Ukuran Video Youtube

Ukuran Video Youtube – Media hiburan saat ini sangat banyak sekali jumlahnya. Untuk media hiburan berupa video, Youtube adalah salah satunya. Platform ini menyediakan layanan berupa video blog atau situs berisi video yang diunggah oleh pemilik channel.

Biasanya channel tertentu akan memberikan konten yang khas dari channel tersebut. Konten kreator ternama juga punya ciri khas masing-masing pada setiap video yang diunggah.

Video memasak, jalan-jalan, game, konten lucu serta konten horor pun tersedia pada platform Youtube ini. Jika ingin melihat tingkah seseorang yang unik, kalian juga bisa menontonnya dan mengikuti channel orang tersebut.

Intinya, platform ini mengusung konsep personal broadcasting, atau siaran pribadi. Cukup ketik kata kunci dari video yang ingin kalian tonton, misalnya “boba drink”, akan muncul banyak sekali video menarik tentang minuman boba yang bisa kalian nikmati.

Youtube memberikan hak yang sama kepada setiap orang untuk mengunggah videonya pada channel masing-masing. Selain itu, Youtube juga memberikan kompensasi untuk video yang telah diunggah dan ditonton oleh banyak orang.

Bahkan, banyak sekali Youtuber (sebutan untuk pembuat konten Youtube) yang menjadi terkenal hanya dengan melalui video unggahan mereka. Mari kita simak lebih lanjut mengenai Youtube pada ulasan di bawah ini.

Mengenal Tentang Youtube

Youtube, Platform Video Dengan Berbagai Channel Menarik

Youtube adalah platform atau situs yang memberikan layanan berupa video. Selain menonton, pengguna juga bisa mengupload video mereka sendiri ke dalam situs ini dan pengguna lain bisa menonton video kalian.

Ada sistem subscribe yang merupakan konsep “follow” atau mengikuti channel tersebut. Ada juga sistem like serta komentar dalam setiap video yang ada. Dengan sistem seperti ini, pengguna bisa saling berbagi tentang pengalaman serta pengetahuannya dalam bentuk video.

Pengguna bebas mencari tontonan yang diinginkan, tidak seperti saat menonton televisi. Pernah dengar slogan “Youtube lebih dari TV”? Slogan ini begitu terkenal karena beberapa hal, termasuk kritik terhadap televisi yang hanya menayangkan program kurang mendidik dan penonton mau tidak mau hanya bisa menonton program TV itu saja. Video pada Youtube memang tidak semuanya mendidik, namun pengguna bisa leluasa dalam memilih konten yang ingin ditonton.

Selain Youtube, ada banyak platform lain dengan sistem yang mirip, contohnya adalah Twitch dan Daily Motion. Namun, di antara banyaknya platform serupa, seluruh orang di dunia ini lebih menyukai Youtube.

Oleh karena itu, perkembangan Youtube beserta channel di dalamnya sangat pesat. Tidak heran jika anak kecil sekalipun mulai membuat video Youtube mereka sendiri. Bahkan beberapa orang tua juga mengabadikan kelucuan anaknya pada bentuk video yang diunggah pada channel khusus anak mereka.

Aturan Teknis Video Youtube

Aturan Teknis Video Youtube

Jika kalian ingin mencoba membuat channel sendiri dan mengunggah video kalian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal yang paling utama dari aturan Youtube adalah video itu sendiri. Terdapat beberapa format yang harus kalian ikuti saat ingin mengunggah video tersebut ke dalam platform Youtube.

Tidak sembarang video bisa diunggah pada Youtube karena Youtube sendiri memiliki aturan yang ketat dalam hal ukuran serta format video. Kita sebut ini sebagai aturan teknis video Youtube.

Format video yang diunggah biasanya diatur dalam “ukuran” suatu video tersebut. Video yang diunggah haruslah memiliki spesifikasi teknis yang sudah ditetapkan oleh Youtube itu sendiri. Meskipun video yang kalian buat sangatlah bagus, video tersebut tidak bisa diunggah di Youtube jika tidak mengikuti aturan teknis yang ada.

