Ukuran Story Instagram

Ukuran Story Instagram-Bagi Anda para pengguna sosial media Instagram tentu saja sudah tidak asing lagi dengan fitur story yang ada pada aplikasi Instagram ini bukan? Seperti yang Anda ketahui bahwa mengunggah story di Instagram sering kali dilakukan oleh banyak orang dalam mengabadikan hal-hal kecil yang terjadi hingga yang memiliki sifat promosi.

Tahukah Anda jika ukuran dari story Instagram ini ada yang ideal sehingga tidak terpotong sewaktu upload, baik itu dalam bentuk foto maupun video. Jadi, tidak bisa sembarangan mengunggah foto maupun video agar hasilnya lebih nyaman untuk dipandang.

Mekipun sifat dari story Instagram ini hanyalah sementara saja, yakni sekitar 24 jam saja. Namun aktivitas dari seseorang ini bisa lebih terpantau melalui adanya fitur story Instagram ini. Banyak sekali orang yang setiap saatnya mengunggah story di Instagram namun sangat jarang sekali dalam mengisi feed dari akun Instagramnya tersebut.

Nah, tahukah Anda berapa ukuran konten yang ideal untuk fitur story pada Instagram ini? Untuk memahami hal tersebut, berikut ini akan dijelaskan secara lebih terperinci mengenai ukuran story Instagram yang benar.

Ukuran Story Instagram 

Berbeda hal dengan feed yang ada di Instagram, dimana semua postingan yang pernah dibuat tidak akan hilang meskipun sudah beberapa waktu lamanya. Untuk posting konten di Instagram menggunakan fitur story ini hanya akan berlaku selama 24 jam saja, maka setelahnya akan hilang.

Namun, menariknya adalah dimana para pengguna dari Instagram ini lebih tertarik untuk menggunakan story Instagram dari pada harus memposting momen terbaiknya tersebut di feed Instagram. Maka sangat tidak heran jika fitur Instagram story ini sering dijadikan sebagai media untuk mempromosikan suatu produk maupun jasa.

Setiap momen yang berupa foto maupun video yang Anda unggah sedemikian rupa tentunya akan menyesuaikan kondisi dari tampilannya. Beberapa fitur atau filter dalam mengecilkan ukuran gambar maupun video ini akan menyesuaikan dengan konten yang bisa di tampilkan pada Instastory nantinya.

ukuran story ig

Ukuran Foto untuk Instastory

Untuk Anda yang lebih sering mengunggah foto ke story Instagram, maka bisa perhatikan ukuran dari story ini karena akan mempengaruhi kualitas dari tampilannya. Terlebih lagi jika Anda mengunggah foto berbentuk lokasi tempat maupun pemandangan. Jika pecah dan ukurannya tidak bagus, maka tampilannya pun akan tidak enak dipandang.

Ukuran foto untuk story Instagram adalah 1080 x 1920 pixel dengan bentuk portrait dan aspect ratio sebesar 9:16. Jika kualitas dari kamera Anda bagus, maka tampilan fotonya pun sangat sesuai dengan menggunakan ukuran story ini.

Namun, jika kualitas kamera Anda dibawah itu, maka kualitas ukuran alternatifnya bisa 720 x 1280 pixel hingga 450 x 800 pixel saja. Ukuran dari gambar maksimal yang bisa Anda unggah di Instastory adalah 30 MB dengan format JPEG maupun PNG.

Jika Anda mengunggah gambar dengan ukuran dan bentuk yang berbeda, maka hasilnya pun akan terpotong. Pada umumnya, banyak sekali orang yang lebih memilih untuk mengecilkan ukuran fotonya agar hasilnya tetap terlihat sempurna, meskipun resolusinya mengecil.

Baca juga: Cara Buat Reels IG Ada Lirik di Instagram

Ukuran Video untuk Instastory

Tidak hanya gambar saja yang bisa diunggah di story, namun video pun juga bisa. Video yang Anda unggah ini pun bisa berasal dari editan aplikasi lain, maupun video yang direkam dan sudah tersimpan di galeri.

Ukuran dari video Instastory idealnya sebesar 1080 x 1920 pixel dengan aspect rasio sebesar 9:16. Resolusi video yang dihasilkan minimalnya adalah 720 pixel dengan ukuran maksimal video adalah 4 GB dengan format MP4 atau MOV.

Ketika Anda menemukan video menarik dari aplikasi Instagram ini seringkali Anda akan mengunggahnya sebagai story tanpa memperhatikan kualitas dari ukuran video tersebut. Hal ini sudah termasuk dengan model bentuknya yang tidak cocok untuk instastory.

Akibatnya, gambar video pun akan terlihat pecah dan kurang menarik. Ketika dikecilkan, memang gambarnya pun akan jauh lebih jelas, akan tetapi banyak ruang kosong yang berlatar belakang warna yang senada dengan videonya. Cek lagi videonya sebelum diunggah ke story supaya gambarnya lebih jelas dan tidak pecah.

Ukuran Gambar Landscape dan Potrait

  • Ukuran story Instagram pada foto portrait sebaiknya memiliki dimensi sebesar 1080 x 1920 pixel, 720 x 1280 pixel, atau sebesar 450 x 800 pixel dengan aspect ratio sebesar 9:16 yang memilki ukuran file maksimal sebesar 30 MB. Formatnya sendiri menggunakan JPEG atau PNG.
  • Tidak sama dengan jika Anda mengunggah gambar portrait, maka untuk bentuk landscape ini ukurannya akan disesuaikan oleh Instagram secara langsung. Untuk dimensi videonya adalah 1080 x 1920 pixel dengan aspect ratio sebesar 9:16.

Dimana video ini harus memiliki resolusi sebesar 720 P dengan ukuran maksimalnya adalah 4 GB dan berformat MP3 atau MOV.

Baca juga: Filter Instagram Yang Bagus

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan singkat mengenai ukuran story Instagram yang benar sehingga tidak terpotong sewaktu upload. Semoga penjelasan yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba!