Emulator Android Terbaik

Emulator Android Terbaik-Memainkan game di PC tentunya lebih menarik karena layar yang besar bisa membuatmu lebih puas dengan permainan. Kamu bisa melihat detail terkecil dengan lebih mudah apabila menggunakan PC atau laptop.

Tapi untuk memainkan aneka game mobile di perangkat PC atau laptop kamu membutuhkan aplikasi emulator Android terbaik. Tapi tak banyak orang yang tahu tentang apa itu emulator sehingga akan dijelaskan pada uraian di bawah ini.

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu bahwa di internet ada banyak sekali macamnya emulator yang bisa dipilih. Hampir semua emulator tersebut menyediakan berbagai macam fitur dan juga kelebihan lainnya agar lebih menarik perhatian.

Namun, kamu harus memilih emulator yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak perlu memaksakan diri. Misalnya saja ingin mencoba yang berbayar tapi tidak memiliki budget, maka kamu bisa saja memilih yang gratisan.

Apa yang Dimaksud dengan Emulator Android?

Jika kamu belum paham mengenai emulator, ia merupakan sebuah program aplikasi yang mampu mensimulasikan perangkat Android ini di komputer maupun laptop. Bisa dibilang, dengan emulator ini kamu bisa menggunakan macam fitur atau menu yang ada di Android tanpa memakai ponsel.

Jadinya, kamu juga bisa meng-install game yang ada di perangkat Android dengan menggunakan komputer atau laptop.

emulator android

Daftar Emulator Android Terbaik

Adapun dari banyaknya aplikasi emulator, terdapat beberapa yang paling direkomendasikan untuk kamu beserta penjelasan mengenai kelebihannya. Nah, yuk segera simak!

Emulator Bluestacks 4

Bluestacks telah menjadi emulator yang cukup terkenal. Agar bisa memakai emulator ini tanpa halangan, kamu harus memiliki spesialisasi komputer atau laptop dengan RAM minimal 2 GB saja.

Emulator ini mempunyai dukungan dari Bluestacks Gaming Platform yang akan membuat pengalaman bermain game kamu jadi lebih menyenangkan karena performanya pun sangat baik. Adapun berikut kelebihan dari Bluestacks 4 ini seperti:

  • Adanya update secara berkala
  • Memberikan dukungan pada berbagai macam aplikasi juga game
  • Dapat dijalankan di komputer dengan spek terbatas

Emulator Andy

Meski namanya tak begitu banyak disebut, tapi Andy menjadi salah satu emulator Android terbaik yang bisa kamu jajal. Dengan emulator ini kamu akan diberikan keleluasaan dalam hal mengeksplor berbagai macam fitur Android pada perangkat PC.

Contohnya saja fitur-fitur seperti game, aplikasi, hingga launcher juga bisa kamu eksplor. Aplikasi ini begitu fleksibel, dan ia tak hanya bisa digunakan pada perangkat Windows saja, melainkan pada perangkat lain seperti MacOS pun juga bisa dan ini adalah beberapa kelebihannya seperti:

  • Fitur lebih lengkap
  • Bisa dinikmati gratis sepenuhnya
  • Dukungan perangkat lain selain Windows
  • Tampilan layaknya sistem operasi Android

Emulator MEmu

Emulator lain yang sangat direkomendasikan ialah MEmu, di mana aplikasi emulator ini sudah mendukung berbagai versi Android. Misalnya saja mulai dari Jelly Bean, KitKat dan macam-macam versi Android yang lain.

MEmu bisa dibilang sangat lancar apabila digunakan di perangkat PC untuk mengakses berbagai aplikasi di Android. Selain itu, kamu juga tidak membutuhkan spek yang tinggi untuk memakainya.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh emulator MEmu seperti:

  • Kemampuan dalam bermain game Android
  • Sangat ringan dan juga lancar pemakaiannya
  • Adanya dukungan prosesor intel dan juga AMD

aplikasi emulator android ringan

Emulator Nox

Satu lagi emulator Android terbaik yang dapat kamu jadikan alternatif ialah Nox. Apalagi ternyata emulator satu ini cukup populer di kalangan para gamer, bahkan kamu juga bisa menikmati Mobile Legends di Android dengan memakai Nox saja.

Fiturnya tak diragukan lagi sangat menarik dan juga beragam. Selain itu, Nox juga menawarkan beberapa kelebihan lainnya untuk para pengguna seperti:

  • Kompatibel untuk perangkat Windows maupun Mac
  • Dukungan untuk kontrol menggunakan gamepad
  • Sangat lancar dipakai untuk memainkan game

Emulator XePlayer

Selain Nox, alternatif lain yang bisa kamu pakai pada perangkat PC ialah XePlayer. Kedua emulator antara Nox dan juga XePlayer sebenarnya memiliki performa yang tak jauh berbeda sama sekali.

Kamu bisa menggunakan XePlayer untuk bermain jutaan game dengan mekanisme keyboard serta mouse, tapi tentunya menggunakan aplikasi ini mesti membuatmu memiliki dukungan perangkat dengan spek tinggi untuk performa terbaik. Adapun kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi emulator terbaik ini ialah:

  • Adanya dukungan dari OS Windows XP hingga Windows 10
  • Memiliki performa yang hampir mirip dengan Nox
  • Memiliki kemapuan kompatibel dengan berbagai aplikasi dan juga game

Emulator AMIDuOS

Emulator ini juga jadi salah satu yang terbaik, di mana memberikan dukungan baik pada developer maupun gamer. Jika ingin menggunakan aplikasi emulator ini secara gratis kamu bisa men-download dan mencobanya selama  30 hari.

Kemudian selepas 30 hari kamu akan dikenakan pilihan berbayar. Ada banyak fitur dan dukungan yang cukup lengkap dari aplikasi emulator ini bagi para pengguna Android, dan berikut ini juga ada beberapa kelebihannya seperti:

  • Mampu bekerja dengan baik di Windows 7 sampai 10
  • Adanya dukungan user dan juga developer
  • Dilengkapi beragam fitur juga dukungan terlengkap

Nah, itu adalah beberapa emulator yang sangat direkomendasikan untuk kamu pakai. Emulator mempermudah pengguna Android dan juga laptop entah itu untuk bermain game maupun mengakses aplikasi yang lain.

Apalagi beberapa emulator Android terbaik di atas juga mempunyai beragam kelebihan dan dukungan yang cukup lengkap sehingga semakin mempermudah penggunaannya. Kalau kamu pembaca setia Loop.co.id, tertarik dengan emulator yang mana nih?