Google Com SG Tutorial Cara Masuk Tanpa Ribet dan Mudah

 

Loop.co.id – Google com SG merupakan pencarian google yang memiliki domain Singapura. Bagi yang belum mengetahui, google memiliki banyak domain sesuai dengan negaranya. Hal ini membuat domain di Indonesia berbeda dengan domain di negara lain.

Google com SG sendiri merupakan nama domain dari negara maju Singapura. Berbeda domain berarti berbeda aturan dan kebijakan juga. Jadi, bila kamu searching menggunakan domain Indonesia, akan berbeda dengan saat kamu menggunakan domain Singapura.

Apakah kamu sudah mengetahui apa saja keuntungan dari google com sg? Jika belum, maka kamu harus baca artikel ini hingga selesai. Nantinya juga akan dibahas mengenai cara masuk dan menggunakan google com sg secara lengkap.

Apa Yang Dimaksud Dengan Domain Google?

Apa Yang Dimaksud Dengan Domain Google

Mungkin untuk sebagian orang, domain ini sudah tidak asing lagi. Namun bagi para kaum awam, domain menjadi kata yang sangat jarang terdengar di masyarakat.

Sebelum masuk ke pambahasan yang lebih jauh lagi, maka kamu perlu mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan domain. Hal ini karena nantinya kata domain akan sering muncul di artikel ini.

Domain sendiri berarti alamat dari sebuah website yang ingin kamu tuju. Nantinya domain ini akan menunjukan alamat IP yang biasanya terdiri dari beragam angka.

Tetapi bila sebuah alamat website hanya terdiri dari angka, maka alamat web tersebut sulit untuk dihafal. Oleh karena itu, alamat website ini bisa dinamakan dengan domain yang dirasa lebih efektif.

Untuk mengganti alamat website dari yang tadinya angka menjadi nama khusus, diperlukan proses dalam pencarian data web. Nantinya perlu ada pencarian data website pada web server yang paling sesuai dengan alamat IP.

Misalnya saja bila ingin membuka google, kamu tidak perlu lagi mengetahui IP dari google. Kamu bisa langsung masuk dan akses google secacra mudah karena google memiliki domain yang unik.

Domain google sendiri juga memiliki keunikan dimana ada kode negara di belakangnya. Kode yang ada di domain tersebut menunjukan negara dari sebuah website. Biasanya, website yang memiliki kode negara dikhususkan bagi warga negaranya.

Google ini memberikan akses khusus pada setiap negara yang ada di seluruh dunia sehingga bisa diakses di negara yang berbeda sesuai dnegan domainnya. Misalnya saja domain di Indonesia ini bernama google.co.id.

Nama Id yang berada di belakang tersebut merupakan kode negara yang merujuk kepada Indonesia. Contoh lainnya adalah google com sg dimana sg merupakan kode negara Singapura.

Mengapa Ada Perbedaan Domain?

Mengapa Ada Perbedaan Domain

Mungkin beberapa dari kamu yang berpikir dan bertanya-tanya mengapa harus ada perbedaan domain di setiap negaranya. Dengan adanya perbedaan domain ini juga menunjukan bahwa adanya perbedaan dari kebijakan di setiap negaranya.

Pastinya google co id ini berbeda dengan google com sg ini berbeda dari beberapa akpek. Di Indonesia sendiri memiliki beberapa pembatasan konten seperti konten dewasa, kekerasan, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan google com sg yang memiliki akses lebih bebas ke banyak hal yang tidak bisa kamu akses di Indonesia. Hal ini dikarenakan negara Singapura dirasa lebih bebas dibandingkan dengan negara Indonesia.

Jadi ada beberapa hal yang bisa kamu cari dan buka di google com sg tetapi tidak ada di google co id. Oleh karena hal itulah yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan google sg untuk mencari beberapa hal yang tidak ada di domain Indonesia.

Baca juga: 5 Perbedaan Google Chrome dengan Chromium, Jangan Terbalik!

Bagaimana Cara Menggunakan Google Com SG?

Bagaimana Cara Menggunakan Google Com SG

Bila kamu sudah familiar dengan yang namanya domain google com SG, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Melakukan Pengaturan

1. Melakukan Pengaturan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pengaturan di hp dan akun browser kamu. Google com sg ini tidak dibatasi hanya untuk warga lokalnya saja. Jadi, buat kamu yang bukan warga Singapura pun tetap bisa mengaksesnya.

Banyak orang mengakses google com sg ini karena dianggap lebih praktis, mudah, dan juga fleksibel untuk mencari beberapa topik. Selain itu, bila koneksi internet kamu cukup lancar, maka kamu juga akan bisa mengaksesnya google com sg ini dengan cepat.

Kamu bisa memulainya dari hal yang paling mendasar terlebih dahulu yakni dengan membuka pengaturannya. Berikut ini langkah untuk mengaturnya.

  1. Buka browser kamu dan ketikkan google com sg.
  2. Buka pengaturan atau setting di browser tersebut setelah kamu sudah mencarinya.
  3. Klik bagian setelan wilayah. Dengan setelan wilayah ini membuat kamu bisa memilih negara mana yang menjadi base kamu. Ini akan berdampak pada pencarian kamu berikutnya.
  4. Untuk memudahkan kamu melihat negara Singapura di tengah banyaknya list negara lainnya, kamu bisa langsung mengettikan kata Singapura di bagian pencariannya.
  5. Pilih Singapura sebagai wilayah akses sehingga nantinya browser kamu akan dialihkan sesuai dengan settingan kamu tersebut.

