Apa Itu Webinar

Apa Itu Webinar – Dalam berjalannya perkembangan zaman dunia teknologi saat ini semakin mudah saja dalam mengatasi masalah. Karena dengan kecanggihan teknologi masalah apapun yang berkaitan dengan kecepatan, waktu dan informasi bisa diatasi dengan mudah dan simple.

Teknologi saat ini bisa kalian manfaatkan dengan sebaikmungkin, terlebih lagi saat ini melakukan webinar itu bisa di lakukan dengan sangat mudah berkat kecanggihan teknologi.

Pasalnya bahwa Webinar menjadi salah satu media yang saat ini digunakan untuk berbagi informasi terkini. Tapi, sudahkah kamu memahami apa ituWebinar?

Berikut ini kita akan bahas tentang apa itu Webinar dan beberapa penjelasan nya. Simak informasi di bawah ini ya!

Apa Itu Webinar?

Apa itu Webinar

Webinar merupakan singkatan dari kata web seminar. Sebuah seminar itu sendiri dapat dilakukan melalui situs web atau aplikasi-aplikasi yang berbasis internet. Teknik seminar ini biasanya dilakukan oleh pembicara suatu seminar untuk membagikan materi melalui media elektronik atau internet.

Baca juga: Teks Ulasan

Manfaat yang didapat melalui Webinar

Memiliki fungsi, manfaat, dan cara kerja membuat Webinar dijadikan alternatif banyak orang dalam menyampaikan materi melalui media elektronik. Dari segi pemasar, dengan melakukan Webinar kamu akan mendapatkan manfaatnya antara lain:

1. Sebagai alternatif dalam mengumpulkan peserta suatu seminar

Sebagai alternatif dalam mengumpulkan peserta suatu seminar

Melalui Webinar, kamu dapat membuat suatu wadah dalam mengumpulkan peserta mengenai suatu infromasi yang akan ditawarkan atau dijelaskan dengan lebih mudah dan cepat.

2. Membantu dalam pengumpulan atau penampung tanggapan, kesan, atau feedback

Membantu dalam pengumpulan atau penampung tanggapan, kesan, atau feedback

Untuk mengetahui hasil feedback dalam campaign, promo, atau seminar yang sudah dilakukan kamu dapat membuat kuesioner melalui Webinar.

3. Sebagai media promosi produk terbaru

Sebagai media promosi produk terbaru

Dalam proses untuk peluncuran sebuah produk baru pasti diperlukan langkah utama guna memberikan informasi produk tersebut. Melalui Webinar, kamu juga bisa memakai langkah ini sebagai bahan penunjang untuk membagikan informasi terkait produk tersebut.

4. Menunjukkan keunggulan suatu produk atau brand

Menunjukkan keunggulan suatu produk atau brand

Ketika penyampaian materi sudah dilakukan, maka kamu dapat menggunakan trik untuk meyakinkan peserta terlebih dahulu melalui hal tersebut, dan di akhir seminar bisa dilakukan langsung soft-selling produknya.

Baca juga: Apa Itu Arti Scan?

Manfaat Webinar Untuk Peserta

Sedangkan dari segi peserta Webinar juga akan mendapatkan manfaat antara lain:

1. Sebagai alat pembelajaran yang mudah serta nyaman

Sebagai alat pembelajaran yang mudah serta nyaman

Dengan adanya kemajuan teknologi, membuat Webinar dapat diikuti di mana saja, dan kapan saja. Bahkan ketika kamu sedang bersantai atau melakukan kegiatan yang lain Webinar akan tetap dapat kamu ikuti dengan nyaman.

2. Pilihan topik yang beragam

Pilihan topik yang beragam

Dalam Webinar, ada kelas-kelas yang dilakukan secara gratis maupun berbayar. Untuk itu topik yang bahas juga pasti akan luas dan beragam. Dari topik yang sangat popular, sampai topik yang mengerucut.

3. Mendapatkan informasi secara gratis dari ahlinya

Mendapatkan informasi secara gratis dari ahlinya

Beberapa penyelenggara Webinar banyak mengundang para professional dan ahli yang memahami berbagai topik dalam bidangnya, jadi bisa dipastikan bahwa pembicara tersebut sudah pasti memiliki pengalaman dalam topik yang dibahas dan juga relevan serta akurat.

4. Memiliki sertifikat yang didapatkan secara gratis

Memiliki sertifikat yang didapatkan secara gratis

Banyak kelas-kelas Webinar yang menyediakan sertifikat secara gratis yang bisa digunakan sebagai bahan untuk memperkuat bukti rangkuman dari pengalaman serta keahlian dan juga sebagai tanda bahwa peserta telah mengikuti program tersebut dengan baik.

