Apakah History Web Pengguna Wifi Bisa Dilihat Oleh Pemilik Wifi

Para pemilik WiFi tentunya memiliki peranan yang penuh atas berbagai macam aktivitas yang terjadi di dalam jaringan WiFinya tersebut. Namun, apakah history web pengguna WiFi bisa dilihat oleh pemilik WiFi atau tidak?

Perlu Anda ketahui, bahwa jaringan internet publik memang pada dasarnya merupakan sebuah tempat yang kurang aman untuk digunakan dalam melakukan kegiatan browsing. Ada banyak sekali celah berbahaya yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan digital yang melakukan beragam aksi negatif.

Dalam beberapa kasus bahkan menyatakan bahwa banyak sekali pengguna WiFi yang mengalami kerugian. Salah satunya adalah kehilangan akun maupun data pribadi ketika sedang asyik mengakses layanan internet menggunakan jaringan WiFi ini.

Beragam risiko ini pun memunculkan kekhawatiran yang baru tentunya. Termasuk dengan sang pemilik layanan yang juga bisa melihat riwayat penelusuran internet dari para pengguna WiFi tersebut. Dimana notabenenya menjadi sebuah privasi bagi sang pengguna tersebut.

melihat history pengguna wifi

Apakah Pemilik WiFi Bisa Melihat History Para Penggunanya?

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya ada beberapa Router WiFi yang memiliki fitur URL log. Hal ini tentu membuat setiap pengguna WiFi bisa mengakses sebuah website melalui jaringan WiFi tersebut melalui penggunaan Router. Hal inilah yang kemudian membuat setiap alamat yang dituju akan tercatat pada Router tersebut.

Dengan cara inilah, maka pemilik WiFi pun bisa melihat riwayat pencarian Anda atau history pencarian Anda dengan lebih mudah. Namun, Router yang memiliki fitur ini biasanya akan dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Sementara itu, di Indonesia sendiri penyedia laynan internet WiFi murah yang menggunakan Router ini sangatlah minim fitur. Itulah mengapa harga yang dibandrol pun cukup murah, karena memang fitur yang dihadirkan tidak selengkap harga yang mahal.

Namun, sebenarnya jika Anda mau sedikit belajar mengenai pemrograman Linux, maupun WireShark, maka Anda bisa dengan mudah melihat history pengguna WiFi dengan lebih mudah dan efektif.

Level Pemilik Biasa

Melihat riwayat penelusuran internet dari para pengguna WiFi ini memang sangat mungkin untuk dilakukan. Terlebih lagi dengan sejumlah perangkat Router yang memang mendukung adanya sistem log untuk mengetahui berbagai macam aktivitas yang terjadi di jaringan WiFi tersebut.

Namun, untuk melakukannya diperlukan kemampuan dan pengaturan yang berbeda di setiap routernya. Beberapa diantaranya bahkan harus membeli perlengkapan tambahan berupa proxy server, maupun custom firmware.

Nah, opsi untuk melindungi pihak pengguna dari situs terlarang pada umumnya pun akan dilakukan dengan cara memblokir halaman situs tersebut secara langsung dengan menggunakan pengaturan dasar yang ada di dalam router.

Level ISP

Sementara itu, untuk tingkat ISP atau internet service provider sendiri akan mengumpulkan daftar riwayat penelusuran dari situs yang dikunjungi sebelumnya oleh para pengguna. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas dari jaringan WiFinya tersebut.

Meskipun begiu, maka para pengguna pun tidak perlu merasa khawatir. Sebab, situs web modern pada umumnya sudah menerapkan sistem kriptografi secure socket layer atau SSL yang mana bisa memastikan bahwa memang keamanan komunikasi ada melalui jaringan komputer terjaga dengan baik.

Adanya sistem kriptografi, maka pihak SSL maupun pemilik WiFi yang ingin melihat daftar riwayat penelusuran dari para penggunanya pun tidak akan bisa mengetahui secara spesifik informasi yang ada di dalam halamn tersebut meskipun sudah mengetahui alamat situs yang dituju oleh si penggunanya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa pihak pemilik WiFi pun tidak akan bisa melihat informasi pribadi Anda selaku penggunanya. Untuk situs web yang sudah menerapkan sistem SSL ini pada umumnya akan ditandai dengan awalan HTTPS pada alamat situs websitenya.

Baca juga: WiFi Selain Indihome

Cara Mengecek History Pengguna WiFi

Jika Anda memang ingin mengetahui history dari para pengguna WiFi, maka Anda bisa menggunakan 3 cara untuk melihatnya. Berikut akan dijelaskan secara mendetail ketiga cara tersebut.

Menggunakan WireShark

WireShark merupakan sebuah software paket capture. Dimana software ini bertujuan untuk membuat Anda bisa melihat alamat IP dari setiap website yang sebelumnya sudah dibuka oleh para pengguna ketika menggunakan jaringan WiFi tersebut.

Selain itu, Anda juga akan memiliki akses untuk bisa melihat pakat yang disediakan melalui hex editor.

MenggunakanCustom Firmware Pada Bagian Router

Custom Firmware ini memang sudah didesain dan diinstall oleh perusahaan produsen router untuk bisa membuat router bekerja sesuai dengan keinginan dari para penggunanya.

Jika memang router Anda tidak memiliki fitur yang Anda perlukan, dan sudah bisa diinstall custom firmwarenya, maka Anda bisa mencari custom firmware yang sudah mendukung fitur URL logging untuk bisa melihat history WiFi keseluruhan.

Menggunakan Transparent Proxy Server

Jika memang Anda memiliki keahlian tersendiri akan program Linux, maka Anda bisa membuat sebuah proxy server yang nantinya akan memungkinkan Anda untuk bisa mengarahkan traffic website melalui proxy yang sudah Anda buat tersebut.

Dengan menggunakan konfigurasi jaringan WiFi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka alamat URLnya pun bisa Anda lihat melalui log dari setiap traffic yang sudah melalui proxy sebelumnya.

Nah, inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika memang ingin bisa melihat riwayat history dari setiap pengguna WiFi Anda. Namun, jika memang Anda ingin menyembunyikan riwayat penelusuran agar tidak bisa dilihat orang lain dan privasi Anda tetap terjaga, maka Anda bisa menggunakan VPN.

Virtual Private Netwok atau VPN ini bisa menjadi salah satu opsi yang tepat, terlebih bag pengguna baru yang sedang mengakses layanan internet melalui jaringan WiFi yang sifatnya adalah publik.

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi

Hal ini tentu dikarenakan VPN bisa membuat jalur rahasia. Dimana fungsinya adalah untuk menyembunyikan alur komunikasi dari data yang ada di dalam jaringan WiFi tersebut. Dengan begitu, maka semu infromasi pribadi, termasuk dengan riwayat penelurusan akan jauh lebih aman. Jadi, bisa disimpulkan bukan apakah history web pengguna WiFi bisa dilihat oleh pemilik WiFi?