Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Vivo Untuk Semua Tipe

Loop.co.id – Cara menyembunyikan aplikasi pada ponsel Vivo belakangan ini sedang ramai dicari oleh orang orang. Dengan menyembunyikan aplikasi akan membantu kamu mencegah pencurian data oleh orang orang yang tak bertanggung jawab.

Hal ini memungkinkan kamu untuk melindungi file kamu atau aplikasi sensitif yang tidak cocok dilihat untuk orang lain. Seperti yang kita ketahui saat ini semua informasi pribadi ada pada ponsel pribadi kamu. Jadi, kamu harus melindungi data tersebut agar tetap aman.

Kamu dapat menyimpan data penting dengan aman dari ponsel secara mandiri. Terutama untuk pengguna ponsel merk Vivo. Karena kini kamu dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di ponsel kamu. Baik di Vivo tipe terbaru maupun varian Vivo lainnya.

Lalu, bagaimanakah cara menyembunyikan aplikasi di hp vivo? Kalau kamu ingin tahu caranya, simak dengan baik penjelasan kami di artikel ini.

Fitur Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo

Fitur Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo

Beberapa dari kamu mungkin tidak mengira bahwa aplikasi yang sudah terinstal bisa disembunyikan di ponsel Vivo. Hal tersebut bisa terjadi karena memang tersedia fitur untuk menyembunyikan aplikasi pada ponsel Vivo.

Sebagai salah satu dari produsen smartphone ternama, Vivo juga menyediakan layanan ini. Tujuannya untuk membantu memudahkan penggunanya dalam mengelola aplikasi yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan si pengguna.

Oleh karena itu ada banyak sekali cara menyembunyikan aplikasi pada ponsel Vivo. Selain itu, caranya melakukannya sangat sederhana dan mudah sekali.

Untuk kamu yang belum paham mengenai teknologi pasti akan dengan mudah melakukannya jika mengikuti langkah langkahnya di bawah ini. Langsung saja simak baik baik cara menyembunyikan aplikasi pada ponsel Vivo berikut ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo Tanpa Aplikasi

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa pada ponsel Vivo ini memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi tanpa tambahan aplikasi. Oleh karena itu, terdapat beberapa metode yang dapat kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi pada HP Vivo.

1. Menggunakan Layar Utama (Homescreen)

Metode pertama untuk cara menyembunyikan aplikasi pada HP Vivo adalah memakai fitur yang ada pada layar utama atau Homescreen. Untuk itu ikuti langkah langkah berikut di bawah ini.

  1. Pertama bukalah HP Vivo milik kamu.
  2. Kemudian tekan menu bergambar ikon titik tiga di bagian kiri layar utama.
  3. Lalu pilih “Hide Icon” atau “Sembunyikan Ikon”.
  4. Setelah itu kamu diminta memasukkan sandi atau pin lainnya yang kamu gunakan untuk mengunci ponsel Vivo kamu.
  5. Berikutnya pilihlah aplikasi yang mau kamu sembunyikan.
  6. Kemudian tekan menu Encryption Setting atau pengaturan enkripsi untuk mengatur keamanan akses pada aplikasi yang kamu pilih.
  7. Selesai dan aplikasi tersebut akan menghilang dari layar utama HP Vivo kamu.

Untuk mengaksesnya kembali, kamu bisa membukanya dengan cara mencari aplikasi yang disembunyikan pada kolom pencarian HP vivo masing masing. Namun, cara menyembunyikan aplikasi dengan Homescreen ini hanya berlaku untuk HP Vivo dengan versi 3.0 ke bawah.

2. Melalui Menu Pengaturan HP

Cara menyembunyikan aplikasi vivo yang kedua adalah dengan fitur pengaturan di hp kamu. Jika versi HP Vivo kamu sudah versi 9.0 ke atas, maka kamu dapat mengikuti cara di bawah ini. Cara ini terbilang cukup mudah dimana kamu tidak perlu repot repot menginstall aplikasi tambahan.

  1. Pertama bukalah HP Vivo milik kamu.
  2. Selanjutnya masuklah ke menu Setting atau Pengaturan.
  3. Kemudian carilah menu Privacy and App Encryption atau Pengaturan Layar Depan.
  4. Lalu kamu klik Hide App atau Sembunyikan Aplikasi.
  5. Berikutnya pilih aplikasi yang kamu ingin sembunyikan.
  6. Setelah memilih semua aplikasi yang kamu inginkan, klik selesai.
  7. Dan aplikasi terpilih pun langsung menghilang dari Layar Utama.

3. Menggunakan Fitur iManager Vivo

Cara menyembunyikan aplikasi yang ketiga yaitu dengan memakai aplikasi bawaan dari HP Vivo yang bernama iManager. Aplikasi ini merupakan sebuah tempat untuk kamu mengelola berbagai aplikasi yang ada di HP Vivo.

Termasuk juga cara menyembunyikan aplikasi dan menampilkan aplikasi yang diinginkan. Berikut ini adalah tahap tahap menggunakan aplikasi iManager untuk menyembunyikan aplikasi.

  1. Pertama bukalah HP vivo kamu.
  2. Kemudian buka aplikasi iManager.
  3. Lalu tekan pada menu Enkripsi Aplikasi.
  4. Selanjutnya pilihlah fitur Sembunyikan Aplikasi atau Hide App.
  5. Berikutnya pilih aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan.
  6. Setelah itu klik OK untuk konfirmasi permintaan menyembunyikan aplikasi.
  7. Selesai dan aplikasi pun telah menghilang dari layar depan.