Baca juga: Pengertian Barista

Istilah dalam Webinar

Webinar memiliki dua istilah lain yang mungkin masih jarang diketahui, dua istilah tersebut yaitu:

1. Web broadcast

Web broadcast

Adalah sebuah siaran web atau webcast dengan jumlah peserta yang sangat banyak. Web broadcast bisa digunakan untuk seribu pengguna bahkan lebih, sedangkan Webinar sendiri memiliki batasan pengguna hanya sampai puluhan atau ratusan orang saja.

2. Web conference atau Video conference (telekonferensi)

Web conference atau Video conference (telekonferensi)

Jika dari sisi komunikasi, web conference dapat digunakan untuk komunikasi dua arah, jadi peserta dapat memberikan pertanyaan melalui pembicaraan yang sedang berlangsung. Sedangkan pada Webinar hanya melakukan komunikasi satu arah.

Jenis-jenis Webinar

Sedangkan jenis-jenis pada Webinar yang dapat kamu ketahui antara lain:

1. The Lead-Generation or Sales Webinar

The Lead-Generation or Sales Webinar

Merupakan salah satu jenis dalam Webinar yang sering digunakan oleh tenaga pemasar dalam meningkatkan jumlah peserta. Biasanya, dengan menggunakan jenis Webinar ini peserta hanya diminta untuk mengisi dan mendaftarkan diri di website.

2. The one-Off For-Profit Webinar

The one-Off For-Profit Webinar

Melalui jenis Webinar yang satu ini peserta diperlukan untuk membayar sebelum mendaftarkan diri. Jika kamu mengikuti program Webinar ini tentu hasilnya juga sepadan dengan biaya yang telah dikeluarkan karena pembicara sudah pasti professional dan topiknya juga berkualitas.

3. The Multi-Module Webinar or Webinar Series

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Webinar ini merupakan jenis Webinar yang memiliki manfaat cukup baik karena topik yang dipilih biasanya akan dijelaskan secara luas. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang dapat digunakan sebagai topik tambahan.

Apa Saja Media yang Dapat Digunakan untuk Webinar?

Selain melalui media sosial, saat ini ada beberapa media live streaming video yang dapat kamu gunakan sebagai sarana dalam melakukan Webinar terutama bagi tenaga pemasar seperti:

1. Zoom

Zoom

Melalui aplikasi ini, kamu dapat melakukan komunikasi dengan cara tatap muka secara jarak jauh melalui video dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Jadi cukup bermanfaat nih kalau digunakan sebagai sarana Webinar.

2. YouTube live

YouTube live

Dengan menggunakan YouTube live akan memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan peserta secara real time baik melalui feed video, chat, dan lain-lain.

3. Facebook live

Facebook live

Tidak jauh berbeda dengan YouTube live, menggunakan Facebook live juga dapat dijadikan sarana untuk melakukan Webinar dan berinteraksi dengan peserta secara real time.

4. Instagram live

Instagram live

Selain Facebook live dan YouTube live terdapat juga Instagram live yang memungkinkan kita membuat tayangan langsung melalui aplikasi Instagram baik dengan group video call yang ada di aplikasi chatting atau melalui siaran langsung.

5. GoTo Webinar

GoTo Webinar

Dalam menyelenggarakan Webinar professional yang sempurna, diperlukan sarana memadai GoTo Webinar contohnya. Media ini menyediakan semua fitur, sumber daya, dan fasilitas untuk Webinar bahkan hingga ribuan peserta yang bisa diundang hanya dengan undangan.

6. WebinarJam

WebinarJam

Diciptakan oleh Genesis Digital pada tahun 2013 menjadikan WebinarJam salah satu platform yang popular. WebinarJam memiliki kelebihan yang di mana secara otomatis dapat merekam Webinar secara langsung sehingga bisa dibagikan pada mereka yang tidak dapat hadir.

7. WebinarNinja

WebinarNinja

Merupakan platform Webinar berbasis web yang cukup lengkap karena menawarkan berbagai fitur yang dapat kamu gunakan seperti: membagikan slide, share screen, melakukan obrolan live, Tanya jawab, hingga mengadakan polling.

Baca juga: Management Trainee

Sebagai tenaga pemasar, diperlukan konsep yang matang agar Webinar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Jangan lupa juga untuk meyakinkan calon peserta Webinarmu dengan profil dan materi yang menarik agar mereka tertarik untuk mengikuti kelas tersebut.

Bagi calon peserta, pilihlah Webinar yang mengutamakan pelatihan dan interaksi. Karena melalui dua hal tersebut, pemasar pasti akan memberikan hasil yang maksimal dan sudah pasti dipersiapkan secara matang.

Setelah memahami apa itu Webinar, jenis, dan manfaat sebagai peserta apakah kamu tertarik mengikuti kelas Webinar selanjutnya? Dari sisi pemasar, apakah kamu sudah siap untuk mengadakan berbagai kelas Webinar dengan matang? Tentukan pilihan berdasarkan kebutuhanmu, ya!