Cara Mengatasi Black Screen Windows 11 Begini Solusinya!

Loop.co.id – Black Screen Windows 11, Dizaman yang serba canggih ini pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya laptop maupun komputer. Kedua perangkat itu dapat membantu kalian untuk bisa belajar bahkan bekerja dengan lebih efektif.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada perangkat laptop maupun PC adalah black screen atau layar hitam. Biasanya masalah ini sering terjadi pada windows 11.

Pastinya dengan masalah tersebut dapat membuat kalian kesal bahkan bisa menghambat pekerjaan yang di komputer maupun laptop. Sebaiknya jika kalian mendapatkan masalah black screen jangan panik terlebih dahulu karena sebenarnya ada beberapa solusi untuk mengatasinya.

Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui cara mengatasi black screen windows 11. Nah sebelum kalian mengetahui solusinya maka harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dibawah ini sudah ada beberapa penyebab dan kalian bisa perhatikan baik-baik.

Macam-Macam Penyebab Terjadinya Black Screen

Macam-Macam Penyebab Terjadinya Black Screen

Black screen biasanya sering terjadi secara tiba-tiba bahkan terkadang tidak ingat apa yang terakhir kali kita lakukan sehingga PC atau laptop menjadi blank.

Biasanya saat terakhir kali kita pakai PC atau laptop masih normal tetapi ketika menghidupkannya kembali layar tidak terlihat gambar apapun.

Mungkin ada beberapa penyebab yang menjadikan komputer atau laptop terkena masalah black screen dan hal ini sangat penting untuk kalian ketahui.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan penyebab terjadinya layar hitam bagi yang belum tahu maka bisa simak informasinya berikut ini.

1. Proses Update Atau Instalisasi Tidak Sempurna

Salah satu penyebab paling umum ketika mendapatkan masalah black screen dalam windows 11 yaitu proses update atau instalisai tidak sempurna.

Pada saat menginstal windows 11 mungkin terjadi kendala sehingga layar pada komputer atau laptop menjadi hitam dan tidak ada gambar.

Biasanya masalah yang didapat ketika melakukan penginstalan windows 11 yaitu baterai yang tiba-tiba habis atau mati lampu.

Nah jika sudah terjadi masalah seperti itu maka windows 11 yang diinstal akan cacat atau tidak sempurna dan hal tersebut yang menyebabkan layar menjadi gelap.

2. File Explorer Rusak

File explorer merupakan sebuah aplikasi yang sangat sering digunakan oleh orang-orang untuk menyimpan dan mengelola file di windows 11.

Aplikasi pengelola file ini sangat penting keberadaanya dan jika ada terjadi kerusakan sedikit saja maka akan berpengaruh terhadap sistem windows 11 kalian.

Pada saat terjadi masalah yang tidak fatal maka akibat yang didapat yaitu pesan error windows explorer is not responding.

Tetapi jika ada kerusakan yang sangat parah pada file explorer ini maka akibat yang terjadi yaitu bisa membuat tampilan windows 11 menjadi blank dan gelap.

3. Virus

Berikutnya komputer atau laptop yang terkena virus itu juga akan mengakibatkan layar desktop menjadi gelap dan tidak ada gambar.

Bahkan jika laptop atau komputer terkena virus maka akan membuat kita tidak bisa masuk ke desktop pada saat perangkat tersebut dihidupkan.

Adapun ciri-ciri komputer dan laptop yang terkena virus diantaranya seperti muncul file-file dengan nama aneh. Sebenarnya masih banyak ciri-ciri lain dan yang sering ditemukan yaitu banyak aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Hal tersebut merupakan salah satu yang banyak ditemukan ketika layar menjadi blank.

4. Windows Tidak Original

Windows yang tidak original biasanya diaktivasi dengan menggunakan patch atau memalsukan key windows yang asli.

Dan hal tersebut bisa menyebabkan masalah di kemudian hari seperti muncul activate windows now atau this copy of windows is not genuine.

Para pengguna windows bajakan atau tidak original juga akan mengalami layar desktop menjadi gelap atau biasa disebut black screen.

Bukan hanya itu bahkan windows 11 yang tidak original bisa juga menyebabkan microsoft store tidak bisa dibuka sehingga pengguna tidak bisa download aplikasi dari sana.

5. Startup Yang Rusak

Masalah berikutnya yang menyebabkan layar windows 11 menjadi gelap atau black screen yaitu startup yang rusak.

