Cara Daftar Prakerja Gelombang 21

 

Cara Daftar Prakerja Gelombang 21-Kartu prakerja merupakan sebuah program dari pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat indonesia. Tetapi dengan adanya pandemi covid-19 ini melumpuhkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat sehingga presiden jokowi mengambil keputusan dan inisiatif untuk membatasi kegiatan ini.

Presiden mengambil keputusan untuk mempercepat program pembagian pengadaan kartu prakerja nasional maju lebih awal. Mengingat banyak pemutusan hubungan kerja(PHK) dimana mana karena akibat wabah covid-19.

Pemerintah akan mengeluarkan kartu prakerja 2020 dalam waktu dekat ini bulan april guna membantu pekerja indonesia. Pemerintah juga mengubah anggaran program kartu prakerja dari yang berjumlah 10 triliun rupiah hingga 20 triliun rupiah. Dengan adanya peningkatan anggaran ini manfaatnya pun ikut serta meningkat.

Peserta yang lolos dari pendaftaran kartu prakerja ini,  akan menerima uang dengan jumlah 3.550.000 selama kamu menjalani program. Bantuan intensif  intensif itu sudah meliputi biaya pelatihan dengan jumlah 1.000.000 apabila dirincikan.

Apakah kartu prakerja gelombang 21 adalah gelombang terakhir tahun ini?

Kemungkinan besar akan ada gelombang tambahan setelah ada pemulihan kuota. Pemulihan kuota ini dari penerima kartu prakerja yang kepesertaannya telah dicabut. Jika tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari maka kepesertaannya akan cicabut.

Pendaftaran prakerja gelombang 21 akan dibuka beberapa hari guna memberi kesempatan untuk mereka yang ingin mendaftar. Proses seleksinya pun tidak berdasarkan siapa pendaftar yang paling pertama, jadi buat kamu para pendaftar prakerja jangan terburu-buru dan isilah formulir dengan benar.

Pendaftar kartu prakerja akan masuk tiga tahap penyaringan yang dilakukan pihak manajemen,apa saja itu? Kita simak sebagai berikut:

  • Akan ada pencocokan nomor induk kependudukan(NIK) dan nomor kartu keluarga(KK) dengan data yang ada didukcapil
  • Adanya daftar terlarang(blacklist)

Permenko nomor 11 tahun 2020 menyebutkan bahwa ada beberapa kategori pekerja yang tidak bisa mendaftar atau terlarang.

Diantaranya adalah pimpinan dan anggota DPRD, pejabat negara, dewan pengawas Badan usaha milik negara(BUMN), anggota polri, Aparatul sipil negara(ASN), direksi, kepala dan perangkat desa.

Peserta gelombang sebelumnya yang tidak mengambil pelatihan selama 30 hari juga itu masuk ke daftar terlarang.

Penerima bansos juga tidak bisa menerima kartu prakerja karena adanya pemerataan.

  • Dengan sistem randomisasi sehingga keluar NIK penerima kartu prakerja

Tiga tahap penyaringan tadi dilakukan dengan sistem tanpa ada campur tangan manusia.

Cara pendaftaran kartu prakerja gelombang 21 itu sangat mudah hanya dengan handphone kamu juga bisa yha ! Sebelum daftar prakerja ini kamu pastikan dulu sudah punya akun kartu prakerja. Jika belum yuk sekarang simak dan ikuti langkah-langkah membuat akun prakerja:

cara daftar akun prakerja gelombang 21

Cara Daftar Akun Prakerja

  • Jika kamu belum mempunyai akun prakerja, sekarang buka halaman web prakerja.go.id
  • Masukan alamat email, buat password minimal minimal terdiri 6 karakter. Kemudian konfirmasi password atau ketik ulang
  • Klik buat akun, kemudian centang pernyataan dibawah
  • Pendaftar akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang telah terdaftar tadi
  • Buka email lakukan verifikasi. Dan akun prakerja pun telah aktif

Jika kamu sudah mempunyai akun prakerja, cukup login di www.prakerja.go.id  dengan membutuhkan email dan password yang kamu punya. Jika kamu masih belum paham silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 21

  • Untuk mengikuti seleksi kamu hanya perlu klik “gabung”
  • Setelah kamu berhasil membuat akun dan login ke kartu prakerja, kamu diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tempat tanggal lahir
  • Jika kamu mengisi kolom nya tidak tepat maka akan diminta mengulanginya lagi
  • Lengkapi formulir kamu dan unggah foto KTP. Data yang diminta meliputi, nama lengkap, alamat email, provinsi, kabupaten, tempat tinggal saat ini, alamat sesuai KTP, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status pekerjaan, status perkawinan, jumlah tanggungan, topik pelatihan yang kamu ingin ikuti
  • Unggah scan KTP atau foto, kemudian klik kontak di sebelah kiri bawah yang berisi”Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur jujurnya” kemudian klik lanjutkan
  • Pendaftar akan menerima sms berisi kode OTP dari nomor yang sudah terdaftar
  • Jika sudah mengisi kode OTP, klik kirim. Lalu selanjutnya pengisi pernyataan “apakah saat ini kamu tidak bekerja? Isilah semua pernyataan sampai dengan selesai lalu klik OK

Manfaat dan syarat mendaftar kartu prakerja

Dengan merilis kartu prakerja 2020 lebih awal, mengingat dengan adanya dampak pandemi yang merusak perekonomian indonesia. Kini pemerintah berharap adanya prakerja ini bisa memberikan dampak positif dan maanfaat seperti:

  • Bisa meringankan biaya pelatihan ditanggung oleh pihak perusahaan
  • Bisa membantu mengurangi biaya mengenai pelatihan dan mencari informasi
  • Memberi semangat kebekerjaan seseorang lewat mismatch
  • Bisa menjadi komplemen melalui pendidikan formal

Berikut ada beberapa syarat dan benefit untuk bisa mendaftar kartu prakerja:

  • Kartu prakerja adalah program yang dibiayai oleh pemerintah
  • Semua orang yang sudah berusia 18 tahun dan sudah menyelesaikan pendidikannya/tidak kuliah boleh ikut mendaftar
  • Kamu akan menerima insentif dalam bentuk biaya setiap bulannya, jika sudah menyelesaikan pelatihan. Total biaya yang didapatkan sebesar RP 3.550.000 dan terdiri dari biaya untuk pelatihan sebesa Rp 1 juta, biaya pasca pelatihan Rp 600 ribu/bulan berlangsung selama 4 bulan. Dan insentiv survei dengan total Rp 150 ribu
  • Kamu bisa mendapat informasi yang lebih lengkap silahkan kunjungi halaman https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan

Kamu juga harus tahu ada beberapa mitra yang bekerja sama dengan program pemerintah kartu prakerja ini diantaranya ada skill akademi, toko pedia, bukalapak, kemenaker, pintaria dan lainnya.

Baca juga: Situs Beli Pulsa Online Bayar Via Paypal

Penutup

Kembangkan terus skill kemampuan mu, jadikanlah bakatmu sebagai penghasilanmu. Terimakasih semoga ulasan ini bermanfaat.