Cara Membuat Podcast

Cara Membuat Podcast – Tidak dapat dipungkiri bahwa podcast menjadi konten favorit buat masyarakat, karena dengan adanya Podcast bisa memberikan banyak sekali informasi dari obrolan tersebut.

Banyak masyarakat yang mendengarkan podcast sambil melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, di perjalanan atau membersihkan di rumah. Namun, di sisi lain banyak juga yang penasaran untuk cara membuat podcast.

Memang sepintas bahwa membuat podcast tergolong mudah. Apalagi kamu sering mendengar konten-konten podcast sepertinya tidak ada konsep karena hanya lucu-lucuan saja. Padahal tidak semudah itu, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk membuat konten podcast yang unik dan menarik.

Cara Membuat Podcast Terlengkap

Ada beberapa cara yang harus dilakukan dalam membuat podcast. Mulai dari persiapan hingga pengunggahan konten di berbagai platform podcast yang banyak didengarkan. Untuk itu kamu harus melakukannya dengan baik agar dapat menghasilkan konten yang maksimal serta yang bagus.

1. Persiapan Membuat Podcast

Persiapan Membuat Podcast

Ketika membuat podcast, kamu harus mempersiapkannya dengan baik. Pasalnya podcast yang bagus dan menarik adalah podcast yang telah dipersiapkan dengan matang. Oleh karena itu mempersiapkan podcast. Hal ini sangat penting agar konten podcast bisa lebih fokus dan hasilnya jadi memuaskan.

  • Harus Ditentukan Tema Podcast yang Dibuat. Tentukan tema apa yang ingin dibahas di dalam podcast. Usahakan tentukan tema-tema yang kamu kamu mengerti, dan sukai. Setelah menentukan tema berikutnya topik. Pastikan topik yang dibahas sesuai dengan tema.
  • Siapkan materi podcast yang bagus. Materi ini merupakan turunan dari topik-topik podcast yang akan dibahas. Materi bisa berasal dari pengalaman sehari-hari atau bisa juga berdasarkan informasi dari berita. Untuk persiapan materi, usahakan materi untuk ditulis agar tidak lupa.
  • Tentukan Durasi Podcast dan Jadwal Penanyangan. Penentuan ini penting, karena semakin panjang durasi podcast, maka topik pembicaraan harus semakin luas.  Selain durasi podcast, yang dipersiapkan juga jadwal produksi dan penayangan podcast, supaya kamu lebih disiplin.
  • Siapkan perangkat yang ingin dipakai. Kamu dapat memilih ingin merekam menggunakan HP ataupun menggunakan perangkat yang lengkap seperti mikrofon, headphone, digital audio workstation dan laptop.

Simak juga: Aplikasi Screen Recorder PC

2. Membuat Konten Podcast

Membuat Konten Podcast

Tahap kedua dalam cara membuat podcast, yakni membuat konten podcast itu sendiri. Ketika membuat konten podcast, ada beberapa cara yang harus dilakukan dan diperhatikan agar konten podcast menjadi maksimal. Beberapa cara ini harus diperhatikan betul sepanjang kamu membuat konten podcast.

  • Cek alat perekam. Pastikan suara kamu sudah terekam sebelum memulai episode podcast.
  • Buat salam pembukaan yang khas. Salam pembukaan sangat penting karena kesan pertama orang mendengar podcast, pastinya dari pembukaan podcast. Jadi kamu harus membuatnya seunik mungkin, tetapi jangan lupa untuk memperkenalkan diri ketika di awal episode podcast.
  • Menjelaskan materi dengan sedikit improvisasi. Kamu jangan terlalu kaku ketika menjelaskan tema, topik dan materi di dalam podcast. Sedikit improvisasi sangat penting agar podcast menjadi lebih menghibur dan juga seru. Namun, improvisasi jangan terlalu berlebihan juga.
  • Masukkan humor yang tidak melanggar norma dan menyinggung SARA. Tujuannya agar humor yang ada di podcast kamu tidak menjadi kontroversial dan lebih diterima oleh pendengar. Humor yang melanggar norma dan SARA terkadang malah membuat kamu dibenci oleh pendengar.
  • Buat kesimpulan. Tahapan ini bisa dipakai atau tidak. Namun, agar pendengar tidak bingung dengan konten podcast yang kamu buat, kamu bisa membuat kesimpulan di akhir konten.
  • Ucapan permintaan maaf dan salam penutup. Sebelum menutup konten, kamu bisa meminta maaf jika ada ucapan kamu yang menyinggung kelompok masyarakat tertentu. Terakhir kamu bisa tutup dengan ucapan salam dengan khas agar bisa berkesan bagi pendengar kamu.
  • Cek kembali alat perekam dan simpan materi rekaman di laptop atau HP.

