WhatsApp Siapkan Fitur Kode Rahasia, Apa Fungsinya?

Cungadi Zangli

Loop.co.id, Jakarta – Pengembang WhatsApp sedang menguji fitur baru bernama “Kode Rahasia”, lapor Indian Express, Rabu (11 Oktober 2023). Fitur ini mengunci obrolan.

Selain perangkat tunggal, fitur ini juga berfungsi pada perangkat yang terhubung dan memungkinkan pengguna menggunakan kata sandi khusus untuk folder obrolan mereka yang dilindungi.

Baca juga

Menurut laporan WABetaInfo, fitur baru ini pertama kali terlihat pada WhatsApp versi beta di Android 2.23.21.9, yang dapat diunduh dari GooglePlay Store oleh pengguna yang telah mendaftar program pengujian beta WhatsApp.

Fitur kode rahasia ini memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan obrolan yang terkunci langsung dari bilah pencarian aplikasi dan juga mengunci obrolan di perangkat yang terhubung.

Saat menggunakan fitur baru ini, WhatsApp menyarankan penggunaan kata-kata sederhana atau emoji sebagai simbol. Jadi Anda dapat dengan cepat menemukan obrolan yang terkunci.

Pada Mei 2023, WhatsApp memperkenalkan cara mengunci obrolan menggunakan biometrik atau PIN. Namun, banyak orang yang tidak puas karena tidak mengunci obrolan di perangkat sekunder.

Tampaknya fitur kode rahasia baru untuk WhatsApp sedang dalam pengembangan. Dengan demikian, diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan agar fitur ini tersedia untuk semua pengguna WhatsApp.

Dalam beberapa bulan terakhir, pengembang WhatsApp telah menambahkan banyak fitur baru. Mulailah dengan saluran WhatsApp Anda untuk berbagi foto dan video dalam kualitas HD, membuat grup anonim, mengedit teks media, dan banyak lagi.

Fitur Kunci Obrolan baru di WhatsApp Messenger, yang diperkenalkan oleh Meta, memberi pengguna kontrol lebih besar atas privasi dan keamanan pesan mereka.

Fitur ini memungkinkan pengguna menempatkan obrolan di folder tersembunyi yang hanya bisa diakses melalui kata sandi, sidik jari, atau Face ID.

Chat Lock memungkinkan pengguna menyembunyikan notifikasi dari kontak tertentu dan menjaga percakapan pribadi tetap aman.

Berikut cara mengaktifkan kunci chat di WhatsApp di Android dan iPhone.

Penting untuk memastikan Anda menginstal WhatsApp versi terbaru di perangkat Anda. Jika Anda belum mengatur autentikasi perangkat, Anda mungkin diminta untuk mengaturnya sebelum menggunakan fitur kunci obrolan WhatsApp.

Beralih dari fitur keamanan yang disediakan WhatsApp, pengguna aplikasi smartphone WhatsApp sebelumnya perlu memeriksa sistem operasi (OS) di perangkatnya.

Pasalnya mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp akan dibatasi hanya berjalan pada sistem operasi versi tertentu di smartphone Android.

“Perangkat keras dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami meninjau dan memperbarui sistem operasi yang kami dukung secara rutin,” tulis WhatsApp di halaman FAQ-nya.

Menurut aplikasi obrolan Metaitu, setiap tahun aplikasi ini meninjau perangkat dan perangkat lunak lama dengan pengguna paling sedikit untuk menentukan mana yang harus dihentikan.

“Perangkat ini mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terkini atau mungkin tidak memiliki fitur yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp,” kata mereka, mengutip Kamis (10/5/2023).

Pada tanggal 24 Oktober, WhatsApp mengumumkan bahwa hanya ponsel Android yang menjalankan Android versi 5.0 atau lebih tinggi yang akan menerima dukungan.

Sebelumnya, sistem operasi Android minimum yang direkomendasikan untuk WhatsApp adalah OS 4.1.

Perusahaan mengatakan, “Mulai 24 Oktober 2023, hanya OS Android versi 5.0 atau lebih tinggi yang akan didukung.”

Oleh karena itu, jika Anda pengguna ponsel Android yang masih menggunakan OS 4.1 atau lebih rendah, ada baiknya Anda mengetahui versi OS yang Anda gunakan saat ini.

Jika sudah tidak didukung lagi, pengguna ponsel Android dapat memperbarui sistem operasinya jika pembaruan masih tersedia, atau jika tidak tersedia, sebaiknya mengganti perangkatnya ke perangkat yang lebih baru.

Sedangkan untuk iPhone, hanya perangkat yang menjalankan iOS 12 atau lebih tinggi yang didukung. Sistem operasi lain yang masih didukung WhatsApp antara lain KaiOS 2.5.0 ke atas, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

Originally posted 2023-10-15 08:17:33.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya