Cara Membuat Link WhatsApp

 

Buat kamu yang ingin menjalankan bisnis online di sosial media seperti Instagram, maka artinya kamu harus tahu gimana cara membuat link WhatsApp supaya bisa mengarahkan calon konsumen dari Instagram langsung ke chat Wa kamu.

Mungkin juga banyak dari kamu yang pernah melihat penjual yang memberikan link WhatsApp mereka di berbagai tempat jualannya. Mulai dari toko online sampai dengan akun sosial media seperti Twitter Instagram dan Facebook.

Sebagian orang mungkin akan beranggapan jika membuat link WhatsApp di Instagram merupakan pekerjaan yang merepotkan. Tapi sebenarnya jika kamu bisa membuatnya tidak akan membutuhkan waktu yang lama bahkan hanya beberapa langkah saja.

Cara Membuat Link WhatsApp

Untuk kamu yang belum tahu langkah-langkahnya. Berikut dibawah ini sudah saya berikan panduan cara membuat link WhatsApp:

1. Membuat Link WhatsApp

Membuat Link WhatsApp

Untuk membuat link WhatsApp sendiri kamu hanya membutuhkan URL yang akan mengarahkan langsung chat WhatsApp. Berikut dibawah ini merupakan Link yang dibutuhkan.

https://api.WhatsApp.com/send?phone= 

Kamu hanya perlu menambahkan nomor WhatsApp milik kamu atau tujuan di bagian belakang. Berikut ini contohnya:

https://api.WhatsApp.com/send?phone=62813456789

Apabila seseorang atau calon konsumen mengklik link atau membuka link seperti diatas nantinya secara otomatis WhatsApp akan terbuka dan mengarahkan langsung ke chat dengan nomor tujuan yang sesuai dengan link tersebut.

Pastikan nomor WhatsApp yang dipasang di link WhatsApp memakai kode negara tujuan. Contohnya nomor Indonesia menggunakan 62 serta hilangkan angka 0 pada bagian awal nomor.

2. Membuat Link WhatsApp Dengan Teks

Membuat Link WhatsApp Dengan Teks

Cara membuat link WhatsApp selanjutnya adalah dengan menggunakan Teks. Berikut dibawah ini merupakan format link WhatsApp dengan menggunakan teks:

Sebuah pesan teks pada link WhatsApp akan sangat efektif, apabila kamu mau calon konsumennya menghubungi kamu untuk menanyakan produk yang kamu jual.  Contohnya pesan otomatis seperti, Halo saya mau bertanya terkait dengan produk A, apakah stok masih ready?

Maka untuk kode link WhatsApp akan seperti dibawah ini:

Penting untuk kamu tahu jika format di dalam link WhatsApp wajib memakai %20 sebagai spasi, serta %0A untuk memberikan enter ataupun baris baru.

Pada saat calon konsumen membuka link tersebut nantinya secara otomatis aplikasi WhatsApp akan terbuka dan membuat pesan baru dengan nomor tujuan serta pesan teks yang sesuai dengan format link tersebut.

Kalau kamu ini memakai link WhatsApp dengan teks, maka calon konsumen kamu tidak perlu Lagi mengetik pesan WhatsApp. Cukup dengan merubah format dari URL di atas sesuai dengan keinginan kamu.

Atau, kamu juga dapat menambahkan link WhatsApp ke profil akun sosial media dan toko online supaya lebih mudah untuk dijumpai calon pembeli.

Apabila kamu memakai toko online sendiri maka sisipkan link tersebut ke dalam kode html dengan menggunakan gambar supaya lebih menarik calon pembeli.

Baca juga: GB WhatsApp Pro Mod Apk

3. Membuat Link WA di Bitly

Sesudah kamu tahu bagaimana cara membuat link WhatsApp dengan panduan diatas, mungkin sebagian orang berpikiran jika link yang dihasilkan cukup panjang. Namun kamu jangan khawatir, pasalnya kamu bisa memperpendek URL tersebut.

Bitly merupakan salah satu layanan untuk memperpendek URL yang saat ini cukup terkenal dibandingkan dengan layanan yang lain. Kamu bisa memakai layanan dari Bitly untuk memperpendek link WhatsApp, supaya terlihat lebih rapi dan pendek.

Adapun cara membuat link WA dengan Bitly sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka aplikasi web browser di perangkat yang kamu gunakan.
  • Kemudian kami buka halaman situs ini: https://bitly.com/ 
  • Setelah itu pastekan link WhatsApp yang sudah kamu buat di kolom bitly.

