Dapodik 2022

Cara Download, Install, Registrasi Dapodik 2022 – Pengembang Aplikasi dari Dapodik saat ini sudah berhasil mengeluarkan generasi terbarunya, dengan versi Aplikasi Dapodik 2022 bila kalian masih saja mempergunakan versi tahun lawas yakni Dapodik 2021 bisa segera langsung diganti saja.

Artinya kamu harus segera berpindah ke versi yang terbaru, Dapodik 2022 merupakan generasi paling anyar dan didalamnya juga sudah banyak sekali perubahan upgrade selururh fitur-fiturnya dengan sangat lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Jika kita lihat secara umum ada saja sebagian kalangan masyarakat yang masih juga belum terlalu memahami persis, tentang cara mendownload Aplikasi Dapodik 2022 ini.

Karena terkait dengan hal tersebut lah, kami disini berinisiatif untuk segera membantu kalian semua melalui tutorialan mengenai cara mendownload Dapodik 2022, dan kami akan berikan cara termudahnnya berikut juga langkah-langkahnya dengan sangat jelas dan mudah dimengerti.

Cara Download Dapodik 2022 Apk

Untuk cara mengambil dan mengunduh Aplikasi Dapodik masih sama persis saat kamu mendownload di versi-versi yang sebelumnya, yakni hanya perlu masuk terlebih dahulu ke halaman resmi milik Kemendikbud.

Bila kamu masih merasa kebingungan saja dan kurang mengetahui persis langkah serta cara mendownloadnya, kalian bisa ikutin saja semua petunjuk-petunjuk dari kami berikut ini.

  1. Pertama kalian perlu masuk dulu ke web browser dan langsung mengunjungi halaman website resminya di https://dapo.kemdikbud.go.id/
  2. Lalu klik menu Unduhan sedudah itu akan keluar sebuah linkinstaller apk Dapodik Versi 2022.
  3. Nah pada posisi paling bawahnya terdapat sebuah tulisan tebal yakni “Link alternatif installer aplikasi dapodik versi 2022” disitu tersedia link untuk mendownloadnya.
  4. Maka kalian pilihkan salah satunya saja berupa link dari download apk Dapodik 2022 tadi.

Cara Install Dapodik 2022 di PC atau Laptop

Cara Install Dapodik 2022 di PC atau Laptop

Untuk bisa melakukan installasi atau peralihan dari versi lama ke versi yang terbaru cara melakukannya tidaklah jauh berbeda, antara Dapodik 2021 dengan yang paling baru Dapodik 2022.

Akan tetapi kalian harus mendeletenya dulu Aplikasi Dapodik lama (versi 2021) sebelum akan memasang yang paling baru, yuk diikutin saja proses demi prosesnya di bawah ini biar kamu bisa.

  1. Yang paling pertama adalah melakukan Uninstall dahulu di Aplikasi Dapodik 2021 kemarin yang sudah tidak terpakai lagi, adapun caranya kalian pergi ke bagian Control Panel, lalu Klik Uninstall a Program. kalian pilihkan aplikasi dapodik, dan ditekan perlahan tombol Uninstallnya, dengan klik juga perintah Yes.
  2. Kalih perlu memastikkan juga bahwa didalam komputer kalian sudah tidak ada lagi folder Dapodik, Supaya kalian gampang dalam melihatnya bisa dengan membuka File Explorer, diteruskan kamu masuk pada bagian folder Program Files dan Program Files (x86).  Apabila memang sudah tidak ada lagi foldernya kalian tinggal melakukan restart saja.
  3. Tetapi saat kamu akan memulai untuk install aplikasi Dapodik pada versi yang baru, kalian harus mematikan dulu antivirusnya dan juga koneksi jaringan internet di komputer kalian.
  4. Ekstrak semua file-filenya dari Aplikasi Dapodik yang barusan sudah kelar anda mendownloadnya tadi, lalu kalian meng-klik sebelah kanan pada areal Aplikasi Dapodik 2022. Kemudian memilihkan Run As Administrator, serta kamu menekan perintah Yes sebagai peroses awal install.
  5. tekan terus tombol berupa Lanjutkan hingga habis beberapa kali prosesnya, sehingga yang terakhir adalah muncul keluar Tombol Pasang.
  6. Apabila sudah selesai semua tinggal kamu menekan saja tombol dari Selesai dan berikutnya kamu hanya perlu melakukan sebuah registrasi saja terhadap Aplikasi Dapodik yang baru tersebut.

Cara Registrasi Dapodik 2022 dengan Mudah

Sesudah kamu sukses dan berhasil dalam melakukan sebuah installasi didalam komputer kalian, maka pada tahapan yang selanjutnya adalah mengerjakan bagian registrasi agar Aplikasi dari Dapodik tadi bisa langsung segera dipergunakan dengan lancar sebagai mana mestinya.

Yuk kita simak bersama-sama cara melakukan registrasinya di Aplikasi Dapodik 2022, tahapan demi tahapannya juga mudah sekali untuk kalian terapkan kok.

  1. Pertama kamu masuk dulu ke dalam situs online milik Dapodik-nya, kemudian mengklik menu lalu ke Unduhan dan klik lagi Data Prefill.
  2. Klik juga Unduh Prefill, dan harus menyesuaikan dengan dimanakah tempat lokasi dari keberadaan sekolahan kalian sendiri, provinsi, kecamatan dan juga kabupaten asal sekolah tersebut.
  3. Klik salah satu diantara Link untuk bisa mendownload Prefill-nya, dan berlanjut dengan memasukkan berupa Username, Password, juga berikut dengan Kode Registrasinya.
  4. Klik lagi tombol bernama Generate lalu kamu tunggu sebentar dulu ya, sampai dari prosesnya bisa selesai dengan sendirinya dan apabila memang sudah kelar bisa tekan tombol Unduhannya.
  5. Kalian salinkan keseluruhan Prefill Dapodiknya yang barusan sudah beres didownload tadi, Kemudian kalian pergi masuk kebagian Data C, lalu dibuka saja foldernya prefill_dapodik nah disitu kamu harus menempelkannya saja ke folder ke dalam prefill_dapodik.
  6. Kamu matikan dahulu koneksi jaringan internetnya, kemudian dibuka kembali Aplikasi Dapodiknya.
  7. Pilih saja memakai registrasi secara offline, kalian masukan juga kode registrasinya, username, beserta dengan password dari akun Dapodik milik kamu, dan tekan lagi tombol Registrasi.
  8. Kalian tunggu saja sampai seluruh proses registrasinya dapat berhasil, jika sudah kelar semua baru kamu bisa Login ke dalam Aplikasi Dapodik yang terbaru tersebut.

Baca juga:

Penutup

Begitulah cara mudah melakukan perpindahan dari Aplikasi Dapodik versi lawas ke versi yang terbaru dari mimin, semoga saja sedikit persembahan dari kami bisa memberian informasi yang sangat bermanfaat bagi kalian semua.

Jangan lupa untuk tetap mengunjungi laman dari loop.co.id kembali, karena kita akan suguhkan info-info menarik yang lain. Seputar pembahasan Aplikasi viral dan lain sebagainya. Sampai berjumpa lagi dilain kesempatan.