Cara Membuat Avatar di FB Lewat HP Android dan iOS

Loop.co.id – Bagaimana cara membuat Avatar di FB? Apakah kamu sudah mengetahui caranya atau belum? Terutama kamu yang sering bersosial media dengan Facebook atau FB. Dimana ada banyak fitur menarik di platform sosial media yang satu ini dan sayang kalau dilewatkan.

Facebook sudah menjelma menjadi sosial media yang banyak digunakan orang di dunia maya. Bukan hanya untuk membagikan informasi dalam bentuk kata, gambar, atau video saja. Namun, kamu juga dapat lebih menunjukkan eksistensi di dunia maya melalui FB.

Masih belum percaya? Silakan kamu sekalian membaca artikel ini hingga tuntas. Pasalnya, disini akan diterangkan secara gamblang mengenai apa itu Avatar di FB dan bagaimana cara membuatnya. Dimana Avatar tersebut bisa menjadikanmu lebih eksis di dunia maya melalui platform FB.

Apa itu Avatar di FB?

Apa itu Avatar di FB

Avatar bukan nama sebuah judul film atau karakter superhero tertentu. Avatar disini merupakan sebuah fitur yang ada di Facebook. Avatar adalah sebuah ikon atau gambar berwujud manusia dalam sebuah sketsa kartun yang mewakili diri seseorang.

Dalam hal ini, yaitu pengguna atau pemilik akun Facebook yang bersangkutan. Dengan Avatar, kamu dapat membuat karakter kartun yang menyerupai fisik dirimu. Mulai dari wajah, rambut, pakaian, jenis kelamin, pakaian, dan lain sebagainya.

Semua itu bisa kamu ciptakan dari fitur Avatar di FB. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Avatar yang menyerupai dirimu itu untuk aktivitas di Facebook. Misalnya, menggunakannya di foto profil, dipasang di story atau ceritamu, komentarmu di FB, di jendela obrolan FB, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Cara Membuat Akun Amazon Prime Gratis Tanpa Kartu Kredit

Pada intinya, Avatar tersebut bisa kamu gunakan untuk mewakili identitasmu saat bersosial media di Facebook. Dengan begitu, orang atau temanmu di FB akan mengetahui bahwa Avatar tersebut dirimu, meskipun tanpa menyebutkan nama akun atau nama orang.

Cukup menarik, bukan? Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu sekalian yang sudah lama menggunakan FB, tetapi belum memiliki Avatar. Silahkan memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat Avatar yang mewakili dirimu sendiri.

Lagipula, sudah banyak pengguna FB yang menggunakan Avatar untuk sekedar bersenang-senang atau biar lebih eksis di dunia maya. Kamu juga jangan sampai ketinggalan untuk membuatnya dan ikut bersenang-senang juga.

Cara Membuat Avatar di FB

Kamu sudah mengenal perihal Avatar yang ada di Facebook. Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui cara membuatnya. Khususnya kamu yang belum mengetahui caranya. Sebenarnya cara membuatnya cukup mudah.

Apalagi sudah ada Facebook berbahasa Indonesia yang bisa kamu baca dan pelajari. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan kamu baca informasi cara membuat Avatar di FB berikut. Pasalnya, ada beberapa langkah yang harus kamu praktikkan saat ingin membuat Avatar di FB.

  • Siapkan gadgetmu dulu dan buka aplikasi Facebook.
  • Setelah itu, klik menu tiga garis vertikal di halaman utama FB. Biasanya, menu tersebut berada di sudut kanan atas untuk pengguna Android dan di sudut kanan bawah untuk pengguna iOS atau iPhone.
  • Setelah masuk ke dalam menunya, kamu scroll ke bawah terus untuk klik melihat lainnya atau See More. Lalu, pilih opsi Avatar.

Setelah masuk ke dalam menunya,

  • Selanjutnya, klik Next dan pilih Mulai atau Get Started. Dengan begitu, kamu bisa memulai menggunakan fitur Avatar tersebut.
  • Dimulai dengan pemilihan warna kulit. Kamu bisa memilih warna kulit yang diinginkan dan disesuaikan dengan fisik atau kepribadianmu sendiri. Ada sebanyak 27 pilihan warna kulit yang bisa kamu pilih.
  • Setelah itu, kamu dapat memilih model atau gaya rambut yang diinginkan. Ada pilihan Short untuk rambut pendek, Medium untuk rambut panjang sebahu, dan Long untuk rambut panjang sepinggang. Pilih saja sesuai rambut yang kamu miliki.
Baca Juga  Cara Mengunci Profil Facebook Lite Dari Orang Lain Terbaru

