Cara Daftar Internet PLN dan Biaya Berlangganannya

Cara Daftar Internet PLN-PT Pelayanan Listrik Nasional atau yang lebih dikenal dengan PT PLN saat ini telah menyediakan salah satu jasa layanan internet yang diberi nama dengan Internet Fixed Broadband atau yang sering disebut Iconnet. Layanan ini dibuat dengan berbasiskan serat optic dengan tujuan untuk melayani kebutuhan dari masyarakat Indonesia akan jaringan internet.

Nah, layanan internet  ini sendiri telah dikelola oleh anak perusahaan dari PT PLN, yakni PT Indonesia Comnets Plus atau yang sering disebut dengan PT ICON+. Setela berhasil memenuhi kebutuhan listrik dari Indonesia, kini PT PLN melalui anak perusahaannya yakni PT Indonesia Comnets Plus atau ICON+ ini pun berjanji untuk memberikan jaringan internet.

Baru saja produk internet ini diluncurkan, namun pihak PT PLN sudah memasang target untuk mendapatkan sekurangnya hingga 20 juta pelanggan di tahun 2024 nantinya. Untuk cara berlangganannya pun cukup mudah.

Bagi Anda yang masih awam dan belum memahami bagaimana cara yang benar untuk mendaftar, maka bisa simak penjelasan dibawah ini terkait bagaimana cara daftar internet pln beserta berapa besaran harga paket Iconnet untuk perbulannya.

Cara Daftar Internet PLN Iconnet

Untuk anda yang merasa tertarik dengan paket internet yang ditawarkan oleh PLN ini. Maka anda bisa melakukan pendaftaran dengan cara seperti dibawah ini.

  • Pertama, silahkan Anda masuk ke laman dari iconnet.id atau masuk ke aplikasi PLN
  • Pilih menu coverage untuk melakukan pengecekan lokasi Anda apakah telah benar-benar tercover oleh internet atau belum.
  • Jika daerah Anda memang sudah tercover oleh internet, maka Anda bisa melanjutkannya dengan masuk ke menu registrasi atau menu daftar.
  • Setelah itu, silahkan Anda masukkan data pribadi Anda sesuai dengan data yang valid. Data diri yang harus diisikan biasanya berupa nama penggunanya, email yang masih aktif dan digunakan, nomor id pelanggan, nomor handphone yang aktif dan akan didaftarkan Iconnet, dan nomor KTP sesuai dengan data valid.
  • Selanjutnya, silahkan Anda masukkan converge area mulai dari Provinsi dimana Anda tinggal, Kota atau Kabupaten, Kecamatan, hingga Kelurahan dari tempat tinggal Anda tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan alamat dan titik koordinat alamat rumah Anda agar lebih mudah untuk mendeteksinya. .
  • Setelah itu silahkan pilih pasang sekarang.
  • Pilih paket layanan yang akan Anda gunakan atau yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Isikan sesuai dengan aplikasi dan pilih salah satu metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Jika data sudah terisi semuanya, maka silahkan Anda klik
  • Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa metode pembayaran yang disediakan dan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Ada bank Mandiri yang bisa Anda akses dari Mandiri Virtual Account. Selain itu, Anda juga bisa membayar melalui Indomaret, Alfamart, hingga aplikasi LinkAja.
  • Apabila pembayaran yang Anda lakukan berhasil, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa pembayaran Anda telah berhasil dilakukan.
  • Untuk pemasangan internetnya, biaya instalasinya gratis. Namun dengan syarat, minimal sudah berlangganan selama satu tahun untuk wilayah khusus Jabodetabek saja.

Dengan menerapkan beberapa cara seperti diatas, maka anda kini sudah bisa berlangganan paket Internet yang disediakan oleh PLN. Tentunya paket internet ini memiliki banyak sekali keuntungan.

daftar internet pln

Paket Internet Iconnet

  • Untuk paket Iconnet 10, biaya berlangganannya adalah sekitar 185 ribu rupiah. Dengan paket ini, pelanggan akan mendapatkan full fiber internet dengan kecepatan download mencapai 10 Mbps sepuasnya (unlimited).
  • Untuk paket Iconnet 20, biaya berlangganannya adalah 207 ribu rupiah saja. Dengan paket ini, maka pelanggan akan mendapatkan full fiber internet dengan kecepatan download mencapai 20 Mbps sepuasnya (unlimited).
  • Untuk paket Iconnet 50, biaya berlangganannya adalah 297 ribu rupiah dan pelanggan pun akan mendapatkan full fiber internet dengan kecepatan download hingga mencapai 50 Mbps sepuasnya (unlimited).
  • Terkahir, paket Iconnet 100 dengan biaya berlangganan 427 ribu rupiah. Dalam paket ini, pelanggan akan mendapatkan full fiber internet dengan kecepatan download yang mencapai 100 Mbps sepuasnya (unlimited).

Baca juga: Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Bayar Tagihan

Untuk bayar tagihannya, pelanggan bisa melakukan dengan cara seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Pertama, silahkan Anda unduh aplikasi PLN
  • Kemudian, silahkan login ke aplikasi PLN Mobile dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya pada menu registrasi. Ketika fitur Iconnet.
  • Pastikan bahwa Anda telah menambahkan data ID pelanggan yang sudah terdaftar pada layanan ICONNET.ID. pelanggan ICONNET ini bisa dilihat melalui email tagihan dari iconnet@iconpln.co.id.
  • Setelah itu, silahkan Anda pilih menu layanan. Sesaat setelahnya akan muncul tagihan saat ini, maka silahkan Anda klik bayar.
  • Pilih salah satu metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan Anda dan silahkan Anda bayarkan tagihan sesuai dengan nominal yang tertera pada layar tagihan tersebut.

Selain berlangganan paket internet, Anda juga bisa berlangganan TV kabel Iconnet dengan harga dan kecepatan download yang cukup bervariasi. Mulai dari Iconnet dengan kecepatan 10 Mbps seharga 350 ribuan, Iconnet 20 Mbps seharga 370 ribuan, Iconnet 50 Mbps seharga 460 ribuan, dan Iconnet 100 Mbps seharga 590 ribuan.

Baca juga: WiFi Selain Indihome

Akhir Kata

Semua paket internet dan TV kabel Iconnet ini bisa Anda nikmati sepuasnya atau unlimited dengan akses channel TV kabel. Jadi, apakah Anda tertarik untuk ikut berlangganan internet Iconnet ini? Dan inilah cara daftar internet pln yang perlu Anda ketahui.