Aplikasi Kasir Android dan PC Terbaik Untuk Toko Sembako

Point of Sale (POS) merupakan sebutan untuk aplikasi kasir yang banyak digunakan oleh bisnis sebagai pencatatan keuangan khususnya penjualan. Menggunakan aplikasi semacam ini akan membantu kamu dalam mengetahui dan merencanakan perputaran keuangan bisnis.

Untuk menggunakannya pastinya tidak perlu menunggu bisnis besar terlebih dahulu karena dimulai sejak awal bisnis dibuka akan semakin baik lagi.

Jika bisa menggunakan cara yang otomatis dan komputerisasi mengapa masih menggunakan cara manual untuk mencatat transaksi?

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terpercaya

Jika berbicara mengenai bisnis maka pastinya ingin mendapatkan sesuatu yang murah namun dapat memberikan keuntungan yang banyak. Contohnya saja saat ini sudah banyak aplikasi untuk kasir yang bisa digunakan secara gratis namun memiliki kualitas yang baik, mudah digunakan, aman, dan cepat.

Untuk beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh kasir kamu di suatu toko atau warung yang baru maka bisa menggunakan salah satu di bawah ini:

1. MokaPOS

MokaPOS

Rekomendasi pertama adalah MokaPOS yang bisa digunakan secara online dan berbasis cloud di Indonesia. Bahkan untuk menggunakannya bisa melalui aplikasi berbasis Android dan iOS.

Fitur yang dimiliki MokaPOS seperti daftar menu, menambahkan harga, update stok barang, serta laporan transaksi dari pembeli. Karena berbasis cloud maka dapat dipantau dengan secara realtime baik secara online maupun offline.

Saat menggunakan aplikasi ini maka kemudahan pembayaran melalui cashless dapat dilakukan seperti OVO, Gopay, DANA, LinkAja, Kredivo, akulaku, serta WeChatPay.

2. ProfitCentre

ProfitCentre

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi berbasis PC pada bisnismu maka bisa menggunakan ProfitCentre di bagian kasir. Bisa digunakan secara gratis dalam Windows, sayangnya tidak bisa digunakan pada smartphone atau MacBook.

Sedangkan, untuk fitur-fitur yang dimiliki seperti update gratis, free support, memiliki support currency (mata uang asing), dan masih banyak lagi yang berfokus pada pelayanan kasis pada bisnis.

3. Kasir Pintar Free

Kasir Pintar Free

Dilihat dari namanya saja aplikasi ini Free alias gratis dan bebas digunakan. Namun, untuk dapat menggunakannya maka harus bermodalkan koneksi internet dan smartphone karena aplikasi Kasir Pintar Free hanya bisa digunakan pada smartphone saja namun tetap berbasis cloud.

Untuk fitur unggulan berbeda dari aplikasi sebelumnya adalah scan barcode sehingga bagi pembeli yang ingin menggunakan dompet digital bisa memanfaatkan fitur unggulan ini dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Management Trainee

4. VendHQ

VendHQ

Untuk selanjutnya akan dikenalkan dengan aplikasi komputer khusus untuk kasir yang  bisa digunakan secara online. Nama dari aplikasi kasir tersebut adalah VendHQ yang cocok digunakan untuk bisnis baru skala kecil dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak dan beragam.

Sangat cocok bagi kamu yang baru saja memiliki bisnis kecil dengan fokus produk itu-itu saja. Aplikasi ini mudah digunakan atau user-friendly sehingga bisa dikatakan sangat mudah bagi para pembuka bisnis baru.

Berbicara mengenai VendHQ, fitur unggulan yang dimilikinya adalah penyimpanan cloud berbasis online, penyimpanan offline, CRM, inventaris, loyalty, dan masih banyak lagi yang bisa digunakan untuk bisnis kamu.

5. Kasir Toko Portable

Kasir Toko Portable

Untuk aplikasi yang akan dikenalkan selanjutnya adalah Kasir Toko Portable yang bisa digunakan pada gadget Android. Saat pertama kali masuk ke dalam aplikasi maka akan melihat desain yang sangat sederhana, praktis, dan mudah untuk dioperasikan.

Bagi para pemilik bisnis baru pastinya akan sangat nyaman menggunakannya karena tidak akan membuat bingung. Pencatatan transaksi yang dihasilkan juga mudah dibaca sehingga cocok untuk bisnis Food & Beverage, Bengkel, Apotik, Toko Kelontong, Toko Fashion, dan masih banyak lagi.

