Rekomendasi Film Indonesia Horor

Genre horor merupakan salah satu genre film yang paling banyak diminati, terutama oleh masyarakat Indonesia. Bahkan film-film horor sering menjadi tonton saat bersama dengan teman dan saudara. Bila kamu sedang mencari rekomendasi film Indonesia horor, maka sedang membaca artikel yang tepat.

Jika dilihat beberapa tahun belakangan, skema film horor Indonesia telah mengalami peningkatan yang pesat dalam segi kualitas. Bahkan tidak sedikit film horor lokal yang berhasil meraih banyak piala. Tentunya ini menunjukkan bahwa film horor lokal juga patut diapresiasi.

Film horor sendiri memang sering membuat kita merasa ketakutan, terutama ketika sedang sendiri dikamar tidur atau kamar mandi. Namun memang bagi sebagian orang ini akan menjadi suatu tantangan tersendiri, kali ini kami akan merangkum sekumpulan film horor yang bisa anda tonton.

Rekomendasi Film Indonesia Horor

Sejak dulu, dunia perfilman Indonesia telah mengeluarkan banyak sekali film horor. Penasaran dengan film-film horor Indonesia berkualitas yang wajib untuk ditonton? Langsung saja simak beberapa rekomendasi film Indonesia horor yang ada di bawah ini.

1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Kita mulai dari film yang berjudul Pengabdi Setan, sebuah remake dari film dengan judul sama yang dulunya pernah tayang di tahun 80-an. Film yang disutradarai oleh Jok Anwar ini, telah berhasil menyabet gelar sebagai salah satu film horor yang tayang antara tahun 2017 hingga 2018.

Cerita dari film ini juga tidak jauh berbeda dari film pertamanya, yakni kisah seorang ibu yang sakit dan kemudian meninggal. Namun, hal-hal aneh nan mistis mulai muncul, ketika diketahui bahwa sang ibu dulunya merupakan anggota dari sebuah sekte pemujaan pada setan.

2. Danur

Danur

Bisa dikatakan bahwa Pengabdi Setan adalah awal dari kebangkitan dari skema film horor di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan munculnya banyak film horor, salah satunya adalah Danur. Danur sendiri merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang bernama Risa yang bisa berkomunikasi dengan hantu.

Risa sendiri memiliki beberapa teman gaib seperti William, Janshen, dan Peter. Namun tidak hanya itu, Risa juga bertemu dengan roh-roh jahat yang mengancamnya. Film Danur sendiri kini sudah menjadi trilogi yakni Danur: I Can See Ghost, Danur 2: Maddah, dan yang terakhir Danur 3:Sunyaruri.

3. Suzanna: Bernapas dalam Kubur

Suzanna Bernapas dalam Kubur

Bagi penikmat film-film horor klasik, tentu saja sudah tidak asing dengan judul dari film ini. Ya, film tersebut merupakan remake dari salah satu judul film yang dibintangi oleh mendiang ratu aktris horor Indonesia yakni Suzanna. Dalam film ini mendiang Suzanna sendiri diperankan oleh Luna Maya.

Film ini mengisahkan tentang Satria yang tinggal dengan istrinya, Suzanna yang sedang dalam keadaan hamil. Namun dia harus meninggalkan sang istri untuk dinas ke luar negeri. Nahas, Suzanna terbunuh oleh sekelompok penjahat dan akhirnya bangkit untuk balas dendam.

4. Mata Batin

Mata Batin

Rekomendasi film Indonesia horor yang berikutnya adalah Mata Batin. Film ini menceritakan kisah seorang gadis kecil yang mengaku bahwa dia bisa melihat arwah. Hingga kakaknya berkonsultasi dengan orang pintar mengenai masalah yang dialami oleh adiknya.

Dan pada akhirnya setelah mata batinnya dibuka, dia tahu bahwa rumahnya memang dipenuhi oleh banyak arwah bergentayangan. Alur cerita yang dibawakan oleh film ini sangat mencekam dan ada banyak sekali jumpscare yang bisa membuat jantungmu berdebar kencang.

5. Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum Iblis Menjemput

Tahukah kamu jika Indonesia juga memiliki film horor yang memadukan antara genre horor dan gore. Ya, film yang dibintangi oleh Chelsea Islan ini, dijamin akan membuatmu berteriak ngeri. Dalam film ini, Chelsea berperan sebagai seorang bernama Alfie yang dihantui oleh kelamnya masa lalu.