Jadi, aturan teknis dari sebuah video yang akan diunggah ke situs Youtube ini tidak boleh kalian anggap sepele.

Lalu, seperti apa format video yang ditetapkan oleh Youtube itu sendiri? Tentu saja, format video yang digunakan mengikuti format pada umumnya dengan penambahan aturan khusus. Jika tidak mengikuti format video yang ada, video tersebut tidak bisa diunggah pada situs Youtube.

Silakan simak jenis dan ukuran video yang bisa diunggah pada Youtube di bawah ini.

Settingan dan Ukuran Video Youtube

Settingan dan Ukuran Video Youtube

Sebuah video memiliki ciri khas teknisnya masing-masing. Ada yang memiliki format .3gp, .flv, dan masih banyak lagi. Ada juga yang memiliki format audio .mp3, .wav, dan lain-lain. Mungkin kalian bisa membuat video yang sangat bagus dalam segi kualitas dengan format misalnya MKV.

Namun, meskipun video tersebut bisa diputar pada komputer atau smartphone, tapi video tersebut tidak bisa diterima oleh Youtube.

Mengapa Youtube membuat aturan khusus untuk video yang diunggah di dalamnya? Jawabannya adalah agar video yang tersedia di Youtube mampu menyesuaikan dengan perangkat yang ada di seluruh dunia.

Perangkat yang digunakan untuk mengakses Youtube terdiri dari komputer, laptop, smartphone, tablet, dan lain-lain. Video Youtube yang ditonton pada perangkat tersebut haruslah mengikuti spesifikasi layar perangkat pada umumnya.

Oleh karena itu, video yang dibuat juga harus mengikuti ukuran layar pada umumnya dengan format video yang juga umum. Berikut adalah ukuran dan format video yang tepat untuk diunggah pada platform Youtube:

1. Resolusi Video Youtube

Resolusi Video Youtube

Tidak seperti media sosial lainnya, untuk mengunggah video pada Youtube, kalian harus memperhatikan beberapa ukuran dan resolusi yang ditetapkan. Youtube sengaja memberikan aturan ini untuk memberikan pengalaman pengguna yang tidak berbeda untuk ukuran video youtube pada tiap channel.

Bayangkan, jika kalian menonton video pada channel A dengan ukuran video 16:9, lalu berpindah ke channel B dengan ukuran video 1:1. Sangat membingungkan untuk ditonton bukan?Youtube menentukan ukuran yang sudah fix sebagai format video yang akan diunggah di dalam situs Youtube.

Berikut Ukuran Video Youtube yang direkomendasikan adalah:

  • 426 x 240 pixels (240p)
  • 640 x 360 pixels (360p)
  • 854 x 480 pixels (480p)
  • 1280 x 720 pixels (720p)
  • 1920 x 1080 pixels (1080p)
  • 2560 x 1440 pixels (1440p)
  • 3840 x 2160 pixels (2160p)

Untuk ukuran minimum, Youtube menetapkan ukuran 426 x 240 pixels dan untuk ukuran maksimum yaitu 2840 x 2160 pixels. Aspek rasio dari video yang diunggah pada situs Youtube haruslah mengikuti rasio 16:9 atau 4:3. Jika kalian membuat video dengan aspek rasio 1:20 yang tentu saja sangat aneh jika diputar di perangkat mana pun, video tersebut akan ditolak oleh Youtube.

Untuk video yang dikategorikan sebagai HD atau High Definition, sebagai kriteria video dengan resolusi tinggi, Youtube menetapkan batas minimum pada resolusi 1080p. Sebelumnya, batas minimum suatu video dikatakan sebagai HD adalah 720p. Hal ini terjadi karena pengaruh perkembangan teknologi smartphone dan komputer yang semakin meningkat pada sisi resolusi layar dan monitor.

Aspek rasio dari sebuah video Youtube tentu mengikuti perkembangan dari teknologi smartphone serta komputer. Kalian pasti pernah melihat smartphone dengan aspek rasio layar yang berbeda dari standar umum 16:9. Ada smartphone yang dibuat dengan aspek rasio 20:9. 18.5:9, dan lain-lain.

