Download WhatsApp Apk

Menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan, kini seolah keberadaan WhatsApp di setiap smartphone itu wajib. Namun pada beberapa kasus, beberapa ponsel tidak bisa menggunakan WA versi terbaru. Dan mau tidak mau, mereka perlu download WhatsApp Apk versi lama.

Seperti pada kebanyakan aplikasi smartphone, WhatsApp juga selalu menyediakan update secara berkala. Dan update ini memiliki sisi positif dan juga sisi negatif. Nah sisi negatifnya yakni sudah tidak support untuk versi OS Android yang lama.

Kenapa Versi Terbaru WhatsApp Tidak Dapat Digunakan?

Kenapa Versi Terbaru WhatsApp Tidak Dapat Digunakan

Terhitung mulai tanggal 1 Februari 2020, WhatsApp telah mengumumkan beberapa OS (sistem operasi) di smartphone yang sudah tidak dapat lagi menggunakan aplikasi messenger satu ini. Misalnya saja seperti ponsel Android dengan OS Android 2.3.7 (Gingerbread) atau versi Android yang lebih rendah.

Keputusan dari WhatsApp dengan mengakhiri dukungan pada versi Android 2.3.7 (Gingerbread) ke bawah ini, dikeluarkan karena mereka sudah tidak mempunyai rencana untuk melanjutkan pengembangannya. Dengan ini, pengguna Android lama sudah dengan OS tersebut sudah tidak bisa menggunakan WA lagi.

Mungkin aplikasi WhatsApp ini masih tetap bisa diinstall di OS Android 2.3.7 (Gingerbread) ke bawah, namun kamu tidak bisa menggunakannya secara normal dan lancar. Mungkin saja ada beberapa masalah yang akan mengganggu penggunaan dari WhatsApp itu sendiri.

Beberapa masalah tersebut seperti aplikasi yang lag ketika digunakan, adanya beberapa fitur yang tidak berfungsi, hingga aplikasi yang tiba-tiba error. Intinya, penggunaan dari aplikasi WhatsApp ini akan terasa sangat tidak nyaman. Jadi memang dibutuhkan kesabaran lebih untuk menggunakan WA versi lama.

Baca juga: MB WhatsApp Apk

WhatsApp Versi Lama Apk

WhatsApp Versi Lama Apk

Walaupun ada banyak sekali alternatif aplikasi messenger yang kini tersedia seperti LINE dan Telegram, namun tidak semua orang punya akun kedua aplikasi messenger tersebut. Berbeda dengan WhatsApp, yang semua pengguna smartphone pasti memilikinya.

Jadi mau tidak mau, kamu tetap harus memiliki aplikasi WhatsApp pada smartphone yang digunakan. Hal ini dilakukan agar komunikasi jarak jauh dengan orang lain tetap bisa berjalan dengan lancar, karena dilakukan dengan aplikasi messenger yang sama yakni WhatsApp.

Akan tetapi, jika spesifikasi smartphone Android milik kamu memang sudah tidak mendukung, tentu saja kegiatan berkirim pesan atau melakukan panggilan melalui WhatsApp tidak bisa dilakukan lagi. Selain itu, ukuran aplikasi WA yang semakin besar, tentu akan memberatkan ponsel dan kinerja tidak maksimal.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada satu cara yang memungkinkan kamu untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp dengan lancar. Cara tersebut yakni dengan download WhatsApp Apk versi lama. Tenang saja, WA versi lama ini juga tidak akan membebani kinerja smartphone.

Cara Download WhatsApp Apk Versi Lama

Cara Download WhatsApp Apk Versi Lama

Perlu untuk kamu tahu, bahwa WhatsApp versi lama ini tidak bisa kamu temukan di Google Play Store. Karena di platform tersebut, hanya menyediakan aplikasi WhatsApp versi baru saja. Jadi kamu perlu menggunakan cara yang ada di bawah ini.

