8 Cara Agar Memori Tidak Penuh Di HP Android, Dijamin Work 100%

Fitri Winengsih

Loop – Ketika memori ponsel Android Anda penuh, seringkali menimbulkan masalah lain. Antara lain, ini mungkin memperlambat ponsel Anda karena beberapa aplikasi tidak dapat dibuka atau diperbarui.

Cobalah delapan cara ini agar memori ponsel Android Anda tidak penuh. Cara ini efektif dan mudah tanpa harus menghapus aplikasi.

Berikut 8 cara mencegah memori penuh di HP Android tanpa menghapus aplikasi.

Cara pertama adalah dengan menghapus file berukuran besar yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk memeriksa folder satu per satu. Smartphone biasanya sudah memiliki fungsi untuk menganalisis ruang penyimpanan.

Untuk file berukuran besar, gunakan fungsi pencarian. Identifikasi file yang tidak lagi Anda gunakan dan hapus dari penyimpanan.

Jangan lupa untuk menghapus file yang tidak diinginkan secara berkala agar memori ponsel Anda tidak penuh. Gunakan fitur pengelola file bawaan atau unduh aplikasi seperti File dari Google dari Play Store.

Kita sering mengunduh atau mengirim foto dan video bersama teman-teman kita melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp atau Telegram. Tanpa kita sadari, foto dan video tersebut menumpuk dan memenuhi kenangan kita.

Anda dapat menghapus foto dan video melalui galeri atau pengelola file. Jika Anda tidak dapat menemukan folder WhatsApp Anda, gunakan cara berikut:

Selain data media, WhatsApp juga secara otomatis menyimpan database percakapan. Semakin lama Anda menggunakan WhatsApp, file database ini akan semakin besar. Berikut cara menghapusnya:

Bahkan setelah menghapus banyak foto, video, file database WhatsApp, dll, memori Anda mungkin tidak terasa berkurang.

File yang Anda hapus mungkin masih ada di sana, jadi periksa Recycle Bin atau “Recycle Bin” di pengelola file Anda. Jika Anda mengosongkan Recycle Bin, memori Anda tidak akan penuh lagi.

Baca Juga  Cara Membuka File Apk Yang Aman di Android Asli 100% Work

Setiap aplikasi menyimpan cache atau file sementara. Semakin sering Anda menggunakan suatu aplikasi, semakin besar file cache-nya. Berikut cara menghapusnya:

Beberapa aplikasi yang biasanya memiliki file cache besar antara lain YouTube, Instagram, TikTok, aplikasi browser, marketplace, dan aplikasi streaming film.

Apakah Anda sering menggunakan fungsi ‘Unduh’ YouTube? Ini berguna jika Anda ingin memutar video tanpa menghabiskan kuota internet. Namun, penggunaan fitur ini akan mengurangi memori ponsel Anda. Hapus YouTube Downloader agar memori ponsel Anda tidak penuh.

Cara selanjutnya agar memori Anda tidak penuh adalah dengan mematikan fitur download otomatis di WhatsApp.

Dengan fitur ini, WhatsApp akan secara otomatis mengunduh media yang dikirimkan teman Anda, termasuk foto, video, audio, dan dokumen. Cara mematikannya dengan mengikuti langkah berikut:

Berikut 8 cara agar memori ponsel Android Anda tidak penuh tanpa menghapus aplikasi. Semoga beruntung!

Originally posted 2024-01-15 19:09:12.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya

Leave a Comment