Aplikasi Fidusia Online

Aplikasi Fidusia Online – Aktivitas masyarakat saat ini sudah dibantu dengan kecanggihan teknologi dan jaringan internet yang berkualitas. Bahkan seperti aktivitas pengalihan hak kepemilikan suatu benda atau fidusia sudah dipermudah dengan menggunakan aplikasi fidusia online.

Aplikasi ini pastinya akan membantu kamu sehingga lebih mudah dan cepat dalam pembuatan akta jaminan fidusia online notaris.

Untuk dapat menggunakannya pastinya kamu harus memahami seputar aplikasi ini terlebih dahulu agar lebih lancar dalam mengatasi permasalahan pengalihan hak kepemilikan suatu benda tertentu.

Overview Aplikasi Fidusia Online

Overview Aplikasi Fidusia Online

Sudah sedikit dijelaskan bahwa aplikasi ini adalah website untuk mengurus fidusia atau pengalihan hak kepemilikan suatu benda yang dilakukan secara online. Terobosan ini dilakukan oleh Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham.

Dengan menggunakan fasilitas ini maka pelayanan jasa hukum pada bidang fidusia bisa diharapkan lebih akurat, cepat, serta bebas dari pungutan liar (pungli) yang akan memberatkan masyarakat luas.

Selain itu, jika menggunakan aplikasi ini maka sertifikat jaminan fidusia bisa diproses dan dicetak dalam waktu yang sangat singkat, cepat, serta prosesnya mudah. Tak hanya itu, karena aplikasi ini akan mengirit biaya yang biasanya digunakan untuk pengurusan, perjalanan, dan lainnya.

Sebelum adanya fasilitas online ini biasanya untuk proses secara offlinenya memakan waktu sampai dengan berbulan-bulan agar bisa menyelesaikan fidusia. Sedangkan, jika melalui fasilitas online hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit saja dan prosesnya berhasil dilakukan.

Dengan begitu, maka kinerja notaris akan lebih efektif serta pembebanan biaya yang akan dilakukan hanya pada pembuatan akta terhadap perusahaan pembiayaan saja. Pembayaran biaya fidusia yang mahal sekarang tidak akan terjadi lagi.

Baca juga: Ukuran Kartu Nama

Diharapkan dengan adanya aplikasi online seperti ini maka notaris akan lebih melek akan teknologi dan tidak memegang cara kuno. Juga, pada masa pandemi seperti ini diharapkan dalam pengurusan bisa dilakukan di rumah saja tanpa datang ke kantor dan mengantri dalam waktu lama.

Fitur-Fitur Aplikasi Fidusia Online

Jika berbicara mengenai aplikasi website maka kamu juga pasti mencari apakah fitur-fitur yang disediakan sehingga bisa digunakan secara maksimal. Selain itu, fitur-fitur yang dikembangkan ini akan memberikan kemudahan bagi para pengguna.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan, seperti:

1. Pengecekan

Pengecekan

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan kegunaannya adalah fitur pengecekan yang memang sangat berguna. Pada aplikasi ini fitur pengecekan seperti nomor pendaftaran, alamat penerima, nama & jenis fidusia, waktu pendaftaran, nomor akta, nama notaris, tanggal akta, serta area kantor wilayah.

Bisa dikatakan bahwa fitur ini memiliki kelengkapan tersendiri sehingga banyak digunakan dan dimanfaatkan. Pastinya jika melihat fitur pengecekan kamu akan dapat melihat progress atau perkembangan dari fidusia yang sedang kamu ajukan.

2. Tanggal Terdaftar Objek Jaminan Fidusia

Tanggal Terdaftar Objek Jaminan Fidusia

Jika melihat pada fitur ini maka kamu dapat mengetahui waktu objek fidusia didaftarkan. Tanggal objek jaminan fidusia itu sendiri dapat dihitung dari tanggal input atau tanggal cetak pada sertifikat jaminan fidusia yang sudah didaftarkan tersebut.

Tanggal ini merupakan tanggal yang penting karena dengan mengetahui tanggal tersebut maka kamu dapat dengan mudah memperkirakan kapan selesainya objek fidusia tersebut menyelesaikan prosesnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pada suatu aspek yang penting karena banyak hal yang bisa terjadi pada saat kurun waktu di antara setiap prosesnya seperti tanggal penerimaan berkas, tanggal pembuatan akta, tanggal input, tanggal pembayaran PNBP, serta tanggal terbitnya sertifikat.

Meskipun tidak membutuhkan waktu lama akan tetapi sangat penting untuk mengetahui kurun waktu yang sedang terjadi saat dilakukan proses fidusia melalui aplikasi online.

