3 Cara Mengganti Profil Zoom di PC dan HP (Sebelum & Sedang Meeting)

Masih ada informasi perihal cara mengganti profil Zoom yang perlu kamu sekalian ketahui. Dimana caranya bisa dilakukan atau dipraktikkan dengan mudah. Asalkan kamu mempraktikkannya dengan cara-cara yang direkomendasikan dan tidak sembarangan.

Sebenarnya secara umum, pergantian profil akun di sebuah aplikasi berbasis sosial media atau yang sejenisnya mudah melakukannya. Ada fitur yang mengatur akan hal tersebut dan hanya pemilik akun sendiri yang bisa melakukannya.

Pasalnya, harus membuka akun pribadi dengan mengetikkan nama akun atau username dan passwordnya. Hanya pemilik asli akunnya saja yang mengetahuinya dan orang lain tidak boleh ada yang tahu. Lalu, bagaimana cara mengganti profil Zoom? Silahkan membaca uraian berikut.

Cara Mengganti Profil Zoom di PC atau Laptop

Penggunaan aplikasi Zoom di personal computer (PC) atau laptop sudah umum terjadi. Hal itu dikarenakan layar PC atau laptop lebih lebar, sehingga saat video conference menjadi lebih optimal. Kamu dapat melihat dengan jelas foto atau gambar video orang-orang yang meeting online.

Begitu juga mereka yang meeting online bisa melihat wajahmu dengan jelas. Dalam kondisi tertentu atau alasan khusus, kamu mungkin ingin mengganti profilmu di Zoom. Secara umum, mengganti profil di Zoom bisa dilakukan sebelum melakukan meeting online dan saat meeting berlangsung.

Untuk lebih jelasnya tentang kedua cara mengganti profil Zoom tersebut, silahkan membaca uraian di bawah ini.

1. Cara Mengganti Profil Zoom Sebelum Meeting Online

Kamu yang kurang percaya diri dengan foto atau nama profil di Zoom bisa menggantinya terlebih dulu sebelum melakukan meeting online. Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan dulu PC atau laptopmu yang akan digunakan untuk meeting online dengan Zoom. Lalu, buka aplikasi Zoom yang sudah terinstal di dalamnya.
  • Klik menu Setting di bagian pojok kanan atas dengan ikon roda bergigi.

Klik menu Setting di bagian pojok

  • Lalu, klik menu Profile dan akan dimunculkan sub menu di dalamnya. Kamu pilih saja Edit Profile karena ingin mengganti nama dan foto di profil tersebut.
  • Untuk mengganti nama profile, kamu klik saja Edit di sebelah kanan namamu yang lama. Selanjutnya, kamu ketikkan nama baru yang diinginkan dengan mengisi di bagian kotak first name dan last name. Setelah itu, klik Save Change untuk menyimpan perubahan di profil tersebut.
  • Sementara untuk mengganti fotomu di profil, klik saja ikon Change di bawah kotak foto profilmu yang lama. Lalu, kamu klik Upload di jendela foto sehingga dimunculkan halaman untuk memilih atau mengambil file foto yang tersimpan di PC atau laptopmu.
  • Tentu saja kamu harus menyiapkan dulu foto terbaik dan terkerenmu untuk dijadikan foto profil di Zoom. Jika siap, langsung klik saja foto tersebut agar bisa muncul di kotak yang disediakan. Selanjutnya, kamu bisa mengatur tata letak foto tersebut seperti yang diinginkan.

Tentu saja kamu harus menyiapkan

  • Jika sudah benar dan puas, klik saja Save agar foto profilmu tersimpan di Zoom. Dengan begitu, otomatis nama dan foto profilmu sudah diganti. Cukup mudah bukan caranya? Selanjutnya, kamu bisa melakukan meeting online via Zoom dengan orang, teman, atau rekan kerja.

Baca juga: Cara Mute Suara Zoom

2. Cara Mengganti Profil Zoom saat Sedang Meeting Online

Tidak menutup kemungkinan kamu merasa malu atau minder dengan nama atau foto profil saat sedang meeting online di Zoom. Mungkin dikarenakan fotonya yang kurang keren atau ada alasan lainnya. Apapun alasannya, kamu juga dapat mengganti profilmu saat meeting online.

Untuk lebih jelasnya, silakan mambaca caranya sebagai berikut.