Setelah itu pastekan link WhatsApp yang sudah kamu buat di kolom bitly.

  • Tahap selanjutnya adalah klik tombol Shorten.
  • Sekarang link WhatsApp sudah berubah menjadi lebih pendek dan rapi.
  • Tahap terakhir adalah klik tombol copy untuk menyalin URL bitly kamu.

Setelah kamu berhasil merubah link WhatsApp menjadi bitly, sekarang kamu bisa memakai link tersebut sesuai dengan kebutuhan. Link WhatsApp tersebut tetap bisa mengarahkan calon konsumen yang membukanya ke aplikasi WhatsApp.

Jika kamu mau mencoba layanan penyingkat link WhatsApp selain bitly silahkan kamu cari beberapa referensi di internet yang layanan hampir sama dengan bitly.

4. Membuat Link WA di Instagram

Setelah kamu tahu cara memperpendek link WhatsApp memakai chord ini sekarang kamu bisa menyisipkan link WhatsApp tersebut kedalam profil akun Instagram.

Berikut dibawah ini merupakan cara membuat link WhatsApp di Instagram:

  • Pertama kamu buka terlebih dahulu aplikasi Instagram di ponsel yang kamu gunakan.
  • Setelah itu kamu masuk ke menu profil Instagram
  • Kemudian kamu tekan opsi Edit Profil.
  • Silakan pastekan link WhatsApp ke dalam kolom website di profil Instagram kamu.

Silakan pastekan link WhatsApp ke dalam kolom website di profil Instagram kamu.

  • Tahap terakhir adalah tap ikon centang untuk menyimpannya dan selesai.

Kurang lebih seperti itu cara membuat link wa yang bisa kamu pakai untuk mengarahkan calon pembeli secara langsung dari sosial media Instagram menuju chat hanya dengan melalui URL saja.

Fitur seperti ini memang disediakan oleh pihak WhatsApp dengan tujuan supaya lebih gampang dalam memakai layanan aplikasi WhatsApp baik dalam hal personal ataupun untuk keperluan bisnis.

Kamu juga bisa memakai link WhatsApp secara gratis serta bisa mengaturnya sesuai dengan keperluan kamu. Teknik ini telah terbukti bisa dipakai.

Baca juga: Cara Membuat Baca Selengkapnya di WA tanpa Aplikasi

5. Membuat Link WA Secara Otomatis

Cara membuat link WhatsApp secara otomatis sangat mudah dilakukan kamu hanya membutuhkan rumus tertentu. Di sini kamu tidak perlu pusing-pusing akan cukup pakai cara otomatis aja.

Dijamin sangat mudah dan pastinya mempersingkat waktu. Untuk langkah-langkah silakan simak di bawah ini:

  • Pertama kamu sudah terlebih dahulu halaman ini: wizard.id
  • Silahkan kamu isi nomor HP di kolom yang tersedia dan isi chat WhatsApp otomatis yang kamu mau.

Silahkan kamu isi nomor HP di kolom yang tersedia dan isi chat WhatsApp otomatis yang kamu mau.

  • Setelah itu kamu cek di bagian preview. Pastikan semuanya sudah oke dan klik generate Link.
  • Selanjutnya kamu bisa menyalin Link yang telah disediakan oleh situs tersebut.
  • Selesai, apabila dibuka hasilnya akan langsung mengarah ke pesan di aplikasi WhatsApp.

6. Membuat Link WhatsApp Dengan Gambar

Cara membuat link WhatsApp terakhir yakni dengan memakai gambar. Dengan memakai gambar tentunya menjadi lebih menarik dan dipercaya sehingga bisa meningkatkan rasio konversi penjualan produk kamu.

Untuk langkah-langkah silahkan ikuti di bawah ini:

  • Pertama kamu Add media terlebih dahulu di WordPress.
  • Kemudian isi Alt Image serta deskripsi seperti biasa.
  • Kemudian kamu tambahkan di halaman postingan.
  • Apabila sudah silahkan klik logo Insert and Link di dashboard WordPress.

Apabila sudah silahkan klik logo Insert and Link di dashboard WordPress.

Kurang lebih seperti itu ulasan yang saya sampaikan mengenai cara membuat link WhatsApp dengan berbagai metode siapa. Silahkan kamu pilih salah satu metode di atas yang menurut kamu paling gampang tidak memakan banyak waktu. Kalau menurut kamu gimana apakah cara diatas atau masih bingung?