Asuransi Kesehatan: Pengertian, Macam-Macam dan Terbaik 2022

Asuransi Kesehatan – Pandemi COVID – 19 belum menunjukkan tanda – tanda mereda di Indonesia. Jumlah penderita COVID – 19 semakin hari semakin bertambah. Dalam situasi seperti itu, Asuransi kesehatan adalah ide yang baik untuk mempertimbangkan resiko biaya kehidupan kamu. Dengan asuransi kesehatan, kamu dapat mengalihkan dan mengurangi risiko yang terjadi pada kamu dan keluarga pada saat terjatuh sakit.

Seperti jenis asuransi lainnya, kamu dapat membayar premi setiap bulannya yaitu setiap enam bulan, atau setiap tahun. Mungkin juga ada syarat lain untuk pembayaran premi, misalnya setiap tiga atau empat bulan sekali. Kamu harus memilih salah satu yang paling sesuai dengan kondisi keuangan.

Terlepas dari usia dan pekerjaan kamu, setiap orang harus memiliki asuransi kesehatan. Bahkan anggota keluarga yang cacat pun harus memiliki asuransi kesehatan. Padahal, keluarga utama harus memiliki asuransi kesehatan sejak awal, mengingat jika sakit, pekerjaan bisa sulit dan pendapatan bisa menderita. Oleh karena itu kami akan memberikan informasi seputar asuransi kesehatan yang dapat kamu simak di bawah ini.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jasa dari beberapa jenis asuransi yang bertujuan menawarkan jaminan kesehatan untuk para tanggungannya apabila yang bersangkutan sedang mengalami kejadian penyakit atau kecelakaan. Perusahaan asuransi menawarkan pilihan asuransi kesehatan dari rawat inap hingga rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap. Bukan hanya itu, asuransi kesehatan juga menanggung biaya tertanggung untuk persalinan normal atau operasi sesar. Agar memenuhi syarat untuk asuransi kesehatan atau manfaat, pemegang polis atau setiap klien harus membayar dari premi asuransi kesehatan secara teratur.

Premi dari asuransi kesehatan bervariasi dan tergantung pada status tingkat risiko, kesehatan tertanggung, manfaat dan kondisi lain dari masing – masing perusahaan asuransi. Berbeda dari BPJS Kesehatan milik negara, asuransi kesehatan dari swasta mempunyai beberapa keunggulan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan milik negara, seperti keunggulan dalam hal kemudahan serta fleksibilitas untuk memilih rumah sakit dan kecepatan tanggap untuk melayani para tanggungannya. Perawatan di beberapa rumah sakit biasanya diberikan asuransi, baik kooperatif ( non tunai ) maupun non kooperatif ( ganti rugi ).

Mengapa Harus Memiliki Asuransi Kesehatan ?

Mengapa Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Sama halnya dengan asuransi lainnya, asuransi kesehatan tentunya dapat memberikan kamu berbagai keuntungan. Berikut ini telah kami rangkum berbagai manfaat atau keuntungan ketika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan di bawah ini :

  • Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak akan merepotkan dan membebani lagi kerabat bahkan keluarga jika kamu sedang mengalami penyakit dan membutuhkan perawatan sehingga harus dirawat di dalam rumah sakit pada jangka waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan biaya pengobatan dan perawatan akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak perusahaan asuransi, jadi kamu akan merasa tenang dan tidak merasa khawatir ketika kejadian buruk menimpa kamu.
  • Setiap tahunnya biaya perawatan setiap tahunnya akan mengalami peningkatan, Namun hal tersebut teratasi apabila kamu sudah mempunyai asuransi kesehatan. Kamu dapat membayar biaya perawatan kamu tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk jangka waktu panjang jika kamu perlu dirawat di rumah sakit atau mengalami sakit parah. Secara umum, belanja kesehatan di Indonesia meningkat 10 – 15 % per tahunnya. Kenaikan biaya kesehatan ini juga tidak diimbangi dengan perhitungan kenaikan upah, sehingga risiko kehilangan aset atau kebangkrutan sangatlah tinggi apabila kamu mengalami sakit parah.
  • Semakin dini kamu mencapai usia yang tinggi, maka semakin murah biaya yang akan dibayarkan. Perkiraan ini berdasarkan dari risiko penyakit yang kamu alami. Semakin mudanya usia kamu, maka semakin murah premi asuransi kamu dan semakin rendahnya risiko untuk penyakit yang kamu alami.
  • Biaya premi asuransi kesehatan cukup murah, apalagi jika ingin mencoba menggunakan asuransi kesehatan murni.
  • Memiliki sistem asuransi kesehatan non tunai yang hanya memungkinkan Anda memiliki kartu khusus yang disediakan oleh perusahaan asuransi untuk mempermudah proses klaim.
  • Kamu dapat mengajukan asuransi kesehatan baik secara langsung melalui website atau melalui aplikasi di ponsel kamu seperti pinjaman online.
  • Memberi kedamaian, Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suatu penyakit atau kondisi yang mengancam kesehatan Anda tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Nah, dengan pertanggungan asuransi kesehatan, Anda bisa merasa lebih aman dan terjamin. Selain itu, Anda tidak perlu panik dan bingung, mintalah bantuan orang tua, keluarga, kerabat atau teman jika Anda tiba-tiba sakit atau mengalami kecelakaan.
  • Bisa dijadikan investasi sekaligus tabungan, Beberapa produk asuransi kesehatan tidak hanya memberikan perlindungan bagi kesehatan Anda, tetapi juga memberikan peluang tambahan yang dapat menjadi investasi atau tabungan sekaligus. Nah, jika Anda memilih asuransi yang memiliki dana plus investasi, biasanya memberikan keleluasaan dan keleluasaan dalam memilih masa pertanggungan. Untuk waktu, ini biasanya 5, 7 atau 10 tahun. Premi tersebut merupakan premi tunggal yang relatif terjangkau dan dapat dibebaskan dari biaya administrasi.
  • Membantu meminimalkan kerugian, Memiliki asuransi kesehatan sangat membantu dalam meminimalkan kerugian kontinjensi bagi pemegang polis. Bantuan yang biasanya diberikan biasanya berupa bantuan apabila terjadi kerusakan akibat bencana alam, kebakaran, kecelakaan, dan biaya rumah sakit.

Macam – Macam Asuransi Kesehatan

Macam - Macam Asuransi Kesehatan

Kamu dapat memilih dari berbagai macam asuransi kesehatan. Berbagai jenis asuransi kesehatan biasanya berbeda tergantung pada kepemilikan lembaga yang menjalankannya, jenis dari perawatan yang ditanggung, atau oleh siapa yang akan ditanggung oleh asuransi kesehatan. Manfaat dari asuransi kesehatan dari apa yang telah kamu dapatkan saat jatuh sakit bisa bertambah jika kamu sudah mengetahui macam – macam asuransi kesehatan. Untuk itu kami telah merangkum ulasan di bawah ini untuk membantu kamu memahami macam – macam asuransi kesehatan berikut ini :

1. Asuransi Jenis Rawat Inap

Keuntungan utama asuransi rawat inap adalah pembayaran perawatan tertanggung selama rawat inap jika sakit. Jika kamu memiliki asuransi rawat inap, perusahaan asuransi biasanya membayar semua biaya yang dikeluarkan selama rawat inap. Tidak sedikit orang yang mengambil asuransi jenis ini karena memerlukan rawat inap yang memberikan perawatan dan pengawasan medis yang maksimal, dipadu dengan pengawasan tim medis sepanjang waktu.

Asuransi rawat inap juga menawarkan manfaat maksimal jika dikaitkan dengan operasi. Operasi biasanya memakan waktu lama dan rumah sakit membebankan tagihan rumah sakit. Jika Anda memiliki asuransi seperti ini, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya dan bisa fokus pada proses penyembuhan.

2. Asuransi Jenis Rawat Jalan

Asuransi jenis rawat jalan merupakan asuransi yang akan menanggung biaya pengobatan tertanggung untuk pengobatan rawat jalan orang sakit. Beberapa tipe biaya pengobatan yang biasanya ditanggung oleh asuransi jenis rawat jalan antara lain pemeriksaan laboratorium, diagnosa medis, serta berbagai kegiatan yang tidak perlu mengharuskan tertanggung agar tinggal atau menginap di tempat rumah sakit. Penatalaksanaan nyeri rawat jalan yang tidak mendesak dan memerlukan pengobatan jangka panjang. Banyak orang lebih memilih pengobatan rawat jalan karena dianggap praktis dan tidak memerlukan rawat inap.

Jika Anda berpikir bahwa asuransi rawat jalan adalah asuransi wajib. Hal ini karena, pada umumnya, kebanyakan orang lebih sering membutuhkan rawat jalan daripada rawat inap. Penyakit yang umum dan tidak terlalu parah biasanya hanya memerlukan pengobatan rawat jalan dan tidak memerlukan rawat inap.

