Cara Edit Foto di Instagram

Cara Edit Foto di Instagram-Selain dijadikan sebagai sharing platform, aplikasi Instagram juga telah menyediakan fitur edit foto yang bisa Anda gunakan oleh para penggunanya sebelum akhirnya membagikan postingan fotonya tersebut. Fitur ini akan sangat memungkinkan para penggunanya untuk bisa menghasilkan foto yang jauh lebih estetik dan menarik.

Nah, cara dalam mengedit foto menggunakan aplikasi Instagram ini juga cukup sederhana untuk dilakukan, sehinga akan lebih mudah dalam proses penggunaannya. Bahkan, aplikasi Instagram ini juga menyediakan filter yang bisa langsung diterapkan pada foto Anda tersebut.

Tentunya dengan fitur edit foto ini akan mempermudah Anda dalam menghadirkan foto yang jauh lebih baik dan menarik untuk di posting di akun Instagram Anda.

Namun sebelum itu, maka Anda perlu menyimak beberapa langkah atau cara edit foto di Instagram yang baik dan benar untuk bisa menghasilkan postingan foto terbaik.

edit foto di ig

Cara Mengedit Foto Menggunakan Aplikasi Instagram

Ada beberapa langkah yang bisa anda coba lakukan untuk bisa mengedit foto dengan menggunakan aplikasi instagram ini, diantaranya ialah sebagai berikut.

Unduh Aplikasi Instagram Terlebih Dahulu

Pertama, silahkan Anda buka aplikasi Instagram ini pada perangkat Anda. Jika belum memiliki aplikasi Instagramnya, maka silahkan Anda unduh dan install terlebih dahulu pada ponsel Anda melalui Google Play Store bagi pengguna Android maupun App Store bagi Anda yang menggunakan iOS.

Klik Lambang (+) di Tampilan Timeline

Setelah memiliki aplikasi Instagram ini pada perangkat Anda, maka silahkan masuk ke halaman utamanya atau timeline pada akun Instagram Anda. Namun, jika Anda belum memiliki akun Instagram, maka silahkan Anda buat akun terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan klik pada lambing (+) untuk menambahkan foto yang akan Anda edit tersebut.

Baca juga: Instander Apk

Ambil Foto yang Ingin Anda Edit

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengambil foto diri pada saat itu juga, atau bisa juga mengambil salah satu foto yang sudah ada pada perangkat Anda tersebut.

Jika sudah mengambil atau memilih foto, Anda juga dapat mengatur posisi dari objek foto terlebih dahulu dengan bantuan grid atau tampilan garis-garis yang sudah disediakan oleh aplikasi Instagram itu sendiri. Pengaturan ini sangat diperlukan agar bisa membuat foro terlihat jauh lebih simetris dan sejajar.

Setelah Anda mengatur posisi objek foto tersebut, maka bisa klik next yang ada pada sudut kanan atas tampilan dari aplikasi Instagram Anda.

Mulai Edit Foto

Nah, pada tampilan ini maka Anda sudah bisa mengedit foto tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda merupakan seorang pengguna yang masih awam dan masih belum terlalu percaya diri terhadap kemampuan editing yang Anda miliki, maka silahkan saja Anda pilih salah satu filter yang sudah disediakan oleh aplikasi Instagram ini.

Filter yang sudah disediakan oleh aplikasi Instagram ini cukup beragam dan dapat Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Filter ini tentu saja akan memudahkan Anda dalam proses edit foto agar hasilnya lebih terlihat menawan.

Jika memang Anda ingin mengedit foto Anda sendiri, maka silahkan pilih menu edit dan Anda pun bisa memulai untuk mengatur beberapa komposisi melalui filter yang sudah disediakan. Filter yang dimaksudkan diantaranya adalah filter  brightness, contrast, saturnation, adjust, dan lain sebagainya.

Filter yang sudah disediakan ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengedit foto agar hasilnya bisa lebih sesuai dengan keinginan Anda dan tentunya juga bisa terlihat lebih natural. Filter ini juga sangat beragam, sehingga tak jarang para pengguna yang masih awam akan sangat bingung dengan apa saja kegunaan dari masing-masing filter tersebut.

Baca juga: Filter Instagram Yang Bagus

Cari Tahu Fitur yang Akan Digunakan

Jika memang Anda masih bingung dengan kegunaan dari masing-masing filternya, maka Anda bisa browsing terlebih dahulu atau melihat tutorial tentang bagaimana cara edit foto yang benar dengan memaksimalkan beragam filter yang sudah disediakan oleh aplikasi Instagram ini.

Nah, setelah Anda memahami semua kegunaan dari beragam filter tersebut, maka proses edit pun akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Dimana foto yang Anda hasilkan pun akan jauh terlihat lebih estetik.

Anda juga bisa mengatur intensitas masing-masing dari efek maupun filter yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Namun, agar hasil foto bisa terlihat lebih natural, maka jangan pernah memasang efek atau filter pada tingkat yang maksimum. Anda pun bisa mengamati terlebih dahulu terhadap perubahan foto setelah Anda menambahkan efek maupun filter tersebut.

Setelah Anda mendapatkan hasil yang terbaik dan sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan, maka silahkan klik next. Jika foto sudah tampil di layar instagram, maka Anda pun bisa melengkapinya dengan menuliskan caption pada Instagram Anda yang mendeskripsikan akan foto Anda tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lokasi sekaligus menandai orang lain yang mungkin ada di dalam foto yang Anda unggah tersebut.

Baca juga: Ukuran Story Instagram

Akhir Kata

Itulah beberapa cara edit foto di Instagram yang bisa Anda coba untuk menghasilkan foto yang lebih menawan dan estetik. Jadi, selamat mengedit!