3. Jenis-Jenis Transaksi

Jenis-Jenis Transaksi

Beberapa jenis transaksi fidusia dapat dikelompokkan tersendiri. Contohnya saja seperti jenis transaksi fidusia online seperti pendaftaran, perubahan, daftar transaksi, serta pencarian objek fidusia. Beberapa jenis transaksi yang disebutkan di atas bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dan semua jenis transaksi tersebut dapat dengan maksimal dimanfaatkan akan tetapi pada menu perubahan, proses pembuatan dalam aplikasi masih terus berjalan. Selain itu, pada menu pencarian objek juga sudah disediakan sistem yang harus memasukkan berbagai nomor sertifikat jaminan.

Baca juga: Roaming Data

Akan tetapi, dalam daftar transaksi tersebut juga masih terdapat menu pencarian yang menggunakan nomor registrasi dari transaksi yang dilakukan oleh username yang bersangkutan.

4. Layanan Aplikasi

Layanan Aplikasi

Pada layanan aplikasinya sendiri saat pertama kali dibuka akan terdapat empat pilihan yaitu notaris, ritel, korporasi, dan kanwil. Dapat disimpulkan bahwa tidak hanya notaris saja yang bisa menggunakan fidusia online ini.

Namun, tetap saja seluruhnya bisa masuk ke bagian masing-masing sesuai dengan kebutuhannya. Untuk melakukan fidusia online maka yang bisa melakukan adalah notaris pada pilihan notaris itu sendiri.

Cara Input Data Online di Aplikasi Fidusia

Cara Input Data Online di Aplikasi Fidusia

Jika ingin melakukan input data di aplikasi ini caranya cukup mudah dan bahkan kamu tidak perlu melakukan penginputan yang banyak. Hal yang harus dilakukan adalah dengan melalui box yang telah disediakan oleh sistem untuk melakukan input data.

Peraturannya sendiri saat melakukan input data adalah menyesuaikan jumlah karakter yang mana maksimal yang bisa kamu tuliskan yaitu maksimal 1000 karakter saja.

Cara Penghapusan Fidusia pada Aplikasi Online

Cara Penghapusan Fidusia pada Aplikasi Online

Bahkan jika kamu ingin melakukan penghapusan atau roya fidusia juga bisa menggunakan aplikasi online ini dengan cara di bawah ini:

  • Kamu bisa mengunjungi situs resmi dari fidusia yaitu di website https://bit.ly/2ZdmG5C.
  • Setelah itu kamu akan masuk ke halaman utama dan bisa klik icon Notaris.
  • Kamu bisa login terlebih dahulu dengan menggunakan user ID dan password dari akun fidusia.
  • Klik Saya bukan robot untuk melakukan reCaptcha kemudian bisa langsung klik tombol Masuk.
  • Lanjutkan dengan pengisian form penghapusan yang memiliki dua kategori yaitu Form Data Baru dan Form Data Lama.
  • Saat form data sudah kamu isi secara keseluruhan dengan benar maka bisa melakukan klik Proses agar proses penghapusan data berjalan.
  • Nantinya, akan muncul form isian roya data lama dengan beberapa kolom-kolom yang wajib diisi.
  • Isilah seluruh box isian tersebut dengan benar dan cermat sehingga tidak meninggalkan satu pertanyaan satupun.
  • Selanjutnya, klik tombol Proses untuk bisa memproses data tersebut, jika muncul konfirmasi maka lakukan klik OK.
  • Nantinya akan muncul kembali Konfirmasi Data bahwa proses berhasil dilakukan.
  • Jika ingin melakukan cetak surat penghapusan melalui menu daftar transaksi maka setelah itu klik tombol OK.
  • Form isian roya data lama tersebut akan muncul pada halaman browser.
  • Kamu dapat klik tombol Cetak Surat Penghapusan agar dapat diprint dan disimpan untuk hard

Dengan begitu, proses penghapusan atau roya fidusia pada aplikasi fidusia online sudah bisa dilakukan dan dikatakan berhasil. Sangat mudah bukan untuk caranya bahkan kamu tidak perlu melakukannya secara offline yang mungkin memakan banyak waktu, tenaga, serta biaya.

Baca juga: Cara Tarik Data Siswa Baru Dapodik 2022

Menggunakan cara yang efektif ini diharapkan seluruh prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan lebih memudahkan pekerjaan notaris. Selain itu, perkembangan zaman tetap diikuti agar tidak tergolong dalam orang yang tidak dapat memanfaatkan proses kecanggihan teknologi.