Emulator iOS Terbaik

Emulator iOS Terbaik – Ponsel pintar, atau smartphone, adalah salah satu teknologi canggih yang membuat dunia berjalan dengan lebih cepat dari sebelumnya. Manusia bisa mendapatkan jutaan informasi dalam hitungan detik hanya dengan satu perangkat sebesar telapak tangan dan bisa digunakan dimana pun dan kapan pun mereka mau. Hal ini tidak luput dari kecanggihan teknologi yang ada di dalam perangkat smartphone tersebut, terutama sistem operasinya.

Sistem operasi paling populer yang digunakan pada smartphone saat ini ada dua, yaitu Android dan iOS. Android dikembangkan secara khusus dan secara resmi oleh pihak Google dan sistem operasi ini biasanya digunakan oleh berbagai merek ponsel seperti Samsung, LG, Sony, Xiaomi, Realme, Oppo, Vivo, dan lainnya. Sedangkan sistem operasi iOS khusus dikembangkan oleh Apple dan dirilis pada perangkat Apple saja.

Karena sifatnya yang eksklusif, iOS mendapatkan perhatian lebih dari beberapa pengembang lepas atau developer non resmi. Pengguna biasa tidak akan bisa mengutak – atik isi dari iOS dan diperlukan penalaran coding serta program yang lebih dalam lagi.

Namun, dengan adanya emulator iOS, penghobi atau developer lepas bisa lebih mudah untuk memahami dan menggunakan iOS sebagai bahan percobaan pada PC maupun laptop mereka. Penasaran dengan emulator iOS ini? Simak ulasan berikut ini.

iOS, Sistem Operasi Smartphone Premium

iOS

iOS berawal dari sistem operasi sebelumnya yang bernama iPhone OS, sistem operasi khusus yang dikembangkan oleh Apple untuk ponsel iPhone mereka. Saat ini, iOS populer karena banyak sekali pengguna iPhone yang akhirnya memilih ponsel ini sebagai daily driver mereka. Alasannya hanya dua kata saja, “dapat diandalkan”.

Pengguna iPhone pasti tidak pernah kecewa dengan kualitas kamera ponsel ini. Bahkan iPhone keluaran terbaru selalu menduduki peringkat teratas untuk kualitas hasil tangkapan kamera. Tidak heran jika banyak sekali influencer, artis, dan pemilik usaha bisnis yang mengandalkan iPhone untuk mempromosikan banyak hal di sosial media karena foto yang dihasilkan sangat bagus dan detail.

Hasil tangkapan kamera iPhone ini tidak luput dari bantuan sistem operasinya yang memproses hasil tangkapan RAW dari kamera ponsel. iOS terkenal karena software yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan optimasi dari kinerja sebuah hardware dan aplikasi pada smartphone.

Dalam tahap pengembangan software atau aplikasi pada sistem operasi iOS, dibutuhkan sebuah pengujian. Pengujian ini biasanya dilakukan pada perangkat iPhone langsung dan kinerja aplikasi langsung dinilai berdasarkan pengalaman penggunaannya.

Jika terdapat error pada pemakaian maka developer bisa memperbaiki bagian yang menyebabkan error tersebut. Dan jika hasilnya baik, maka aplikasi sudah bisa dirilis atau sudah bisa dikatakan sebagai aplikasi yang layak pakai.

Namun, pengujian seperti ini juga bisa dilakukan pada sebuah tools bernama Emulator iOS.

Sekilas Tentang Emulator iOS

Sekilas Tentang Emulator iOS

Sesuai namanya, Emulator iOS memberikan pengalaman penggunaan iPhone pada komputer atau laptop. Hanya bermodalkan komputer atau laptop yang kalian miliki saja, kalian bisa merasakan pengalaman dalam menggunakan iOS tanpa perlu memiliki iPhone terlebih dahulu.

Dengan adanya Emulator iOS ini, pengguna biasa bahkan developer bisa terbantu untuk mengembangkan aplikasi buatannya sebelum dirilis ke masyarakat.

Pengembang sengaja mencoba aplikasi buatan mereka pada emulator seperti ini sebelum dirilis ke publik. Hal ini dilakukan guna menguji coba dan memantau kinerja dari aplikasi tersebut. Karena kebutuhan seperti ini lah yang menyebabkan banyaknya emulator dari Android, iOS, serta sitem operasi lain yang bermunculan di internet.