  • PC atau laptop tentu sudah siap beserta aplikasi Zoom yang sudah dibuka karena kamu sudah meeting online dengan orang lain.
  • Selanjutnya, kamu klik Participants atau peserta meeting yang ikonnya di bawah layar kamera. Dengan begitu, dimunculkan jendela peserta meeting yang memperlihatkan foto mereka di sebelah kanan layar kamera.

Selanjutnya, kamu klik Participants

  • Setelah itu, kamu arahkan cursor mouse ke namamu sendiri, lalu klik More.
  • Selanjutnya, kamu klik saja Rename untuk mengganti namamu di profil. Setelah itu, kamu bisa langsung mengganti namamu dengan mengetikkannya di kotak yang disediakan. Jika sudah, klik saja OK sehingga namamu yang baru akan tersimpan.

Selanjutnya, kamu klik saja Rename

  • Kamu juga dapat mengganti fotomu di profil. Caranya, klik Edit Profile Picture, lalu pilih Change Picture. Dengan begitu, dimunculkan halaman koleksi foto yang tersimpan di PC atau laptopmu. Kamu pilih saja yang paling keren dan sesuai untuk dipasang.
  • Klik saja foto yang diinginkan, lalu sesuaikan tata letaknya agar tepat di tengah-tengah kotak fotonya. Kamu juga dapat memperbesar atau memperkecil ukuran fotonya. Jika sudah pas dan sesuai, kamu klik saja Save sehingga foto profilmu yang terbaru bisa disimpan di Zoom.
  • Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan meeting online lagi via Zoom dengan nama dan foto yang baru. Fotomu juga akan muncul di layar kamera saat kameranya dimatikan. Dengan begitu, kamu bisa melihat foto ptofilmu sendiri di Zoom.

Itulah cara mengganti profil Zoom sebelum dan saat melakukan meeting online. Caranya cukup mudah dan sederhana. Kamu bisa mempraktikkannya di kemudian hari.

Baca juga: Cara Mengganti Nama di Zoom Meeting

Cara Mengganti Profil Zoom di Smartphone

Penggunaan aplikasi Zoom di smartphone juga menjadi pilihan tersendiri bagi banyak orang. Pasalnya, smartphone yang berukuran lebih kecil dibanding PC atau laptop. Oleh karena itu, jenis gadget tersebut lebih mudah kemana dan kapan saja.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan meeting online melalui Zoom juga lebih fleksibel tempat dan waktunya. Namun demikian, terkadang pengguna Zoom di smartphone kurang percaya diri dengan nama serta foto profilnya.

Kamu yang merasakan hal yang sama dapat mengganti profil di Zoom tersebut. Lalu, bagaimana cara mengganti profil Zoom di smartphone yang direkomendasikan? Silahkan membaca uraian berikut.

  • Siapkan smartphonmemu terlebih dulu, lalu buka aplikasi Zoom yang sudah terinstal di dalamnya.
  • Setelah terbuka, klik menu Profile yang berada di bagian atas layar smartphonemu.
  • Selanjutnya, kamu klik Display Name untuk untuk mengganti nama profilmu. Kamu ketikkan saja nama baru di kotak yang disediakan. Jika sudah, klik OK agar nama profilmu yang baru bisa disimpan di Zoom.

Selanjutnya, kamu klik Display Name

  • Kamu juga ingin mengganti foto profil di Zoom, bukan? Langsung saja klik Profile Photo di bagian atas. Setelah itu, muncul pilihan mengganti foto. Kamu bisa mengklik Take Photo jika ingin menggunakan foto selfie saat itu juga.
  • Selain itu, kamu dapat memilih Choose Photo jika ingin menggunakan koleksi foto yang tersimpan di smartphonemu. Kamu pilih saja yang diinginkan asalkan fotonya keren dan layak dijadikan foto profil di Zoom.
  • Setelah memilih foto, kamu bisa mengatur ukuran dan posisinya di kotak yang disediakan. Jika sudah puas, klik saja Done agar foto profilmu yang baru bisa disimpan.
  • Selanjutnya, kamu dapat melakukan meeting online di Zoom dengan nama serta foto profil baru. Cukup mudah bukan cara menggantinya?

Ternyata, cara mengganti profil Zoom di PC, Laptop, ataupun smartphone cukup mudah dipraktikkan. Kamu bisa segera melakukannya jika ingin mengganti profil di Zoom. Selamat mencoba.