Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Walau merupakan layanan internet terbesar di Indonesia, faktanya ada banyak orang yang mencari berbagai cara berhenti berlangganan IndiHome. Bukan tanpa alasan, banyak para pengguna IndiHome yang merasa kecewa dengan layanan yang diberikan oleh IndiHome. Mulai dari internet yang lemot, kuota internet yang terbatas, hingga layanan lainnya yang kurang memuaskan.

Mungkin kamu yang baca artikel ini juga punya salah satu di antara alasan tersebut atau mungkin kamu punya alasan lain. Tapi di sini Toraccino bukan mau bahas alasan berhenti IndiHome tapi cara berhenti langganannya.

Berhenti langganan layanan internet IndiHome ini bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa berhenti melalui aplikasi, plasa, hingga melalui call center IndiHome. Tapi jangan langsung berhenti begitu saja, pastikan kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak IndiHome. Karena jika tidak dilakukan melalui prosedur dan syaratnya kamu akan di denda oleh IndiHome atau kamu harus bayar.

Syarat Berhenti Langganan IndiHome

Apapun alasan kamu untuk berhenti berlangganan atau berhenti pakai layanan internet dari IndiHome, pastikan kamu sudah mematuhi semua syarat dan ketentuan yang mereka berikan ya agar prosesnya lebih mudah. Karena banyak banget yang pakai IndiHome tapi gk di ACC, walau internetnya gak dipakai, kamu tetap harus bayar. Maka dari itu, pahami syarat dan ketentuan berikut:

1. Memiliki Identitas Lengkap Sesuai data Registrasi

Syarat pertama, pastikan kamu memiliki identitas yang lengkap sesuai dengan data yang kamu gunakan ketika proses pendaftaran layanan IndiHome. Data ini berupa data diri yang jelas dan lengkap mulai dari KTP, SIM, atau data lain yang jadi data pengenal kamu.

2. Tidak Memiliki Tunggakan

Salah satu alasan kenapa banyak sekali pengajuan berhenti langganan IndiHome tidak di ACC adalah karena mereka memiliki tunggakan yang belum dibayarkan. Sehingga proses pemberhentiannya ditangguhkan oleh pihak IndiHome. Pastikan dulu bahwa kamu tidak memiliki tunggakan sama sekali ketika kamu ajukan berhenti langganan.

3. Menyerahkan Perangkat Modem

Modem yang dipasang di rumah kamu adalah milik IndiHome. Jadi ketika kamu akan berhenti berlangganan modem tersebut harus kamu kembalikan kepada pihak IndiHome. Jika kamu ajukan berhenti langganan melalui plasa IndiHome, jangan lupa bawa modem tersebut dan serahkan ke petugas.

4. Mengisi Formulir Berhenti Langganan

Ketika kamu akan berhenti langganan IndiHome, kamu harus isi formulir keterangan pemberhentian penggunaan layanan IndiHome. Surat pernyataan ini kamu isi di kantor atau plaza IndiHome terdekat di kota kamu. Jika kamu berhenti melalui telepon atau secara online maka berkasnya berbeda dengan versi cetak.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Cara berhenti menggunakan layanan Indihome bisa dilakukan banyak cara mulai dari mengunjungi plaza Indihome hingga melalui call center Indihome. Kamu bisa pilih salah satu cara paling mudah yang mungkin bisa kamu gunakan. Adapun langkah cara berhenti menggunakan Indihome di antaranya adalah sebagai berikut:

berhenti dari indihome

1. Menelepon Cell Center Indihome 147

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk berhenti langganan IndiHome adalah dengan menelepon call center IndiHome. Cara ini merupakan salah satu cara paling sederhana dan paling mudah dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja. Kamu tidak perlu datang ke plaza Telkom dan antre dengan pelanggan lainnya.

Cara ini cocok sekali digunakan oleh kamu yang memang tidak memiliki banyak waktu yang cukup untuk urus pemberhentian langganan dengan IndiHome.

  • Siapkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk proses berhenti langganan layanan IndiHome
  • Kemudian kamu telepon call center IndiHome di 147. Kamu akan dikenakan tarif normal panggilan Rp.1000/menit. Pastikan pulsa kamu mencukupi untuk jelaskan alasan berhenti langganan IndiHome
  • Setelah terhubung, sampaikan maksud dan tujuan kamu. Berikan alasan dan penjelasan yang lengkap, singkat, padat dan jelas
  • Admin call center IndiHome akan proses permintaan kamu dan akan meminta syarat-syarat yang seharusnya kamu miliki sudah lengkap
  • Lunasi semua tagihan yang belum dibayarkan
  • Jika semua syarat yang diberikan sudah dipenuhi, maka layanan internet IndiHome di rumah kamu akan dimatikan

Note: “Proses ini biasanya akan memakan waktu 15-20 menit saja. Jika semua syarat sudah terpenuhi bisa lebih cepat prosesnya”.

cara stop langganan indihome

Baca juga: WiFi Selain Indihome

2. Kunjungi Plaza Telkom Terdekat

Jika kamu tidak memiliki pulsa yang cukup untuk telepon IndiHome, kamu bisa gunakan cara kedua yaitu dengan datang langsung ke Plaza Telkom terdekat dari rumah kamu. Cara ini sangat direkomendasikan, karena kamu bisa langsung tahu apakah jaringan internet kamu sudah diputus atau belum. Bahkan kamu bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu 1 hari kerja saja.

Jadi kamu bisa berhenti langsung langganan layanan internet IndiHome dengan lebih cepat. Tapi pastikan dulu, kamu tahu lokasi plaza telkom di kota kamu. Jika sudah menemukannya, kamu tinggal datang ke plaza Telkom dan ikuti langkah berikut

  • Siapkan semua syarat yang dibutuhkan untuk berhenti langganan IndiHome
  • Kemudian kunjungi plaza telkom di kota kamu. Pastikan kamu datang di jam buka yaitu Senin – Jumat jam 08-16.00 dan hari Sabtu 08.00-12.00
  • Ambil antrean ke CS IndiHome
  • Ambil formulir pemberhentian layanan internet IndiHome
  • Isi formulir tersebut dengan lengkap
  • Tuliskan nomor tagihan dan alasan pemberhentian layanan IndiHome
  • Siapkan foto kopi KTP
  • Setelah dapat giliran ke CS, serahkan formulir yang sudah di isi
  • CS akan tanyakan beberapa hal. Sampaikan saja sesuai dengan alasan pemberhentian layanan IndiHome kamu
  • Lakukan pembayaran sisa tagihan
  • CS akan proses pemberhentian layanan internet IndiHome di rumah kamu
  • Selesai

berhenti langganan indihome

3. Cara Berhenti Berlangganan Indihome Melalui Facebook

Cara ketiga yang bisa digunakan untuk berhenti langganan IndiHome bisa dilakukan melalui akun Facebook. IndiHome ternyata cukup aktif di Facebook, bahkan berbagai keluhan masyarakat terkait masalah jaringan IndiHome juga bisa ditanggapi melalui layanan media sosial Facebook mereka, termasuk jika kamu ingin berhenti berlangganan.

Buat kamu yang ingin berhenti langganan IndiHome melalui aplikasi Facebook, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Facebook
  • Login dengan akun Facebook kamu
  • Silahkan cari halaman Facebook telkom @telkomcare
  • Klik kirim pesan
  • Silahkan sampaikan maksud dan tujuan kamu untuk berhenti langganan IndiHome
  • CS telkomcare Facebook akan respon pesan kamu
  • Lakukan interaksi dengan CS untuk proses pemberhentian langganan IndiHome
  • CS akan minta beberapa dokumen dan menanyakan beberapa hal
  • Silahkan lakukan pembayaran sisa tagihan IndiHome
  • CS akan proses pemberhentian layanan internet IndiHome di rumah kamu
  • Tunggu sampai selesai

Note: “Proses pemberhentian layanan internet IndiHome melalui Facebook ini juga hampir sama seperti melalui call center. Di mana kamu harus siapkan syarat-syarat yang dibutuhkan dan melunasi semua sisa pembayaran”.

Baca juga: Cara Mengetahui ID Indihome

Akhir Kata

Nah itulah 3 cara berhenti berlangganan IndiHome yang bisa kamu gunakan. Silahkan pilih salah satu cara yang paling mudah, menurut kamu. Jangan lupa, siapkan syarat-syarat sebelum mengajukan pemberhentian langganan internet. Karena internet kamu tidak akan bisa diputus jika syaratnya belum lengkap.