Nama Aplikasi WhatsApp Apk
Ukuran 31,19 MB
Versi 2.16.301
Minimal OS Android 2.3.7 (Gingerbread)

Link Download

Oh iya, karena ini adalah WhatsApp versi lama yang memang dibuat khusus untuk smartphone jadul, maka kamu tidak bisa menginstallnya di smartphone Android versi baru. Lagian kenapa juga harus menggunakan versi lama jika yang versi baru saja bisa digunakan,

Cara Install WhatsApp Versi Lama

Cara Install WhatsApp Versi Lama

Berhubung aplikasi WhatsApp versi lama ini tidak kamu download melalui Google Play Store, maka cara untuk menginstallnya juga berbeda. Nah, agar tidak kesalahan yang berakibat pada kegagalan, alangkah lebih baik jika kamu mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah backup data pada aplikasi WhatsApp yang saat ini terinstall di ponsel. Caranya yakni dengan tap tombol menu titik tiga yang ada di bagian kanan atas, dan pilih opsi Setelan.
  • Setelah itu, tap pada menu Chat, dan pilihlah opsi Cadangan Chat.
  • Kemudian aktifkan opsi Cadangkan ke Google Drive dengan menekan tombol Cadangkan.
  • Sekarang tunggu saja sampai proses pencadangan data selesai dilakukan.
  • Jika proses sudah selesai, maka bisa langsung uninstall aplikasi WhatsApp yang terpasang ini.
  • Nah, sekarang kamu bisa membuka menu pengaturan di ponsel.
  • Lalu buka menu keamanan dan aksesibilitas, dan aktifkan opsi instalasi dari sumber tidak dikenal dengan menekannya.
  • Langkah berikutnya, cari dan buka file WhatsApp versi kama Apk yang tadi sudah kamu download.
  • Tap pada file Apk tersebut untuk membukanya, dan tap pada tombol Install.
  • Tunggu saja sampai proses instalasi aplikasi WhatsApp versi lama ini selesai.
  • Buka aplikasi WhatsApp versi lama yang sudah berhasil diinstall, dan lakukan verifikasi dengan nomor telepon pada aplikasi WA sebelumnya.
  • Jangan lupa untuk restore data yang tadi sudah di-backup.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama di ponsel kentang kamu, maka dijamin penggunaan aplikasi messenger tersebut akan tetap terasa nyaman dan lancar. Ini bisa terjadi karena ukuran dari WhatsApp yang kecil dan memang sesuai dengan sistem operasi di ponsel kamu.

Baca juga: WhatsApp Aero Mod Apk

Perbedaan WhatsApp Versi Lama dan Versi Baru

Perbedaan WhatsApp Versi Lama dan Versi Baru

Mengingat pembaruan atau update suatu aplikasi dilakukan dengan tujuan untuk menambah dan melengkapi, tentunya membuat WhatsApp versi lama dan versi baru ini memiliki perbedaan. Jika kamu belum tahu apa saja perbedaan dari keduanya, maka simak penjelasan sebagai berikut ini.

1. Jumlah Fitur

Perbedaan pertama dan yang paling jelas, adalah jumlah fitur yang tersedia. Tentu saja WhatsApp versi terbaru memiliki jauh lebih banyak fitur dibandingkan dengan versi lama. Pada WA versi lama, kamu tidak akan menemui beberapa fitur seperti story, tarik pesan, dan lain sebagainya.

2. Performa

Untuk masalah performa, sebenarnya WhatsApp selalu menyesuaikan aplikasinya dengan versi OS Android. Bisa dibilang performa yang dihadirkan WA versi terbaru memang sudah lebih optimal, dan pada WA versi lama mungkin masih ada beberapa bug dan gangguan.

3. Mode Gelap

Seperti yang telah diketahui, bahwa mode gelap ini baru disediakan oleh WhatsApp beberapa waktu lalu. Jadi, tentu saja kamu tidak akan bisa menemui dan menggunakan mode gelap pada WhatsApp versi lama. Namun ini hanya sebatas tampilan, yang tidak terlalu mengganggu penggunaan WhatsApp.

4. Keamanan

Penggunaan WhatsApp versi terbaru adalah hal legal yang sangat aman. Namun berbeda dengan aplikasi WhatsApp versi lama yang kamu download dari luar Google Play Store. Meskipun developer dari kedua aplikasi tersebut sama, tapi pihak WhatsApp sendiri sudah melarang penggunaan WA versi lama.

Baca juga: GB WhatsApp Pro Mod Apk

Kamu memang bisa download WhatsApp Apk versi lama untuk digunakan pada OS Android 2.3.7 (Gingerbread). Namun satu hal yang perlu kamu tahu, kamu tidak bisa mengupdate aplikasi WA tersebut. Versi WhatsApp yang tadi diberikan, adalah versi yang paling tepat untuk ponsel kentang milik kamu.