Setelah itu, kamu dapat memilih model

  • Selanjutnya, kamu klik ikon Color atau warna. Pilih warna rambut yang kamu inginkan untuk Avatar tersebut.
  • Langkah berikutnya, yaitu menentukan bentuk wajah untuk Avatar. Kamu bisa memilih bentuk, corak, dan garis wajah yang diinginkan. Pilihannya memang cukup mendetail agar Avatar yang dibuat nanti benar-benar mencerminkan dirimu dalam bentuk grafis kartun.
  • Selanjutnya, kamu bisa menentukan pilihan mata atau Eyes. Mulai dari memilih bentuk mata, warnanya, hingga panjang bulu mata yang diinginkan. Khususnya bagi kamu para kaum hawa, ada pilihan Eyebrows atau alis.
    Kamu bisa memilih bentuk dan warna alias yang diinginkan. Bahkan, kamu juga dapat menambahkan aksesoris kacamata untuk dipakai.
  • Langkah selanjutnya, yaitu menentukan mulut dan hidung. Pilih saja bentuk mulut dan hidung yang kamu inginkan untuk Avatar tersebut. Selain itu, kamu juga dapat memilih bentuk bibir beserta warnanya sekalian.
  • Belum sampai disitu, kamu juga bisa menambahkan rambut wajah jika menginginkannya. Dengan begitu, karakter wajahmu bisa semakin terlihat seperti aslinya.
  • Berikutnya, kamu bisa memilih bentuk tubuh untuk Avatar yang ingin dibuat. Mulai dari tubuh gemuk, sedang, langsing, tinggi, ataupun pendek. Pilih saja seperti yang diinginkan.
  • Setelah itu, kamu juga dapat memilih pakaian yang paling disukai, baik pria ataupun wanita. Disesuaikan saja dengan keinginan dan kepribadianmu. Bahkan, beberapa aksesoris pakaian juga bisa dipilih, seperti topi, syal, dan lain sebagainya.
  • Avatar sudah kamu buat sesuai keinginanmu. Kamu bisa melihatnya kembali untuk mengedit atau mengganti bagian yang kurang cocok. Jika sudah fixed, klik ikon centang di sudut kanan atas. Dengan begitu, Avatar yang kamui buat sudah selesai dan bisa digunakan.
  • Selanjutnya, klik Next dan jangan lupa klik juga Done atau selesai.
Baca Juga  3 Cara Menghapus Akun Facebook Orang Lain dari FB Kita

Itulah cara membuat Avatar di FB yang bisa kamu praktikkan sekarang juga. Buatlah sebuah Avatar yang paling menarik menurut keinginanmu sendiri, sehingga bisa mengekspresikan diri saat bersosial media di Facebook.

Cara Menggunakan Avatar dan Membagikannya

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Avatar yang sudah dibuat tersebut untuk beragam hal di Facebook. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

1. Dijadikan Foto Profil

Dijadikan Foto Profil

  • Kamu masuk ke menu profil akunmu di Facebook. Lalu, klik bagian foto untuk mengganti atau memasang dengan lainnya.
  • Kamu cari saja Avatar tersebut di ruang penyimpanan. Lalu, pasang di foto profil dengan mencocokkan agar gambarnya tepat. Setelah itu, klik Ok dan foto profilmu di FB sudah berganti dengan Avatar.

2. Menggunakan di Komentar

Menggunakan di Komentar

  • Kamu juga bisa menggunakan gambar Avatar saat berkomentar di Faceebok. Caranya, klik saja ikon smiley face atau wajah tersenyum di bagian tulis atau write pada kolom komentar.
  • Lalu, kamu pilih gambar Avatar yang sudah dibuat. Selanjutnya, gambar Avatar akan muncul di kolom komentar. Kamu bisa menambahkan tulisan atau ikon lainnya biar lebih seru dan menyenangkan.

3. Membagikan di FacebookMembagikan di Facebook

  • Kamu juga dapat membagikan gambar Avatar di Facebook. Caranya, masuk ke menu Avatar dari tiga garis di kanan atas, lalu pilih Share.
  • Setelah itu, klik Share to Feed. Lalu, kamu bisa membagikan Avatar tersebut dengan mengklik Share to News Feed.

Sekarang, kamu sudah mengetahui cara membuat Avatar di FB yang sedang viral tersebut. Selanjutnya, silahkan mempraktikkannya sendiri untuk mendesain Avatar yang paling keren menurutmu. Selamat mencoba.