2. Mengubah Pengaturan Homepage

2. Mengubah Pengaturan Homepage

Selanjutnya langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengubah aturan dari homepage. Seperti yang diketahui bahwa aturan pengaksesan web di Indonesia cukup ketat karena juga disesuaikan dengan norma yang ada.

Oleh karena itu, banyak orang berpindah ke google com sg. Kamu perlu ikuti langkah ini untuk mengubah aturan homepage kamu.

  1. Buka website google com sg yang ingin kamu gunakan.
  2. Cari gammbar home yang biasanya ada pada bagian kiri atas dari website.
  3. Atur dan rubah sesuai dengan kebutuhan kamu yakni dengan klik tab dan tambahkan alamat web yang ingin kamu simpan.
  4. Masukan link google com sg kedalam kolom yang tersedia tersebut dan bisa langsung save.

Baca juga: Cara Download Lagu di Aplikasi Google Play Music Dengan Mudah

3. Masuk Langsung Ke Website

3. Masuk Langsung Ke Website

Ini adalah cara yang paling mudah yang bisa kamu ikuti yakni hanya dengan membuka website yang ingin kamu tuju secara langsung. Kamu hanya perlu mengklik link web nya ataupun mengetiknya di kolom pencarian.

Tetapi ada hal yang perlu kamu ketahui yaitu tidak semua negara yang memiliki google domainnya sendiri bisa diterapkan hal ini. Beda negara bisa juga membuat peraturan yang ada menjadi berbeda.

Tetapi kamu tidak usah pusing karena kamu bisa langsung mengetikkan tujuan kamu di kolom pencarian. Biasanya, apa yang kamu cari juga sudah muncul di hasil pencarian tersebut. Jadi, kamu langsung saja ketikkan keywordnya.

4. Menggunakan VPN

4. Menggunakan VPN

Bila semua cara diatas tidak bisa kamu terapkan, ataup]un sudah kamu coba tetapi masih terus gagal, maka kamu bisa langsung menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN, kamu akan bisa mengaksesnya dengan lebih cepat.

VPN ini sangat berhubungan dengan kecepatan sinyal dan jaringan sehingga dalam pemilihannya perlu kamu perhatikan juga. Kamu bisa memilih negara yang paling sesuai dengan keinginan.

Misalnya jika kamu ingin menggunakan google com sg, maka lebih baik jika kamu langsung menggunakan VPN negara Singapura. Jika sudah begitu, kamu bisa melihat hal berikit ini.

  1. Terlebih dahulu, kamu harus mendownload VPN yang merupkan sebuah aplikasi. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mencarinya di play store maupun app store.
  2. Ada beragam sotware VPN yang ditawarkan sehingga kamu bisa memilih salah satunya.
  3. Cek ulang dan pastikan bahwa kamu sudah menggunakan IP Singapura sehingga aksesnya bisa lebih cepat.
  4. Bila kamu merasa sulit, kamu bisa langsung mengetikkan VPN Singapura saja di play store dan app store kamu sehingga bisa langsung kamu download.
  5. Prosesnya sudah selesai dan kemudahannya bisa langsung kamu nikmati.

5. Langsung Mengetikkan Keyword

5. Langsung Mengetikkan Keyword

Cara terakhir yang juga tidak kalah mudah adalah dengan langsung mengetikkan keyword yang ada. Bila kamu ingin menggunakan google com sg, maka kamu bisa langsung ketik itu di kolom pencarian.

Tetapi kekurangan dari cara yang satu ini adalah kamu akan berebutan untuk mengakses google com sg tersebut dan membuat aksesnya menjadi lemot. Tentunya karena banyak orang yang menggunakannya sehingga bisa membuat sistem menjadi overload.

Jadi, sebelum kamu menggunakannya, kamu perlu terlebih dahulu melihat kondisi serta situasi dengan beberapa pertimbangan. Antara lain, jam saat mengaksesnya, hari serta tanggal juga perlu diperhatikan.

Bila kamu menggunakannya di waktu orang bersantai, maka cenderung lebih lamban dibandingkam ketika kamu mengakses di jam kerja. Oleh karena itu, coba pilih dan gunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin sehinjgga google com sg ini bisa kamu akses dengan mudah.

Baca juga: Nada Dering WA Sebut Nama Sendiri Dengan Suara Google Viral

6. Masuk Ke Web Google Com SG

6. Masuk Ke Web Google Com SG

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yakni dengan langsung membuka website ini di browser yang kamu miliki. Dengan hanya bermodalkan URL, kamu bisa langsung membukanya. Tetapi ini juga perlu melihat keadaan yang ada karena cara satu ini tidak selalu berhasil.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kita tentang google com sg dan berbagai langkah menggunakannya. Semoga semakin menambahkan skill kamu dalam hal ini. Terima kasih sudah mengikuti pembahasannya hingga akhir dan mohon maaf jika masih terdapat salah kata.