Cara Cek Rekening Penipu

Maraknya aksi kejahatan, diperlukan tingkat kewaspadaan diri yang semakin tinggi. Tak heran jika aksi penipuan online semakin gencar terjadi. Modus pelaku adalah meminta sejumlah uang kepada korban. Sebelum hal itu terjadi, Anda perlu mengetahui cara cek rekening penipu sebagai sikap waspada terhadap kejahatan.

Aksi penipuan model seperti ini memang sudah sering ditemukan. Setelah korban mentransfer jumlah uang yang diminta oleh pelaku, si penipu tersebut dalam waktu singkat tidak dapat dihubungi atau barang yang sudah dijanjikan akan pernah dikirim.

Bahkan banyak kasus ditemukan bahwa si penipu langsung memblokir nomor dari korban dan menghilang secara tiba-tiba. Karenanya tidak salah jika ada istilah kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapanpun.

Namun, jika hal seperti di atas pernah Anda alami ataupun dialami oleh kerabat dan teman dekat Anda, maka langkah pertama adalah Anda harus mengetahui cara mengecek rekening pelaku penipuan. Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor rekening. Pastikan sobat Loop.co.id membacanya sampai tuntas!

Cek Rekening Penipu dengan Cekrekening.id

Cara cek rekening penipu yang pertama adalah melalui CekRekening.id. Situs ini dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika guna melayani laporan masyarakat mengenai aksi penipuan secara daring.

Di samping itu, situs ini dapat menjadi wadah perlindungan dan pengaduan secara gratis bagi masyarakat luas. Anda bisa langsung mengaksesnya via smartphone. Berikut cara  menggunakan situs ini.

  • Kunjungi website https://cekrekening.id/
  • Lalu isi form nama Bank dan nomor rekening yang akan Anda dilaporkan
  • Selanjutnya data tersebut akan diverifikasi oleh tim cekrekening
  • Setelah itu akan muncul data verifikasi rekening tersebut. Jika ada riwayat penipuan, maka akan tercatat dan riwayat pelaporan.
  • Setelah proses pelaporan, maka akan muncul informasi mengenai nama pemilik rekening, nama bank serta juga rekaman transaksi.

Tidak hanya melayani laporan pelacakan rekening penipuan, cekreking.id juga memberikan wadah untuk pengaduan mengenai investasi palsu dan berbagai kejahatan lainnya yang terjadi di sekitar Anda.

Perlu diingat, situs ini akan membantu melacak nomor rekening yang dilaporkan. Akan tetapi, laporan data dari cekrekening.id ini tergantung pada laporan sebelumnya. Jika nomor yang Anda laporkan belum tercatat data laporannya, kemungkinan besar rekening tersebut tidak terdata sebagai rekening penipu.

cek rekening penipu online

Cek Rekening Penipu di Kredibel.co.id

Situs selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu kredibel.co.id. Sama seperti cekrekening.id, situs ini juga dapat merekam jejak nomor rekening dan nama pemilik rekening yang Anda layangkan laporannya.

Bila sudah tercatat laporan sebelumnya mengenai rekening tersebut, maka secara otomatis akan muncul keterangan jika nomor rekening tersebut adalah rekening penipu. Secara prosedur kerja dan penggunaannya sama seperti cekrekening.id yang sebelumnya telah dijelaskan.

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk melacak nomor rekening penipu melalui kredibel.co.id.

  • Kunjungi situs resmi kredibel.co.id
  • Masukkan nomor rekening atau nomor telepon di kolom pencarian yang akan Anda laporkan.
  • Data yang Anda input akan dilacak oleh situs dan memberikan informasi apakah nomor tersebut nomor penipu atau bukan.

Cek Rekening Penipu di @indonesiablacklist

Cara lain dapat Anda lakukan untuk mengecek rekening si penipu adalah melalui akun Instagram @indonesiablacklist. Akun tersebut telah mengumpulkan data kasus penipuan yang terjadi di berbagai toko online maupun Instagram.

Jika Anda ingin mengecek rekening via akun @indonesiablaclist, Anda bisa langsung mengirim direct message ke admin akun tersebut. Terdapat juga layanan mediasi gratis bila Anda mengalami penipuas secara online yang disediakan oleh @indonesiablacklist.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan pengecekan via @indonesiablacklist:

  • Kunjungi akun Instagram @indonesiablacklist atau IBL;
  • Cek akun atau rekening yang mengontak Anda, apakah terdapat dalam daftar yang ditulis akun IBL;
  • Jika Anda tidak menemukan user name dari akun tersebut, kemungkinan besar akun tersebut bukan akun penipuan.

Cek Rekening dengan Lapor.go.id

Situs selanjutnya adalah situs yang dibuat oleh Kepolisian Republik Indonesia yaitu Lapor.go.id. Situs ini adalah singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat  yang menyediakan layanan untuk membantu melacak rekening penipuan.

Selain mengecek kasus penipuan, berbagai macam laporan kriminal dapat dilayangkan melalui situs ini.  Jika Anda ingin melakukan cek rekening melalui situs Lapor.go.id, maka Anda harus terlebih dahulu login dan membuat akun. Selain melalui situs resmi dari Lapor.go.id, Anda juga dapat melayanhkan aduan melalui:

  • SMS ke nomor 1708 (dikenai tarif)
  • Aplikasi LAPOR! (Yang dapat diunduh khusus Android)
  • Twitter @LAPOR1708 dengan menyematkan tagar #lapor

Keempat cara di atas dapat Anda lakukan untuk cek rekening penipu. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya tingkatkan kewaspaadaan diri ketika berselancat di dunia maya. Khususnya ketika Anda akan berbelanja online, agar kejadian tidak diinginkan seperti penipuan online ini bisa dihindari.

Akhir Kata

Demikianlah tadi beberapa cara untuk mengecek rekening penipu atau bukan. Intinya dengan menggunakan situs diatas maka kita bisa mendapatkan histori dari rekening tersebut. Data rekening penipu ini merupakan data yang dihimpun dari beberapa laporan yang masuk lewat situs tersebut.