6. Keyhut

Keyhut

Apakah kamu pernah melihat BIOS lama pada Windows, nah jika iya maka aplikasi Keyhut ini akan mengingatkanmu pada BIOS tersebut. Yang membuatnya sangat mirip adalah karena jenis font serta background yang dimi;iki sangat mirip.

Aplikasi ini berbasis desktop yang memiliki banyak fitur unggulan seperti CRM, pelacakan ada inventaris, pelaporan penjualan, serta yang berbeda dari aplikasi lain adalah manajemen karyawan.

Fitur manajemen karyawan tersebut pastinya sulit ditemukan pada aplikasi kasir gratisan atau tidak berbayar. Namun, jika sudah nyaman dengan aplikasi Keyhut dan bisnis semakin berkembang maka bisa menikmati fiturnya yang lebih lengkap dengan paket versi berbayarnya.

Baca juga: Pengertian Manajemen

7. Olsera POS

Olsera POS

Bagi toko yang memiliki gadget Android saja untuk bagian kasir maka bisa menggunakan Olsera POS. Aplikasi dengan basis cloud ini sama seperti aplikasi sebelum-sebelumnya yang bisa digunakan pada Android.

Kamu bisa mengakses darimana saja untuk transaksi penjualan yang sedang terjadi di toko kamu. Selain itu, Olsera POS mendukung adanya penyimpanan offline sehingga saat kamu terhubung dengan internet maka seluruh data yang tersimpan akan otomatis sinkronisasi dengan penyimpanan cloud.

8. Chromis POS

Chromis POS

Jika ingin menggunakan aplikasi berbeda yang dapat digunakan pada perangkat Windows, Linux, atau mac OS, maka bisa menggunakan aplikasi khusus komputer yang bernama Chromis POS.

Tampilan yang diberikannya sangat sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, yang lebih menarik adalah display foto menu atau barang dagangan akan terpampang sidana sehingga tinggal sekali klik saja untuk mencatat transaksi penjualan yang dilakukan.

Bagi yang memiliki bisnis kecil-kecilan seperti makanan, cafe, resto, coffee shop, minuman, serta franchise kecil sangat cocok menggunakannya. Terlebih jika beberapa macam barang yang dijual sedikit atau tidak banyak sehingga memudahkan memasukan gambar pada display.

9. Omega POS

Omega POS

Selanjutnya aplikasi yang direkomendasikan dan dapat digunakan secara maksimal adalah Omega POS yang berbasis mobile bagi pengguna android.

Kelebihan yang dimiliki oleh Omega POS ini adalah bisa diintegrasikan pada modul accounting serta inventory produk sehingga akan menghasilkan pencatatan mudah serta memberikan pelaporan yang bisa dipahami oleh pengguna.

Untuk fitur yang dimilikinya adalah dengan adanya analisa perilaku pelanggan yang jarang ada di aplikasi kasir lainnya. Analisa perilaku pelanggan tersebut akan berbentuk data mengenai kebutuhan setiap pelanggan yang ada di toko kamu.

Namun, aplikasi Omega POS ini hanya bisa kamu gunakan selama 14 hari secara gratis, sedangkan jika ingin menggunakannya kembali maka harus membayar biaya bulanan. Dan untuk fitur premium lainnya bisa digunakan saat kamu sudah melakukan berlangganan aplikasi.

10. TruePOS

TruePOS

TruePOS adalah aplikasi terakhir yang akan direkomendasi bagi bisnis kamu secara gratis. Untuk fitur yang dimilikinya seperti sistem terintegrasi sehingga bisa menyambungkan ke beberapa perangkat berbeda.

Dengan begitu, proses controlling akan semakin baik lagi dan bahkan ini berbeda dari aplikasi gratisan untuk kasir pada umumnya. Sedangkan, untuk fitur lainnya sama seperti aplikasi pada umumnya sehingga mampu membuat kinerja kasir lebih baik lagi.

Namun, jika usaha kamu sudah cukup besar dan memiliki barang yang banyak maka dapat menggunakan versi berbayarnya sehingga fitur yang dapat digunakan lebih kompleks lagi.

Baca juga: Cara Top Up ShopeePay

Akhir Kata

Memang menggunakan aplikasi secara gratis merupakan keuntungan tersendiri apalagi untuk bagian kasir yang merupakan bagian penting perusahaan. Akan tetapi, akan lebih mudah lagi jika mendapatkan fitur terbaik dengan sistem berbayar karena lebih premium.