Baca juga: Apa Itu Webinar?

3. Mengedit Konten Podcast

Mengedit-Konten-Podcast

Usai podcast selesai dibuat, tahap selanjutnya adalah editing podcast. Di tahap ini kamu bisa mendengarkan kembali dan menentukan konten mana saja yang layak untuk dimasukkan dalam episode podcast kamu atau tidak. Berikut ini cara-cara selengkapnya.

  • Dengarkan kembali rekaman podcast, sambil mencatat menit berapa saja yang harus dipotong dan diberikan efek tertentu. Tujuannya agar kamu tidak kerepotan saat ingin memasukkan efek suara atau memotong rekaman podcast, agar podcast lebih maksimal.
  • Masukkan efek musik yang bebas lisensi. Hal ini sangat penting demi mencegah kebijakan copyright karena menggunakan efek berlisensi. Pastikan untuk membuat efek sesuai dengan suasana obrolan. Misalnya masukkan efek ceria, efek sedih, efek menyeramkan dan lainnya.
  • Dengarkan kembali sampai dirasa pas. Silakan untuk mendengarkan kembali rekaman yang telah diedit. Jika dirasa kurang, kamu bisa mengeditnya lagi dan jika dirasa cukup silakan simpan file dan back-up file rekaman untuk menjaga jika terjadi kerusakan data pada file yang utama.
  • Cara membuat podcast lainnya adalah menentukan judul dan deskripsi nama dan episode podcast. Usahakan untuk membuat judul dan deskripsi yang menarik pendengar. Boleh sedikit hiperbola atau bombastis asalkan, masih sesuai dengan materi podcast yang disampaikan.
  • Buat cover untuk episode podcast dan nama podcast. Kamu bisa membuat cover melalui Canva atau aplikasi editing lainnya. Usahakan buat cover yang menarik dan sesuai dengan isi podcast.

4. Cara Upload Podcast di Anchor

Tahap selanjutnya adalah upload podcast di Anchor. Salah satu platform untuk upload podcast yang terbaik adalah melalui Anchor. Pasalnya lewat Anchor, kamu bisa membagikan episode podcast di Spotify, Google Podcast dan layanan podcast lainnya hanya melalui 1 aplikasi yakni Anchor.

  • Langkah pertama silakan buka situs dan login akun Anchor.fm di laptop atau smartphone kamu.
  • Di Anchor, silakan kamu klik “click to upload or drag files here”, dan masukkan konten podcast yang sudah kamu edit dan siapkan. Pastikan konten tersebut berformat mp3.

Di Anchor, silakan kamu klik click to upload or drag files here dan masukkan konten podcast

  • Tunggu beberapa saat sampai podcast berhasil dipasang di Anchor. Setelah musik audio podcast terupload di anchor, silakan kamu klik “Save Episode”.

Tunggu beberapa saat sampai podcast berhasil dipasang di Anchor. Setelah musik audio podcast terupload di anchor, silakan kamu klik Save Episode

  • Berikutnya adalah memberikan identitas pada podcast. Caranya dengan memasukkan informasi terkait judul episode, deskripsi mengenai episode yang dibahas, dan tanggal publikasi episode podcast. Isi semua data-data tersebut yang berada di kolom yang tersedia.
  • Tahap selanjutnya adalah mengunggah cover untuk episode. Caranya dengan klik “New Episode Art” dan unggah cover yang sudah dipersiapkan. Jika judul episode, deskripsi dan cover sudah, silakan klik “Publish Now”.
  • Sekarang masukkan nama podcast kamu, deskripsi podcast, lalu kategori podcast, dan bahasa yang digunakan dalam podcast di kolom yang tersedia. Lalu silakan klik “Continue”.
  • Masukkan cover untuk podcast kamu dengan memilih menu “upload an image” dan atur posisi cover dengan baik. Pastikan posisi cover untuk nama podcast pas atau tidak terlalu ke atas atau ke bawah.
  • Cek kembali semuanya mulai dari file, judul episode, nama podcast dan lain sebagainya. Terakhir tekan “Yes” dan nantinya podcast kamu akan otomatis dibagikan di Spotify.

Simak juga: Cara Membuat Google Form

Cara membuat podcast memang cukup panjang. Kamu harus menyiapkan terlebih dahulu mulai dari tahap persiapan, produksi podcast, editing podcast hingga upload podcast ke Spotify. Namun, semua proses yang panjang tersebut akan terbayar ketika podcast kamu mendapat apresiasi dari pendengar.