Lalu bagaimana dengan video yang ditangkap dari smartphone seperti ini, mengingat video yang dihasilkan juga mengikuti aspek rasio dari layar smartphone tersebut?

Ternyata, Youtube memberikan kebebasan pada aspek rasio selama aspek rasionya mendekati standar perkembangan teknologi saat ini. Tentu saja aspek rasio 1:20 seperti yang sudah disebutkan di atas tetap akan ditolak karena sangat jauh dari standar aspek rasio yaitu 16:9.

Jadi, jika kalian ingin mengunggah video yang ditangkap dari smartphone generasi baru, kalian bisa langsung mengunggahnya tanpa perlu penyesuaian lagi pada proses editing.

2. Format Video Youtube

Format Video Youtube

Sebuah video disimpan dalam bentuk digital dalam bentuk tertentu yang kita kenal dengan istilah “format”. Video yang ada pada file manager atau galeri smartphone kalian pun memiliki format tertentu. Format video yang paling populer adalah format MP4 karena hampir semua perangkat mendukung format ini.

Lalu bagaimana dengan format video Youtube sendiri? Ternyata, Youtube memberikan beberapa pilihan format video yang bisa diunggah ke dalam situs mereka. Format tersebut adalah:

  • .MOV
  • .MPEG4
  • .MP4
  • .AVI
  • .WMV
  • .MPEGPS
  • .FLV
  • .3GPP
  • .WebM

Bagaimana dengan video yang memiliki format yang tidak didukung oleh Youtube seperti .MKV dan .M4V? Tentunya, kalian harus mengkorversi video tersebut terlebih dahulu ke dalam format yang didukung oleh Youtube, contohnya MP4.

Memang sedikit sulit jika video yang ingin kalian unggah memiliki format yang tidak didukung. Namun, Youtube sendiri menyediakan format MP4 yang sangat umum digunakan pada setiap perangkat digital, termasuk smartphone yang kalian gunakan.

3. Ukuran Dan Durasi Video Youtube

Ukuran Dan Durasi Video Youtube

Setelah membicarakan resolusi dan format suatu video, kita juga harus tahu tentang durasi dan size atau ukuran memori dari video yang ingin kita upload pada Youtube. Durasi atau panjang video dalam segi waktu juga berpengaruh dalam video yang kalian upload di Youtube. Video yang didukung oleh Youtube dalam segi durasi adalah:

  • Minimum: 1 detik
  • Maksimum: 12 jam atau 720 menit

Durasi tersebut adalah durasi video secara umum, durasi ini bisa digunakan untuk setiap video dan oleh setiap channel. Namun, untuk video dengan tujuan monetisasi, kalian sebaiknya menggunakan durasi minimum 8 menit (sebelumnya 10 menit). Durasi ini adalah durasi yang direkomendasikan oleh Youtube agar banyak iklan yang masuk ke dalam video kalian. Lebih banyak iklan yang masuk berarti lebih banyak adsense yang kalian dapatkan dari video tersebut.

Dalam segi size, kalian hanya perlu memperhatikan ukuran maksimum sebuah video saja. Sebenarnya, video dengan kualitas yang sangat bagus di Youtube hanya berukuran beberapa GB saja. Namun, demi kenyamanan dan kelancaran layanan yang diberikan, ukuran maksimum yang didukung oleh Youtube dalam satu buah video adalah 128GB. Lebih dari itu, Youtube akan menolaknya. Hal ini dipengaruhi oleh server Youtube yang pastinya terbatas, tidak bisa menampung jutaan video dengan size yang fantastis (untuk saat ini).

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai ukuran video Youtube yang bisa kalian gunakan sebagai referensi saat membuat video Youtube. Kalian bisa mengunggah video apa saja yang kalian inginkan selama video tersebut mengikuti format dan ukuran yang sudah ditetapkan oleh Youtube itu sendiri.

Jangan mengunggah video yang bermuatan negatif agar ekosistem Youtube tetap terjaga dan tidak rusak oleh banyaknya konten-konten negatif di dalamnya. Semoga artikel loop.co.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat berkarya!