Jika mengalami masalah seperti ini maka akan sangat merugikan karena kalian tidak bisa masuk ke desktop pada saat menghidupkan komputer atau laptop.

Bukan hanya itu bahkan proses loading akan berhenti pada saat logo muncul dan hanya berputar-putar disana tanpa selesai.

Dan startup yang rusak merupakan salah satu penyebab terjadinya black screen sehingga kalian tidak akan bisa menjalankan laptop maupun komputer.

6. Masalah Pada Power Supply

Selanjutnya masalah yang bisa menyebabkan layar laptop atau komputer menjadi gelap yaitu error pada power supply.

Jika kalian mengalami kerusakan pada power supply maka pastinya komputer atau laptop tidak akan bisa menyala. Dan apabila bisa maka hanya menampilkan layar hitam saja.

Pastinya dengan adanya masalah tersebut bisa sangat merugikan bagi kalian yang sedang sekolah online bahkan bekerja.

7. Driver Yang Korup

Driver yang korup atau tidak sempurna pada saat diinstal itu juga dapat menyebabkan layar laptop atau komputer bisa menjadi gelap.

Bukan hanya itu bentrok antar driver yang tidak cocok juga bisa menyebabkan black screen pada komputer dan laptop kalian terutama pada display driver.

8. Masalah Kartu Grafis

Kartu grafis merupakan sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk bisa menghasilkan tampilan atau gambar pada layar monitor.

Adapula fungsi utama dari kartu grafis yaitu melakukan rendering gambar dengan cara mengkonversi data menjadi sinyal yang dimengerti oleh monitor.

Saat kartu grafis tidak berjalan dengan baik dan mendapatkan masalah maka hal itu akan menyebabkan tampilan monitor error.

Contoh masalah ketika kartu grafis tidak berjalan dengan normal yaitu warna yang menjadi kacau, gambar buram, gelap atau bisa sampai blank hitam.

9. Overheat

Masalah berikutnya yang dapat menyebabkan laptop atau komputer kalian menjadi terkena black screen yaitu overheat. Perlu kalian ketahui bahwa overheat adalah keadanan dimana suhu komputer menjadi sangat panas.

Bahkan bisa melebihi suhu maksimal yang bisa ditahan oleh komponen yang didalam komputer.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan diberbagai komponen komputer atau laptop yang kalian miliki.

Dan salah satu dampak yang sering terjadi ketika mengalami masalah overheat yaitu layar desktop berubah menjadi hitam dan tidak ada gambar atau biasa disebut black sreen.

10. Aplikasi Terakhir Yang Diinstal

Masalah terakhir yang dapat menyebabkan layar laptop dan komputer kalian menjadi gelap yaitu dari aplikasi terakhir yang diinstal.

Ketika menggunakan PC maupun laptop kita terkadang lupa apa sih yang terkahir kali dilakukan bahkan mungkin bisa menginstal suatu aplikasi tanpa disadari.

Nah jika tiba-tiba laptop maupun komputer kalian menjadi blank hitam tanpa tahu penyebab yang jelas maka coba ingat-ingat terakhir kali menggunakannya.

Dan apabila ada sebuah aplikasi yang diinstal sebelum mematikan PC maupun laptop maka hal tersebutlah yang menjadi penyebab terjadinya black screen.

Cara-Cara Mengatasi Black Screen Di windows 11

Cara-Cara Mengatasi Black Screen Di windows 11

Setelah kalian sudah mengetahui beberapa penyebab terjadinya black screen pada komputer maka ingin segera mengetahui cara mengatasinya bukan.

Untuk itu jika mengalami masalah black screen di windows 11 maka jangan panik terlebih dahulu karena kalian bisa mencoba alternatif solusi di blog ini.

Mungkin dari kalian banyak yang belum mengetahui apa saja sih cara-cara untuk mengatasi masalah black screen di windows 11.

Nah bagi yang merasa penasaran dan mempunyai masalah tersebut pada komputer maka bisa langsung perhatikan alternatif solusi yang akan kami berikan berikut ini.

1. Melepas Semua Device Yang Tidak Diperlukan

Untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di komputer atau laptop terutama black screen harus dimulai dengan yang mudah.

Salah satu cara yang paling mudah biasanya yaitu kalian dapat melepeas semua device yang tidak diperlukan.

Dan kalian juga bisa melepas semua device tambahan yang terhubung ke komputer seperti kamera, printer, bloetooth dan perangkat lain yang menggunakan port USB kemudian restart.

