Cara Cek Saldo E-money

Hampir satu dekade terakhir  masyarakat Indonesia bahkan dunia sudah mulai jarang memakai uang tunai sebagai media transaksi, kebanyakan mereka sudah mulai menggunakan opsi lain sebagai media transaksi, salah satunya E-money.

E-money sendiri adalah salah satu media yang digunakan sebagai penyimpanan uang dalam bentuk kartu elektronik yang diisi uang untuk digunakan sebagai alat transaksi yang sah. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara cek saldo e-money.

Asal Mula E-money

Asal Mula E-money

E-money sekarang menjadi alat transaksi yang banyak digunakan, salah satu pengganti  dari mata uang yang kita kenal selama ini. Walaupun perbedaan antara e-money dengan uang real sangat terlihat tetapi tidak ada perbedaan nilai tukar antara e-money dengan uang real.

E-money sendiri lahir pada tahun 1960, dimulai dari perusahaan  IBM yang merupakan perusahaan computer terbesar bekerjasama dengan American Airlines menciptakan suatu sistem Semi-Automatic Busines Research Environment.

diketahui pada  tahun 1983, sebuah hasil penemuan yang dibuat oleh David Chaum seorang ilmuwan  merilis trobosan baru berupa uang digital. Kemudian diberi nama Digicash dan perusahaan pertamanya didirikan di belanda kota Amsterdam.

Jenis E-Money

Jenis E-Money

E-Money dibedakan menjadi dua jenis, berikut ini klasaifikasi dari e-money agar kamu dapat semakin paham, antara lain :

1. Prepaid Software

Prepaid software atau sering juga disebut dengan digital cash, Digital cash sendiri  merupakan e-money yang nilainya tersimpan dalam hard disk didalam sebuah komputer. Untuk proses pemindahan dana dengan melalui  internet.

2. Prepaid Card

Prepaid card sering juga disebut sebagai elektronic purches, merupakan e-money yang nilainya disimpan dalam sebuah chip yang ditanamkan pada sebuah kartu.

Flazz BCA merupakan contoh pertama kartu prepaid dari penggunaan E-Money. Sedangkan Mandiri E-Money merupakan prepaid card yang diterbitkan Bank Mandiri, Brizzi diterbitkan oleh bank BRI dan BNI Prepaid diterbitkan oleh Bank BNI.

Kamu  bisa menggunakan kartu ini di berbagai merchant yang berkerjasama dengan pihak Bank terkait. Selain beberapa bank di atas ada juga lembaga non perbankan yang ikut menerbitkan prepaid card, misalnya saja Telkomsel.

Penggunaan e-money ini tidak memerlukan adanya proses otorisasi seperti halnya pemakaian pin atau tanda tangan, karena e-money tidak berkaitan langsung dengan rekening nasabah yang ada di bank

Manfaat E-money

Manfaat E-money

Dengan memanfaatkan e-money, dapat memungkinkan kamu sebagai penggun layanan ini untuk  melakukan banyak transaksi secara mudah dan praktis. Berikut beberapa manfaatnya agar kamu sebagai pengguna semkain yakin menggunakan e-money :

  • Sangat praktis dan mudah dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran. Sehingga kamu sebagai penggunatidak perlu ribet untuk  menyiapkan uang tunai sebagai transaksi.
  • Bagi beberapa orang terkadang mendapat uang kembalian yang nominalnya kecil biasanya merasa ribet, dan hal ini dapat teratasi ketika mengunakan E-money.
  • Dapat dimanfaatkan secara fleksibel dalam penggunannya, sangat cocok untukpembayaran umum yang nilainya kecil dengan frekuensi tinggi, salah satu contohnya ketika kamu ingin membayar biaya tol.

Kelebihan dan Kekurangan E-money

Penggunaan E-money sangat rekomendasi terutama dimasa pandemi seperti ini, karena uang tunai secara tidak langsung sebagai benda yang berpindah dari tangan ke tangan, selain itu berikut adalah beberapa kelebihan jika kamu menggunakan E-money :

1. Kelebihan E-money

Kelebihan dan Kekurangan E-money

  • Telah disediakan alat khusus untuk kartu e-money tersebut. Jadi kamu tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk keperluan transaksi.
  • Management yang dikelola dengan mesin dan teknologi vanggih jadi kamu idak perlu khawatir karenatransaksi menjadi lebih akurat.
  • Kamu juga tidak perlu menunggu uang kembalian karena jumlah nominal akan berkurang sebanyak jumlah uang yang diperlukan.
  • Kamu tidak perlu untuk mengingat uang yang telah kamu gunakan.karena telah disediakan database yang dapat merekap seluruh transaksi kamu.

2. Kekurangan E-money

Kelebihan dan Kekurangan E-money

Harus diakui di Indonesia, perkembangan teknologi sangat cepat, namun, tidak semua orang dapat mengikutinya, peralihan generasi dengan pemahanan akan teknologi yang sangat lambat menjadi faktor yang menjadi kendala tidak semua mau memakai E-money.

Berikut telah dirangkum beberapa kekurangan penggunaan E-money:

  • Rentan untuk diretas atau dihack karena menggunakan sistem elektronik dan internet.
  • Jika terjadi kesalahan software, resiko terburuk adalah data akan hilang.
  • Kamu masih harus menyiapkan uang tunai saat bepergian, karena tidak semua tempat memiliki alat untuk kebutuhan transaksi E-money.
  • Jikakehilangkan kartu, kemungkinannya adalah uang yang ada dan tersimpan dalam e-money akan hilang, kamu perlu mengurusnya ke Bank terkait.

Baca juga: Monetary Telkomsel

Cara Cek Saldo E-money Mandiri

Cara Cek Saldo E-money Mandiri

Untuk mengecek saldo e-money, kamu hanya perlu internet sebagai media utama, biasanya disebut internet banking. Atau bisa juga dengan mobile banking, dan menggunakan mesin ATM.

Berikut adalah  Cara cek saldo E-money  menggunakan  Internet Banking :

  • Buka layanan Internet Banking Mandiri, ketikkan bankmandiri.co.id di browser smartphone atau PC yang kamu miliki.
  • Selanjutnya kamu akan disuruh login dengan User ID dan PIN.
  • Ketika sudah login dan menunnukan tampilan menu utama, pilih uang elektronik dan masuk ke menu Mandiri e-money.
  • Selanjutnya pilih menu Informasi Saldo.
  • Masukkan 16 digit nomor e-money
  • Informasi tentang sisa saldomu akan muncul dan dapat diketahui langsung.

Cara Cek Saldo E-money dengan Mobile Banking

Cara Cek Saldo E-money Dengan Mobile Banking

Untuk Cara Cek Saldo e-money dengan mobile banking, kamu perlu mendownload aplikasi Mandiri e-money terlebih dahulu lewat Google Play Store atau Apple Store

Setelah mendownloadnya, buka aplikasinya dan langsung login ke akunmu dengan PIN yang kamu miliki.

Selanjutnya  tempelkan kartu e-money pada bagian belakang layar smarttphonemu, lewat scan dari smartphone ke kartu e-moneymu tersebut maka otomatis sisa saldo e-money akan muncul dalam aplikasi tersebut.

Cara Cek Saldo E-money Dengan Mesin ATM

Cara Cek Saldo E-money Dengan Mesin ATM

Cara terakhir  cara cek saldo e-money dengan mesin ATM sebagai medianya, kamu dapat pergi ke tempat terdekat yang tersedia mesin ATM. Berikut adalah langkah yang harus kamu ikuti :

  1. Tekan tombol hijau yang terdapat pada bagian mesin ATM.
  2. Pilih menu Mandiri e-money.
  3. Tempelkan kartu e-money pada gambar e-money yang tersedia pada mesin ATM.
  4. Pilih Informasi Saldo.
  5. Sisa saldo akan otomatis muncul dan dapat kamu ketahui dilayar ATM.

Masyarakat Indonesia Menuju Generasi Cashless Society

Masyarakat Indonesia Menuju Generasi Cashless Society

Pemberlakuan wajib menggunakan e-toll  dengan media e-money sebagai transaksi pada 31 Oktober 2017, menjadikan mobilitas lebih cepat dan praktis. kamu tidak perlu mengantri panjang untuk mengurus uang kembalian.

Terlebih sekarang sudah ada tongkat tol, yaitu alat seperti tongsis  dengan ujung yang memiliki tempat menyelipkan kartu e-toll sehingga memudahkan pengguna ketika tap in maupun tap out di gerbang tol. Selain tol pembayaran transjakarta juga menerapkannya

Hal Ini dapat menjadi gambaran pelayanan publik yang mengikuti perkembangan teknologi.  Sebagai generasi milenial, kita harusnya mendukung kebijakan ini, agar semakin cepat terwujudnya Cashless Society di Indonesia untuk kemajuan bersama.

Baca juga: Kode Bank BSI Terbaru 2021

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai cara cek saldo e-money dan informasi lain seputar e-money, yuk kita coba sistem pembayaran elektronik ini dengan beralih ke e-money untuk terwujudnya Generasi Cashless Society di Indonesia.