Dapodik 2023a, Berikut Cara Update Versi Terbarunya

 

Dapodik 2023a – Pada bahasan kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai Dapodik 2023a yang merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya yakni dapodik 2022. Dan untuk anda yang memang pemegang aplikasi dapodik di sekolah ingin tahu cara update ke versi terbarunya simak terus penjelasanya sampai selesai dan selamat membaca.

Kita tahu bahwa sekarang ini dalam segala hal sifatnya haruslah online dan dimana kita harus mengikuti perkembangan zaman yang ada jika tidak ingin ketinggalan. Seperti halnya pada sekolahan ada yang namanya aplikasi Dapodik yang merupakan aplikasi yang digunakan pada jenjang seperti SD, SMP sampai SMA atau setingkatnya. Biasanya aplikasi dapodik ini digunakan pada saat menjelang ajaran baru dan setiap tahunya selalu ada update untuk apk tersebut. Lalu seperti apa cara update dapodik ke versi terbaru?

Fungsinya yang sangat vital dalam pendidikan sehingga perlu orang yang kompeten seperti halnya guru ataupun operator khusus yang memegang aplikasi dapodik ini. Karena memang isi dari dapodik ini memiliki banyak sekali ragam menu yang harus anda pahami dengan baik dan benar. Semuanya bisa anda update nanti dengan mengikuti arahan yang kami berikan sampai selesai dan juga jika error terjadi pada aplikasi dapodik tersebut.

Sekilas Tentang Dapodik 2023a

Aplikasi dapodik 2023a ini merupakan aplikasi yang versi terbaru sebelumnya sudah ada aplikasi dapodik 2022 yang dibuat atau di luncurkan oleh kemendikbud. Dimana adanya versi terbaru dari 2023a ini karena dari aplikasi yang sebelumnya ini sering terjadi bug ataupun error sehingga menjadikan pekerjaan yang ada para operator menjadi terganggu dan memakan waktu yang cukup lama dalam bekerja.

Karena memang sifatnya aplikasi yang bersifat online ini memang tidak lepas dari yang namanya error. Namun setidaknya error tersebut bisa diminimalisir agar tidak sering terjadi masalah yang ada dan mengganggu semua itu terutama para operator yang memegang dapodik. Semoga dengan adanya versi dapodik 2023a ini bisa menjadi solusi yang lebih baik dari versi yang sudah ada.

Baca Juga : Tantan Mod Apk VIP Member Premium Unlock 2022

Download Dapodik 2023a

Untuk anda yang merasa penasaran akan link download dapodik 2023a ini sebetulnya sangatlah mudah untuk anda lakukan. Caranya adalah dengan cara mengupdate aplikasi yang sudah ada sebelumnya ke versi yang terbaru saja. Sehingga anda tidak usah download ulang aplikasi yang ada dengan cara update pada fitur pembaruan yang ada dari versi yang sudah di unduh sebelumnya.

Sehingga sebetulnya tidaklah ada link download dapodik 2023a ini sehingga pada versi yang ada ini tinggal anda lakukan update. Dan prosesnya pun tidak terlalu makan waktu yang cukup lama dari apa yang mungkin sudah anda bayangkan sebelumnya.

Cara Update Dapodik 2023 ke Versi Dapodik 2023a

Namun jika anda masih merasa bingung dengan ulasan tentang cara update yang kami berikan di atas anda bisa lihat tutorial yang ada dibawah ini. Pastinya semuanya bisa anda lihat lebih detail dari arahan yang sudah kami persiapkan sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara masuk ke browser lewat perangkat
  • Namun anda harus hapus data pencarianya dahulu untuk bisa dengan mudah caranya : Ctrl+Shift+Delete
  • Jika sudah anda klik pada Advance dan pilih pada time range lalu klik pada All Time
  • Klik pada Clear Data
  • Tutup kembali browsernya dan masuk ke aplikasi Dapodik
  • Lalu login ke aplikasi Dapodik dengan memakai usser dan juga usser yang anda miliki
  • Masuk pada pengaturan dan pilih pada cek pembaruan
  • Dan anda bisa menunggu sampai prosesnya selesai
  • Jika sudah selesai anda klik pada muat ulang halaman dan klik Ok jika sudah selesai
  • Selesai, kini aplikasi dapodik sudah terupdate versi dapodik 2023a

Cara Menggunakan Dapodik 2023a

Mungkin anda bertanya apakah ada perbedaan penggunaan aplikasi dapodik ini dari versi sebelumnya? jawabanya adalah tidak ada. Dimana anda bisa menggunakan aplikasi dapodik 2023a ini dari versi sebelumnya yang memang sama saja dari penggunaanya yang ada. Dari update ini hanya untuk meminimalisir mengenai adanya bug yang ada dari versi sebelumnya yang sering error.

Penyebab Error Pada Aplikasi Dapodik 2023a

Dari beberapa pengguna yang mengalami error ketika akan melakukan update pada versi dapodik 2023a ini karena beberapa hal. Yang pastinya mereka merasa tidak bisa melakukan update dari versi sebelumnya ke yang 2023a tersebut. Dan penyebab yang ada dari terjadinya gagal update ini di karenakan beberapa hal seperti sebagai berikut :

1. Jaringan Kurang Stabil

Penyebab pertama yang mungkin tidak anda sadari adalah dari jaringan yang memang kurang stabil. Dimana untuk jaringan ini sangatlah penting ketika melakukan unduhan agar lebih lancar dan cepat aksesnya. Dan anda bisa mengecek jaringan yang ada dengan cara memakai wifi atau menggunakan jaringan lainnya yang di tempat anda lebih bagus dari versi sebelumnya.

2. Cache Penuh

Selanjutnya bisa dijadikan karena cache yang penuh pada perangkat pc atau laptop yang anda gunakan. Dimana dengan menumpuknya sampah yang ada ini pastinya akan menjadikan semuanya terhambat dan lag dalam proses unduhanya. Caranya anda bisa masuk pada history yang ada di perangkat anda lalu lakukan clear cache atau data yang ada semuanya sampai selesai.

3. Perangkat Kurang Suport

Selain itu perangkat yang anda gunakan pun bisa saja kurang suport akan sistem yang baru dari dapodik 2023a tersebut. Sehingga solusinya adalah anda bisa mencoba melakukan mencari perangkat yang benar-benar kompatible untuk mendukung sistem yang ada agar tidak lag dan juga error lainnya.

Baca Juga : Download Rave Apk Watch Party Versi 5.2.15 Terbaru 2022

Akhir Kata

Semoga apa yang kami sampaikan mengenai Dapodik 2023a ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa pada bahasan selanjutnya hanya di loop.co.id yang selalu memberikan update berita setiap harinya untuk kita semua dan sampai jumpa.