2. Jalankan Windows Explorer Secara Manual

Jika kalian sedang mengalami masalah black screen terhadap komputer maupun laptop kalian jangan panik terlebih dahulu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan salah satunya yaitu kalian bisa mengakses task manager atau jalankan windows explorer secara manual.

Caranya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan kalian cukup hidupkan PC seperti biasa kemudian tunggu hingga proses loading selesai.

Jika sudah maka masuk kedalam layar blank hitam dan kalian bisa tekan tombol CTRL+ALT+Delete lalu pilih task manager.

3. Restart Graphic Driver

Di windows 11 sering terjadi masalah black screen secara tiba-tiba pada saat selesai bermain game atau menjalankan sebuah aplikasi dengan mode full screen.

Hal tersebut terjadi karena koneksi ke display terputus dan bisa juga dikarenakan bug pada refresh rate monitor.

Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa menggunakan tombol shortcut untuk merestart graphic driver.

Dan hal tersebut dilakukan bertujuan untuk menyambungkan device yang sudah terputus caranya sangat mudah sekali kalian cukup tekan tombol windows key + CTRL + Shift + B.

4. Ganti Display Projection

Layar windows 11 bisa sering terjadi masalah black screen karena pilihan projection tidak terjtuju ke layar utama.

Hal tersebut bisa terjadi setelah kita menymbungkan laptop atau komputer ke proyektor dan monitor. Sehingga komputer yang kalian punya sering mengalami gangguan layar blank.

Dan jika kalian menginginkan tampilan windows kembali ke layar utama maka bisa juga menggunakan tombol shortcut.

Caranya sangat mudah dilakukan kalian hanya tinggal teka tombol windows+P supaya memunculkan pilihan projection. Tekan tombol P tersebut hingga sampai ke pilihan PC dan tampilan windows muncul kembali.

5. Masuk Ke Safe Mode

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah black screen baik di laptop maupun komputer adalah kalian bisa masuk ke safe mode.

Setelah itu kalian bisa melakukan perbaikan seperti masalah driver yang rusak, update yang tidak sempurna atau uninstall aplikasi penyebab masalah dari safe mode.

Caranya sangat mudah sekali kalian bisa langsung masuk ke safe mode with networking. Setelah berhasil masuk maka lakukan hal berikut ini sesuai masalah yang didapat di laptop maupun komputer masing-masing.

  1. Unistall program yang terakhir diinstal
  2. Gunakan system restore point (kalau ada)
  3. Update windows 11
  4. Uninstall update
  5. Reinstall graphic driver
  6. Clean boot (manual)
  7. Selesai

6. Coba Pakai Monitor Lain

Bagi para pengguna PC maupun laptop yang mengalami masalah ini kalian harus mencoba menggunakan monitor lain.

Terutama pada saat laptop maupun komputer dihidupkan menu bios tidak muncul sama sekali dan jika terjadi masalah seperti itu maka ada gangguan terhadapa monitornya.

Salah satu caranya yaitu kalian bisa menggantinya dengan monitor yang baru. Dan juga kalian perlu mencoba mengganti kabel monitor yang menghubungkan ke PC.

Biasanya kabel monitor yang rusak bisa menyebabkan layar komputer menjadi blank hitam padahal sudah dalam keadaan hidup.

7. Perbaiki Blacklight Yang Mati

Cara selanjutnya untuk bisa mengatasi masalah layar blank hitam terhadap laptop dan juga komputer yaitu perbaiki blackhlight yang mati.

Kalian bisa melakukan cara yang satu ini ketika sudah tidak ada alternatif lain untuk memperbaiki monitor laptop maupun komputer.

Caranya sangat sederhana bahkan para pengguna baru pun bisa melakukannya cukup kalian membawa laptop atau PC ke tempat service terdekat.

Bahkan kalian bisa juga untuk membeli inveternya dan memperbaiki sendiri. Atau kalian bisa meminta bantuan teman yang sudah mengerti tentang masalah tersebut.

8. Reset PC Atau Laptop

Solusi Terakhir yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah black screen yaitu reset PC atau laptop yang kalian punya.

Fitur ini sangat berguna untuk memperbaiki masalah-masalah yang fatal tanpa harus instal ulang. Tetapi ada akibat yang harus diterima salah satunya yaitu semua aplikasi akan terhapus.

Akhir Kata

Hanya itu informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi black screen di windows 11. Semoga dengan adanya ulasan diatas bisa bermanfaat khususnya bagi yang sedang mengalami masalah tersebut pada laptop maupun komputer.