Ayahnya telah meninggalkannya untuk menikah dengan wanita lain, sedangkan sang ibu tiba-tiba meninggal secara misterius. Suatu saat dia memperoleh kabar jika ayahnya menderita penyakit misterius, dan dari sinilah nasib mengerikan mulai menghantuinya.

6. Kafir: Bersekutu dengan Setan

Kafir Bersekutu dengan Setan

Banyak orang yang mengatakan bahwa film berjudul Kafir ini sangat menakutkan dan juga memiliki alur cerita yang sangat mencekam. Film ini mengisahkan tentang keluarnya yang mengalami banyak kejadian aneh dan tidak terduga.

Pada awalnya, sang bapak meninggal setelah mengeluarkan pecahan kaca dari mulutnya. Nah, sejak saat ini berbagai kejadian mistis dan aneh mulai sering terjadi. Namun mereka justru meminta pertolongan pada dukun kampung, yang membuat situasi menjadi lebih parah.

Baca juga: Cara Instal Netflix di Stb Indihome

7. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Walaupun judul dari film ini sama seperti film horor yang tenar di tahun 80-an, namun Ratu Ilmu Hitam yang disutradarai oleh Kimo Stanboel ini mempunyai alur cerita yang berbeda. Ada banyak nama terkenal yang bisa kamu temui seperti Tanta Ginting, Ario Bayu, Shelia Dara, Zara eks JKT 48, dan masih banyak lagi.

Film ini menceritakan tentang tiga keluarga yang datang mengunjungi panti asuhan tempat sang ayah dibesarkan. Ketika mereka memutuskan untuk menginap, banyak kejadian aneh mulai terjadi. Sampai akhirnya mereka bertiga harus mengakui kesalahan yang membuat seorang wanita jadi ratu ilmu hitam.

8. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

Dapat dikatakan bahwa Perempuan Tanah Jahanam adalah salah satu film horor tersukses di tahun 2019 lalu. Film ini mengisahkan tentang dua orang sahabat bernama Dini dan Maya yang lolos dari kejadian pembunuhan keji.

Setelah berhasil lolos dari pembunuhan, mereka memutuskan untuk pergi ke desa asal Maya dan mengunjungi rumah yang diwariskan dari orang tuanya. Tetapi ketika sampai di desa tersebut, dia mendapati banyak kejadian aneh dan tidak masuk akal.

9. The Doll 2

The Doll 2

The Doll 2 menjadi penerus dari kesuksesan sekuel pertamanya, yang menceritakan tentang teror dari sebuah boneka mistis bernama Sabrina. Sabrina sendiri adalah boneka yang sebelumnya menjadi miliki seorang anak bernama Maira yang tewas akibat tragedi kecelakaan.

Banyak kejadian aneh yang terjadi pada boneka tersebut, seperti bisa berpindah tempat sendiri. Karena ini, ibu Maira menganggap bahwa roh anaknya telah memasuki boneka. Namun apakah benar yang masuk ke dalam boneka adalah roh Maira? Langsung tonton The Doll 2 daripada kamu terkena spoiler.

Baca juga: Cara Buat Akun Netflix

10. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang

Jika kamu sedang mencari film Indonesia bergenre horor misteri yang menyediakan banyak sekali teka-teki, maka bisa menonton Pintu Terlarang. Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini, menceritakan tentang seorang pemahat patung sukses yang bernama Gambir.

Kesuksesannya ini bisa didapatkan setelah dia membuat karya berupa patung ibu hamil, yang inspirasinya berasal dari tragedi gugurnya jabang bayi sang istri. Namun sosok patung yang dibuatnya benar-benar terlihat hidup, dan seketika itu banyak kejadian aneh mulai menghantui.

11. Mangkujiwo

Mangkujiwo

Rekomendasi film Indonesia horor yang terakhir ini berjudul Mangkujiwo. Mangkujiwo sendiri merupakan sebuah film horor karya Azhar Kino yang menceritakan tentang awal mula hantu Kuntilanak itu bisa muncul hingga saat ini.

Baca juga: Rekomendasi Film Netflix Comedy

Dulunya ada seorang bernama Brotoseno, yang disingkirkan oleh Cokrokusumo dari jabatannya di Keraton. Dia memiliki niat untuk balas dendam dengan mengajak seorang wanita yang bernama Kanti. Kanti sendiri rupanya juga memendam kebencian pada Cokrokusumo.

Perfilman di Indonesia memang tak ada henti-hentinya dalam memproduksi film horor. Jika kamu melihat perbandingan antara film horor lokal jaman dulu dan yang keluaran terbaru, maka akan melihat sebuah perkembangan yang sangat pesat.