Biaya Lem LCD HP di Tempat Service Resmi dan Tidak Resmi

Rohmat Ardiyansyah

Biaya Lem LCD Hp di Tempat Service Resmi dan Tidak Resmi

Apa Itu LCD dan Lem LCD?

LCD (Liquid Crystal Display) adalah salah satu teknologi tampilan yang paling umum digunakan dalam perangkat elektronik, termasuk ponsel pintar.

Komponen utama dari layar LCD adalah panel yang terdiri dari sejumlah sel-sel kristal cair. Setiap sel dapat diatur secara individual untuk menghasilkan cahaya atau blok cahaya, yang akhirnya membentuk gambar yang terlihat di layar.

Lem LCD, seperti namanya, adalah bahan perekat khusus yang digunakan untuk merekatkan panel LCD dengan elemen lain dalam struktur layar ponsel. Ini memastikan panel tetap kokoh dan tidak bergeser, sehingga menjaga tampilan yang jernih dan kualitas gambar yang baik. Namun, karena faktor-faktor tertentu seperti keausan, benturan fisik, atau kelembaban, lem LCD dapat mengalami kerusakan, sehingga memerlukan perbaikan atau penggantian.

Saat layar LCD ponsel mengalami kerusakan pada lemnya, perbaikan diperlukan untuk memastikan kinerja yang optimal. Jika tidak segera ditangani, panel LCD yang longgar dapat mengganggu fungsi tampilan dan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Dalam hal ini, banyak pemilik ponsel mencari tempat service resmi atau tidak resmi untuk memperbaiki lem LCD. Meskipun biaya adalah faktor penting dalam pengambilan keputusan, penting juga untuk mempertimbangkan kualitas dan manfaat jangka panjang dari perbaikan tersebut. Dilansir dari situs teknologi Jelajahandroid biaya penggantian part ataupun lem LCD berbeda ada tempat resmi dan tidak resmi.

Biaya Lem LCD di Tempat Service Resmi

Tempat service resmi umumnya bekerja sama dengan produsen ponsel dan memiliki akses ke suku cadang asli serta peralatan khusus yang diperlukan untuk perbaikan.

Baca Juga  Cara Membuka File Apk Yang Aman di Android Asli 100% Work

Biaya perbaikan lem LCD di tempat service resmi dapat bervariasi tergantung pada merek ponsel, model, dan tingkat kerusakan yang terjadi. Secara umum, biaya di tempat service resmi cenderung lebih mahal dibandingkan dengan tempat service tidak resmi.

Misalnya jika kamu memiliki perangkah HP Realme 3, lalu ingin mengganti LCD, maka kamu akan dikenakan biaya sebesar 500 ribu. Tetapi kamu juga bisa menggunakan garansi saat ingin mengganti LCD agar harga perbaikan tidak dikenakan biaya. Tentu penjelasan ini akan menjawab pertanyaan seperti berapa ganti lcd.

Keuntungan Memilih Tempat Service Resmi

Meskipun biaya perbaikan lebih tinggi di tempat service resmi, ada beberapa keuntungan yang dapat diambil dari pilihan ini. Pertama, mereka menggunakan suku cadang asli yang memastikan kualitas yang terjamin dan kompatibilitas yang baik dengan ponsel Anda. Kedua, teknisi di tempat service resmi umumnya terlatih secara profesional dan memiliki pengalaman yang luas dalam memperbaiki lem LCD dan masalah lainnya. Ini memberikan rasa percaya diri yang lebih besar kepada pemilik ponsel.

Biaya Lem LCD di Tempat Service Tidak Resmi

Sementara tempat service tidak resmi adalah alternatif yang lebih terjangkau, biaya perbaikan lem LCD di sini juga bervariasi tergantung pada lokasi dan reputasi penyedia layanan.

Beberapa tempat service tidak resmi mungkin menggunakan suku cadang aftermarket yang lebih murah daripada suku cadang asli. Meskipun harga lebih rendah dapat menjadi daya tarik, ada risiko bahwa kualitas suku cadang yang digunakan mungkin kurang baik, yang berpotensi mempengaruhi kinerja dan masa pakai ponsel Anda.

Seperti misalnya ingin mengganti LCD HP Realme 3, maka akan dikenakan biaya sebesar 300 ribu rupiah. Jika ingin melakukan lem saja, maka akan dikenakan biaya sebesar 75 ribu rupiah

Baca Juga  Cara Menggunakan TrackView Jarak Jauh di HP Android

Pertimbangan Keamanan dan Garansi

Ketika memilih tempat service tidak resmi, perlu juga dipertimbangkan keamanan dan garansi. Sebagian besar produsen ponsel hanya memberikan garansi pada perbaikan yang dilakukan di tempat service resmi mereka.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tempat service tidak resmi, Anda mungkin kehilangan garansi dan kehilangan jaminan keamanan yang diberikan oleh produsen. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan secara hati-hati risiko yang terlibat dalam memilih tempat service tidak resmi.

Originally posted 2023-06-19 14:23:48.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya