Aplikasi Kompres Video

 

Aplikasi Kompres Video-Saat ini konten video semakin merambah dan kreatif sehingga kamu jika ingin menghasilkan video berkualitas harus mengedit sedemikian rupa. Tak hanya itu, agar video tampak lebih menarik dan bisa dinikmati banyak orang maka ukurannya harus diperkecil dengan aplikasi kompres video.

Biasanya beberapa platform media sosial membatasi ukuran video yang bisa dishare. Contohnya saha Gmail yang tidak boleh lebih dari 25 MB maupun WhatsApp dengan batasan 16 MB saja.

Selain bisa digunakan untuk mengirim video melalui beberapa sosial media dengan mudah. Keuntungan lainnya yaitu video ini tidak akan membuat perangkat kamu berat karena ukuran video yang disimpan tidak besar.

Rekomendasi Aplikasi Kompres Video

Beberapa rekomendasi aplikasi untuk kompres video yang akan disebutkan di bawah ini akan membantu kamu dalam mengecilkan ukuran file video. Perangkat yang disiapkan bisa apa saja, iOS, Android, PC, atau Laptop.

1. Smart Video Compressor

Smart Video Compressor

Smart Video Compressor yang memperoleh rating 4,6 di Google Play Store secara gratis ini memiliki keunggulan yang ditawarkan yaitu mampu mengecilkan file dengan cepat dan sederhana.

Bahkan bagi pengguna yang ingin melakukan kompres video HD maka bisa mengurangi ukuran hingga 70% sampai dengan 80%. Sedangkan, untuk kriteria video yang dapat dikompres adalah file berukuran 720p, VGA, serta video kualitas rendah.

2. Compress Videos & Resize Videos

Compress Videos dan Resize Videos

Terdapat satu lagi aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk melakukan kompres video yaitu Compress Videos & Resize Videos. Meskipun tujuan dari penggunaan aplikasi adalah untuk mengurangi ukuran namun kualitas video masih tetap terjaga meskipun sudah dikompres hingga 80%.

Untuk aplikasi ini bisa digunakan pada iPhone dan iPad sehingga akan membantu dalam mengosongkan ruang iOS kamu.

Cara menggunakan aplikasi ini bisa dibilang cukup mudah karena hanya membuka aplikasi, kemudian memilih video atau kategori lain yang tersedia, lalu untuk mengompres tinggal klik tombol Next.

Setelah itu, pengaturan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol kompres sehingga prosesnya bisa langsung berjalan. Setelah selesai, pastinya video yang sudah dikecilkan ukurannya tersebut akan tersimpan pada album video terkompresi.

Selain cara menggunakannya yang cukup mudah, Compress Videos & Resize Videos ini memiliki user interface sederhana serta mendukung banyak format video. Selain mengompres video, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengubah video menjadi audio loh.

3. Video Transcoder

Video Transcoder

Aplikasi yang bersifat open source serta bebas iklan adalah pilihan terbaik. Contohnya saja, aplikasi kompres video yang mengusung tema tersebut adalah Video Transcoder. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini akan memberikan pengalaman menyenangkan dalam mengkompres file video kamu.

Cara menggunakannya juga sama seperti aplikasi serupa lainnya yang cukup memilih video dan mengompresnya. Akan tetapi, yang membedakan adalah pada Video Transcoder kamu bisa mengatur parameter seperti codec, FPS, kecepatan bit, resolusi, serta audio pada video yang dikompres.

4. Video Dieter 2

Video Dieter 2

Jika ingin menggunakan aplikasi untuk kompres video namun yang tetap memiliki banyak fitur maka sangat direkomendasikan menggunakan Video Dieter 2. Meskipun memiliki banyak fitur, aplikasi unggul ini sangat ringan karena hanya memiliki ukuran 2,2 MB.

Fitur yang dimiliki pada aplikasi ini adalah penerapan filter video yang disediakan sekitar 24 filter berbeda. Untuk pilihan kompresnya memiliki 3 kategori yaitu kualitas video rendah, sedang, atau tinggi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini.

Sayangnya, untuk Video Dieter 2 ini di dalamnya masih memiliki iklan yang muncul meskipun bisa didapatkan secara gratis. Selain itu, banyak fitur yang terkunci dan jika ingin membukanya maka harus merekomendasikan aplikasi terlebih dahulu kepada pengguna lainnya.

5. Video Slimmer

Video Slimmer

Video Slimmer merupakan aplikasi untuk kompres video namun juga bisa digunakan untuk mengedit video. Contoh fitur di dalamnya untuk proses editing yaitu memotong, merotasi, sampai dengan menggabungkan video.

Untuk aplikasi ini memiliki kemampuan pemrosesan batch yang sangat bagus sehingga pengguna dapat melakukan ekspor video dengan waktu yang cukup cepat.

Jika menggunakan aplikasi ini maka pengguna dapat mengosongkan ruang hingga 80%. Video Slimmer sangat berguna bagi pengguna karena bisa memilih untuk menghapus video asli atau menambahkan salinan editing video ke penyimpanan perangkat.

Cara menggunakannya cukup mudah karena tinggal memilih video, diupload pada menu utama, kemudian diklik tombol Slim Now dan proses kompres akan berjalan. Selain itu, setelah mengurangi ukuran video bisa langsung dibagikan ke media sosial lebih cepat.

Baca juga: Cara Mempercepat Video di Filmora

6. Video Compress – Shrink Vids

Video Compress Shrink Vids

Bagi yang menggunakan perangkat Apple maka bisa menggunakan Video Compress – Shrink Video yang sudah memiliki rating 4,5 di App Store. Jika menggunakan aplikasi kompres video ini maka pengguna bisa mengompres satu file, dua file, atau lebih banyak file lagi.

Kekuatan kompres yang dimiliki cukup kuat karena juga bisa disesuaikan dengan pemilihan bit rate atau resolusi file dahulu.

Terdapat fitur pratinjau untuk memeriksa kualitas dari gambar sebelum dilakukan kompres video. Dan juga untuk fitur lainnya adalah menghapus video asli saat sudah selesai proses kompres sehingga bisa langsung menghemat ruang penyimpanan.

7. VidCompact

VidCompact

VidCompact diklaim bahwa sudah diunduh lebih dari 100 juta kali serta memiliki banyak fitur untuk editing video. Contoh dari fitur yang terdapat di dalamnya adalah pemotongan video, kompres video, rename, dan masih banyak lagi.

Untuk proses menggunakannya cukup mudah yaitu dengan memilih Trim and Compress, lalu memilih video yang ingin dikompres dari sub-folder, menentukan resolusi yang diinginkan, kemudian kompres.

Keunggulan yang dimiliki adalah kamu bisa melakukan pemotongan video bahkan saat proses kompres sedang berjalan. Selain itu, bagian terbaiknya adalah tidak banyak iklan yang muncul dan tidak terdapat versi berbayar sehingga VidCompact bisa digunakan secara gratis.

8. Any Video Converter

Any Video Converter

Salah satu aplikasi kompres video yang sangat populer digunakan oleh pengguna adalah Any Video Converter. Aplikasinya memberikan kemudahan mengompres hanya dengan cara drop and drag file, memilih parameter kompres, dan dijalankan.

Bahkan jika mendownload aplikasi Any Video Converter maka bisa membantu kamu untuk mengunduh video dari Youtube maupun Netflix. Keunggulan lainnya adalah sudah didukung oleh NVIDIA NVENC encoding sehingga dapat dipercepat bersama dengan pengunduhan video 4K yang sangat bagus.

Baca juga: Apk Edit Video Terbaik

9. Video Compressor & Editor

Video Compressor Editor

Aplikasi kompresor video satu ini dikembangkan khusus untuk iOS yang memiliki user interface sangat sederhana dan mudah digunakan, Meskipun begitu, untuk file yang dikompress masih memiliki kualitas yang sangat baik.

Bahkan video kamu bisa diedit sederhana dengan fitur pemotongan, pemangkasan pemisahan, digabung, bahkan diubah rotasinya. Sedangkan, untuk resolusi pilihannya sendiri yang disediakan adalah file H264 serta HEVC.

10.  Video Compress – Video Shrink Size and Extract Audio

Video Compress Video Shrink Size and Extract Audio

Seperti nama yang dikenalkan, aplikasi ini akan membantu pengguna dalam kompres video hingga 80% serta mengubahnya ke file audio. Selain itu, tidak perlu khawatir karena meskipun dikompres, kualitasnya masih akan terjaga secara baik.

Baca juga: Aplikasi Edit Video PC

Untuk dapat menggunakan aplikasi kompres video secara maksimal maka kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan saat ini. Jangan lupa, untuk melihat terlebih dahulu spesifikasi perangkat yang bisa digunakan untuk masing-masing rekomendasi aplikasi kompresor untuk video di atas.