Selain ketiga cara diatas, ada juga cara menyembunyikan aplikasi pada HP Vivo dengan bantuan aplikasi tambahan. Berikut kami jelaskan cara caranya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo Dengan Aplikasi Tambahan

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo Dengan Aplikasi Tambahan

Terdapat banyak sekali aplikasi untuk menyembunyikan folder rahasia yang pada Google Play Store. Para pengguna pun seringkali dibuat bingung dengan saking banyaknya.

Namun, kamu jangan risau karena kami sudah menyediakan rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat kamu gunakan dalam rangka “cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo”. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi dari kami.

1. Melalui Software Apex Launcher

Aplikasi yang kami rekomendasikan pertama adalah Apex Launcher. Apex Launcher adalah sebuah aplikasi untuk pengunci layar dan folder pada HP yang dapat kamu gunakan untuk mengamankan data.

Dengan aplikasi ini, semua data yang ada pada HP kamu dapat diamankan. Data seperti dokumen rahasia, video dan foto penting, pesan suara, dan juga beberapa aplikasi.

Cara menggunakan Apex Launcher ini cukup mudah. Kamu diberikan kebebasan untuk mengatur tingkat keamanannya sendiri. Langsung saja unduh pasang aplikasi Apex Launcher dan ikuti langkah langkah di bawah ini.

  1. Pertama bukalah Apex Launcher pada HP vivo.
  2. Kemudian kamu atur tampilan aplikasi sesuai dengan keinginanmu. Jika tidak ingin, bisa klik Skip.
  3. Selanjutnya keluarlah dari halaman aplikasi dan cari ikon Apex Menu pada layar utama HP vivo kamu.
  4. Lalu pilihlah menu Hidden Apps untuk menyembunyikan aplikasi.
  5. Berikutnya pilih dan ceklis semua aplikasi yang mau kamu sembunyikan.
  6. Terkahir, klik tombol Hide Apps.
  7. Selesai dan aplikasi sudah disembunyikan.

Jika kemudian kamu berubah pikiran dan tidak jadi menyembunyikan aplikasi tadi. Maka kamu dapat melakukan cara melihat aplikasi yang telah disembunyikan pada HP vivo menggunakan Apex Launcher berikut ini.

  1. Pertama bukalah Apex Launcher.
  2. Kemudian carilah menu Hidden Apps.
  3. Selanjutnya pilihlah aplikasi mana saja yang ingin kamu tampilkan kembali.
  4. Lalu tekan tombol Unhide.
  5. Selesai dan aplikasi akan muncul kembali.

2. Dengan Aplikasi Microsoft Launcher

Selain dengan Apex Launcher, cara menyembunyikan aplikasi yang kedua adalah dengan Microsoft Launcher. Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP vivo kamu.

Melalui aplikasi buatan Microsoft Corporation ini kamu bisa menikmati fitur personalisasi yang sangat keren. Selain itu, kamu juga dapat multitasking dengan berbagai aplikasi secara bersamaan, mengelola aplikasi yang sensitif, hingga mengkoneksikan vivo ke PC/laptop.

Lalu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi sensitif dan juga menyembunyikan dokumen rahasia? Kamu bisa ikuti langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama unduhlah dan pasang aplikasi Microsoft Launcher di HP Vivo kamu.
  2. Setelah itu tampilan pada HP Vivo pun akan berubah mengikuti launcher dari Microsoft.
  3. Kemudian kamu cari menu Hidden Apps pada launcher tersebut.
  4. Selanjutnya pilih aplikasi mana saja yang mau kamu sembunyikan.
  5. Apabila telah terpilih semua, klik Hide Apps.
  6. Selesai dan aplikasi pun sudah disembunyikan.

3. Dengan Aplikasi Nova Launcher

Cara menyembunyikan aplikasi yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Nova Launcher. Dengan aplikasi ini kamu bisa menyembunyikan aplikasi rahasia. Keuntungannya aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap sekali dibandingkan dengan aplikasi aplikasi sebelumnya.

Hanya saja Nova Launcher versi gratis tidak bisa menyembunyikan aplikasi. Kamu harus membayar terlebih dahulu untuk membeli lisensi dari Nova Launcher Prime.

Meskipun begitu, kamu masih dapat mengetahui cara menyembunyikan aplikasi pada HP vivo untuk semua tipe dengan launcher ini. Jadi, jika kamu memiliki uang lebih untuk berlangganan versi premium, kamu dapat mengetahui caranya.

  1. Pertama download dan pasang aplikasi Nova Launcher.
  2. Kemudian masuklah ke halaman utama launcher.
  3. Lalu cari aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Selanjutnya ketuk dan tahan aplikasi tersebut hingga muncul tulisan “izinkan menyembunyikan aplikasi”.
  5. Berikutnya klik OK.
  6. Selesai dan aplikasi pun telah hilang dari layar depan.

Apakah Cara Di Atas Bisa Di Semua Tipe HP Vivo?

Jawabannya adalah iya. Jadi kamu tidak perlu khawatir cara di atas tidak dapat diterapkan di HP Vivo kamu. Selain ketiga aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yang bertebaran di Google Play Store.

Namun, untuk cara menyembunyikan aplikasi menggunakan layar depan, pengaturan, dan iManager hanya bisa digunakan pada HP Vivo dengan tipe tertentu. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk menyembunyikan aplikasi.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo untuk semua tipe. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.