplikasi media sosial tersebut. TikTok begitu populer saat ini karena punya banyak keunggulan. Mulai dari punya tampilan simple sehingga mudah digunakan.

Selain itu, pengguna juga diberikan banyak pilihan macam efek untuk melengkapi video yang akan diupload dan dilihat para pengikutnya. Namun, meskipun punya banyak keunggulan, beberapa pengguna masih ada yang merasa kesulitan. Terutama ketika harus mengganti caption video yang sudah terlanjur diupload.

Kadang setelah terupload, lalu tiba-tiba pengguna merasa caption dan video kurang cocok dan bahkan terkesan tidak nyambung. Cara edit untuk caption Tiktok menjadi bahan pertanyaan paling banyak disampaikan oleh pengguna aplikasi tersebut. Jika itu termasuk Anda, maka jangan sampai terlewatkan penjelasan di bawah ini.

Mulai sekarang, Anda tidak perlu bingung ketika harus buru-buru mengganti caption yang kurang sesuai dengan video Tiktok. Ada cara edit yang paling jitu dan bisa Anda jadikan alternatif. Jadi, membuat video Tiktok jadi jauh lebih menyenangkan.

cara edit caption tiktok

Edit Caption Tiktok Setelah Diposting

Sebetulnya, Tiktok tidak memberikan pengguna opsi untuk langsung melakukan editing caption setelah video terposting. Namun, pengguna bisa menerapkan langkah-langkah ini untuk bisa memberikan caption terbaru. Tidak harus melakukan perekaman lagi, jadi jangan khawatir kehabisan waktu. Ikuti saja cara di bawah ini

Proses Edit Caption

Langkah pertama adalah Anda bisa lakukan proses edit caption. Hanya saja, untuk edit caption tersebut tidak ada menu khusus yang tersedia. Sehingga Anda perlu membuka manual satu-satu video mana yang ingin diedit, seperti di bawah ini

  • Buka Aplikasi Tiktok, Klik Menu “me”

Pertama-tama silahkan buka aplikasi Tiktok masing-masing. Pada halaman pertama akan muncul beberapa menu pilihan bukan? Anda tinggal pilih saja menu “me”, jika Anda menggunakan pilihan bahasa Indonesia, pilih “saya”.

  • Pilih Video Yang Captionnya Ingin Diedit

Dari menu “me” tadi, akan muncul halaman baru yang berisi kumpulan video-video milik Anda sendiri. Pilih salah satu dari video tersebut yang ingin diedit captionnya. Caranya tinggal ketuk saja video yang diinginkan.

  • Pilih Menu Dengan Ikon Tiga Titik Vertikal

Lanjutkan dengan memilih menu dengan ikon tiga titil vertical. Ikon tersebut berada di sisi kanan bawah. Selanjutnya silahkan update caption yang baru. Sesuaikan caption dengan kata-kata yang diinginkan supaya tidak salah lagi.

  • Simpan Video Dan Tunggu Proses Penyimpanan

Jika dirasa caption sudah benar, dan yakin ingin memposting ulang tinggal simpan saja video yang baru tersebut. Setelah itu, Anda juga perlu menunggu beberapa saat untuk proses penyimpanan. Biasanya, proses penyimpanan tidak akan memakan waktu terlalu lama.

Baca juga: Savetik

Kirim Ulang Video Baru Yang Sudah Diganti Caption

Ketika proses penyimpanan video terbaru sudah berhasil, Anda perlu melakukan proses selanjutnya. Video dengan caption terbaru tidak akan langsung bisa terposting otomatis. Anda perlu menunggahnya lagi. Caranya seperti saat memposting video Tiktok pada umumnya, yaitu

  • Klik Simbol “+”, Lalu Pilih Menu “Upload”

Dari halaman utama Tiktok silahkan klik simbol “+”. Simbol tersebut ada di bagian bawah aplikasi. Setelah itu, lanjut pilih menu “upload”. Menu tersebut ada di bagian sudut kanan Anda. Tidak akan sulit dicari jadi jangan khawatir.

  • Pilih Video Yang Ingin Diposting

Lalu, Anda akan dibawa ke halaman di mana video-video buatan Anda tersimpan. Langkah selanjutnya Anda tinggal pilih video yang ingin diungguah kembali. Setelah itu, klik menu “selanjutnya” di sudut kiri bawah.

  • Tambahkan Elemen-elemen Yang Dibutuhkan Lalu Posting

Anda juga bisa menambahkan beberapa elemen lain jika dibutuhkan. Caranya silahkan klik menu “selanjutnya” letaknya di sudut kanan atas. Anda bisa menambahkan stiker, efek, text, dan lainnya. Jika semua sudah sesuai dengan keinginan Anda, bisa langsung diposting.

Hapus Video Yang Salah Caption

Terakhir, Anda harus menghapus video dengan caption yang salah. Anda tidak mungkin bukan membiarkan 2 video terupload dengan caption yang berbeda? Maka Anda harus lebih dulu menghapus salah satunya. Cara menghapus video Tiktok yang captionnya salah pun sangat mudah yaitu sebagai berikut

  • Buka Beranda, Klik Menu “Saya”

Anda harus buka beranda Tiktok dulu. Setelah itu cari menu “me” atau kalau menggunakan preferensi bahasa Indonesia “saya”. Menu tersebut terletak di bagian sudut kanan bawah. Tidak akan sulit menemukan menu tersebut.

  • Pilih Video Tiktok Yang Ingin Dihapus

Selanjutnya, Anda akan melihat koleksi video Tiktok Anda. Silahkan pilih video mana yang ingin dihapus. Jangan sampai menghapus video yang salah. Nanti, Anda harus mengulangi prosesnya dari awal lagi.

  • Klik Menu “Hapus” Dan Lakukan Konfirmasi

Setelah itu, lihat ikon 3 garis vertikal di sebelah kanan video yang ingin dihapus. Silahkan klik ikon tersebut lalu gulir kursor ke kanan. Ketika menemukan menu “hapus” silahkan klik. Terakhir, akan muncul pesan pop up isinya konfirmasi apakan Anda benar-benar ingin menghapus video tersebut, klik saja “Ya”.

Baca juga: Cara Siaran Langsung di Tiktok

Akhir Kata

Itu dia tadi informasi tentang cara edit caption Tiktok. Ada 3 tahap yang harus dilakukan. Tidak perlu khawatir, meskipun beberapa tahap yang harus dikerjakan tidak akan memakan waktu lama kok. Setidaknya jika setiap langkahnya Anda jalankan dengan benar.