Daftar Emulator iOS Terbaik Terbaru 2021

Seperti emulator lainnya, Emulator iOS juga bisa digunakan pada perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows dan Mac. Karena itu, emulator seperti ini layak kalian coba agar kalian bisa merasakan sendiri pengalaman menggunakan iOS atau bisa mengembangkan sendiri aplikasi versi kalian.

Sekedar mempelajari code dan program pun bisa dilakukan dengan bantuan Emulator iOS ini. Menarik bukan? Tanpa berlama – lama lagi, berikut adalah beberapa Emulator iOS terbaik yang bisa kalian gunakan pada PC dan laptop kalian:

1. Emulator iOS IPadian

Emulator iOS IPadian

Developer atau penghobi software iOS yang menggunakan Windows pasti kenal dengan aplikasi ini. IPadian memberikan pengalaman bagi pengguna untuk merasakan sistem operasi iOS dengan tampilan yang mirip dengan tablet Apple yaitu iPad. Dengan komputer berbasis Window, aplikasi ini bisa berjalan dengan lancar dan pengguna bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di dalamnya, persis seperti iPad.

Sayangnya, terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan seperti iMessages karena aplikasi seperti ini hanya bisa berjalan di software original milik Apple seperti iPad, Mac, dan iPhone saja. Untuk mendownload iPadian, kalian bisa langsung mengunjungi situsnya pada link berikut ini:

2. Emulator iOS Appetize.io

Selanjutnya adalah Emulator iOS berbasis web yaitu Appetize.io. Tidak seperti emulator sebelumnya, emulator ini tidak mengharuskan pengguna untuk menginstallnya terlebih dahulu pada komputer atau laptop. Dengan langsung menggunakan browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome, kalian bisa langsung mengaksesnya dan menggunakan fitur iOS dengan gratis. Untuk menguji aplikasi hasil kembangan kalian, kalian bisa menguploadnya ke situs ini dan aplikasi kalian akan berjalan serta dikendalikan melalui browser kalian. Simpel bukan?

Saat menggunakan Appetize.io, kalian akan mendapat 100 menit pertama dengan gratis dan akan dikenakan biaya $0.05 per menit. Tidak mahal untuk sebuah fitur menarik seperti ini, apalagi kalian hanya perlu menggunakan browser saja untuk menguji aplikasi kalian. Untuk mencoba emulator Appetize.io ini, silakan kunjungi situs resminya dengan menggunakan link https://appetize.io

3. Emulator iOS AIR iPhone Emulator

Emulator iOS AIR iPhone Emulator

AIR iPhone, sesuai namanya, software ini merupakan kembangan dari Adobe AIR yang dikhususkan untuk memberikan pengalaman menggunakan iOS pada pengguna. Tidak seperti software Emulator iOS lainnya, software ini dikhususkan untuk para developer atau pengembang yang ingin menguji coba aplikasi mereka atau menguji fitur yang terdapat dalam iOS.

Pengembang dapat memeriksa apakah aplikasi mereka berjalan dengan lancar atau terdapat kendala dan error di dalamnya menggunakan AIR iPhone ini.
Untuk menggunakan Emulator iOS ini, kalian memerlukan Adobe AIR pada komputer dan laptop kalian. Setelah itu, silakan download AIR iPhone pada link di bawah ini:
https://air-iphone.informer.com/

4. Emulator iOS Smartface

Smartface adalah emulator iOS yang bisa dijalankan pada sistem operasi Windows. Bahkan tidak hanya berfungsi sebagai emulator, Smartface juga bisa digunakan sebagai Debugger atau untuk menemukan Bug serta memperbaikinya.

Bahkan, pengguna bisa mendownload aplikasi dari App Store serta mempelajari dan melakukan debug pada aplikasi tersebut. Developer bisa langsung mengubah coding pada program secara real time sehingga tidak perlu keluar terlebih dahulu dari emulator ini. Bahkan kalian bisa memilih environment dari berbagai iOS seperti iPhone dan Ipad.

Emulator ini bisa didapatkan dengan gratis dan kalian bisa mendownloadnya pada situs resmi Smartface atau dengan klik link di bawah ini:
https://smartface.io/ios-and-android-emulator-on-windows/

5. Emulator iOS MobiOne Studio

Emulator iOS MobiOne Studio

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang sangat populer di dunia development atau pengembangan software iOS, yaitu MobiOne Studio. Aplikasi ini populer karena banyak sekali pengembang yang terbantu dalam pengembangan aplikasi iOS berkat fitur – fitur yang ada di dalamnya.

Kalian bisa mengganti UI dari aplikasi ini, menjalankan aplikasi iOS, mengembangkan aplikasi iOS, memilih mode portrait atau landscape, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan teknologi App Sync, kalian bisa menggunakan MobiOne Studio untuk menguji aplikasi yang berukuran besar.

Karena situs resminya sudah tidak ada lagi, silakan download MonbiOne Studio menggunakan link https://jalantikus.com/apps/download/4720/14861/

6. Emulator iOS Ripple

Selain Appetize.io, Ripple juga merupakan salah satu emulator iOS berbasis web yang bisa dijalankan pada web browser. Dengan menggunakan aplikasi browser seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome, pengguna dan khususnya pengembang bisa menjalankan iOS dengan lancar.

Banyak penghobi dan pengembang iOS yang memanfaatkan emulator ini karena Ripple bisa diandalkan dalam urusan debugging dan pengujian aplikasi. Walaupun pengguna diharuskan membayar atau menjadi member premium terlebih dahulu, para pengembang tetap menggunakan aplikasi ini karena kinerjanya yang baik. Untuk Ripple, kalian bisa menggunakan link di
https://github.com/ripple-emulator/ripple.

7. Emulator iOS Xcode

Emulator iOS Xcode

Satu lagi Emulator iOS yang banyak digunakan oleh pengguna dan pengembang yang bernama Xcode. Tidak seperti software Emulator lainnya, Xcode hanya bisa digunakan di Mac atau komputer Apple saja.

Hal ini dikarenakan Xcode adalah aplikasi yang memang dirilis oleh Apple sendiri sebagai software untuk mengembangkan software dan aplikasi iOS. Karena aplikasi ini dirilis oleh Apple sendiri, fitur yang terdapat di dalamnya pun bukan fitur yang sembarangan.

Fitur yang ada pada Xcode didesain khusus untuk mengembangkan aplikasi iOS sehingga pengembang bisa mendapatkan aplikasi dengan hasil maksimal.

Bahkan tidak hanya iOS, pengembang bisa mengembangkan aplikasi untuk MacOS, WatchOS, dan juga tvOS. Jika tertarik, kalian bisa mendapatkan Xcode pada situs resminya dengan memasukkan Apple IDE kalian menggunakan link di bawah ini:
https://developer.apple.com/xcode/

Setelah mendapatkan Emulator iOS yang cocok bagi kalian, kalian bisa langsung mendownload dan menginstallnya. Kemudian, kalian bisa langsung mencicipi komputer Windows rasa iOS dan mulai mengembangkan aplikasi kalian sendiri atau sekedar melihat – lihat fitur yang ada di dalamnya saja.

Mengapa Emulator iOS Penting?

Sebagai pengguna biasa, mungkin kita tidak pernah berpikir tentang bagaimana sebuah aplikasi berjalan. Kita hanya menggunakannya saja sesuai instruksi yang tertera atau menggunakan sesuka hati kita saja.

Namun, berbeda dengan pengguna biasa, para pengembang atau developer harus memikirkan setiap aspek dari aplikasi tersebut dengan matang – matang. Bahkan error dan bug sekecil apapun bisa menjadi masalah bagi aplikasi tersebut dan harus segera diperbaiki.

Bayangkan jika tidak ada Emulator iOS, para pengembang harus membeli iPhone dan iPad dengan berbagai versi terlebih dahulu sebelum bisa mengembangkan aplikasi mereka sendiri. Biaya yang digunakan akan sangat tinggi dan aplikasi gratis yang biasanya kita nikmati akan berubah menjadi aplikasi berbayar meskipun aplikasi tersebut adalah aplikasi sepele. Berkat Emulator iOS, kita sebagai pengguna juga diuntungkan meskipun tidak secara langsung.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai Emulator iOS terbaik yang bisa kalian gunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS kalian sendiri. Tidak hanya untuk pengembang, pengguna biasa juga bisa merasakan pengalaman menggunakan iPhone pada komputer mereka tanpa perlu membeli sebuah smartphone iPhone terlebih dahulu.

Gunakan software emulator ini untuk mengembangkan aplikasi yang bermanfaat dan tidak merugikan banyak orang. Semoga artikel loop.co.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!