3. Asuransi Jenis Pribadi

Tipe asuransi berikutnya adalah asuransi pribadi. Asuransi pribadi terlihat pada mereka yang diasuransikan, yaitu individu. Manfaat dan perlindungan asuransi kesehatan akan diberikan hanya tersedia untuk satu orang yang sudah memiliki asuransi. Dalam ketentuan polis asuransi pribadi, tertanggung tidak dapat menggunakan asuransi untuk diberikan kepada orang lain.

4. Asuransi Jenis Kelompok

Berbeda dengan asuransi pribadi yang hanya mencakup individu, perlindungan kesehatan dari yang diberikan oleh asuransi kelompok berlaku untuk semua anggota kelompok. Contohnya asuransi kesehatan jenis keluarga yang mencakup hanya satu keluarga. Contoh lainnya asuransi kesehatan jenis perusahaan yang mencakup satu perusahaan. Dengan cara ini, setiap anggota dari keluarga atau jenis anggota perusahaan akan mendapatkan pertanggungan asuransi kelompok yang sama dengan yang mereka miliki.

5. Asuransi Milik Swasta

Tergantung pada badan yang menyelenggarakan asuransi, ada beberapa jenis asuransi swasta. Jenis asuransi ini adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan atau perorangan. Asuransi jenis ini biasanya dibayar penuh oleh nasabah. Premi yang dibayarkan juga berbeda tergantung manfaat yang akan diterima tertanggung.

Asuransi swasta ini umumnya dianggap mahal bagi kebanyakan orang. Namun, Anda harus memahami bahwa tingginya biaya premi tergantung pada apa yang ditanggung oleh polis asuransi pilihan Anda.

6. Asuransi Milik Negara

Jenis asuransi yang terakhir adalah asuransi kesehatan pemerintah. Asuransi pemerintah ini lebih dikenal dengan BPJS Kesehatan. Jaminan kesehatan pemerintah ini difokuskan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Bahkan dalam pelaksanaannya, asuransi umum ini menggunakan prinsip gotong royong, sehingga dapat membantu masyarakat dengan tingkat perkembangan ekonomi rata-rata dan rendah.

Premi asuransi yang dibayarkan juga dapat disubsidi oleh negara, tetapi hanya bagi yang berhak. Karena asuransi umum adalah prinsip dengan metode gotong royong dan ditujukan untuk semua orang Indonesia, memiliki keterbatasan yang berbeda dibandingkan dengan asuransi swasta.

Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik

Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik

Terdapat ratusan perusahaan yang menyediakan berbagai asuransi kesehatan namun dalam hal menemukan premi asuransi kesehatan yang terjangkau terutama bagi mereka yang berada di ujung atas kisaran subsidi dan seterusnya. Premi asuransi kesehatan dapat sangat bervariasi berdasarkan di mana kamu tinggal, berapa banyak uang yang kamu peroleh, dan banyaknya jumlah keluarga kamu.

Terlepas dari di mana kamu termasuk dalam metrik tersebut, cara terbaik untuk menemukan asuransi kesehatan yang terjangkau adalah dengan berbelanja di antara beberapa penyedia yang berbeda dan membandingkan paket berdasarkan apa yang mereka tawarkan, premi bulanan kamu, biaya tahunan kamu, dan detail lainnya. Pada artikel ini kami telah membandingkan beberapa penyedia teratas di bidang ini untuk menemukan perusahaan asuransi kesehatan terjangkau terbaik di luar sana saat ini.

Asuransi Terbaik Untuk Pekerja Jarak Jauh : Blue Cross Blue Shield

Blue Cross Blue Shield masuk kedalam jajaran asuransi kesehatan terbaik karena opsi perawatan kesehatan mereka untuk kamu yang bekerja dari jarak jauh dan perlu membekali perlindungan kesehatan untuk diri sendiri. Ini termasuk opsi untuk membekali pertanggungan yang berlaku di 50 negara bagian, serta asuransi kesehatan global untuk perjalanan jangka pendek atau jangka panjang.

Kelebihan

  • Sejarah perusahaan yang panjang dan reputasi yang kuat
  • Cakupan global tersedia
  • Diterima secara luas oleh dokter dan spesialis

Kontra

  • Terdapat banyak ulasan negatif pengguna online baik di Consumer Affairs maupun Trustpilot

Blue Cross Blue Shield awalnya didirikan pada tahun 1929 dan sejak itu diperluas untuk menawarkan cakupan asuransi kesehatan berkualitas tinggi di seluruh dunia. Perusahaan ini menawarkan perlindungan kepada 76% perusahaan di dunia sekitar 100, 69 juta orang yang bekerja untuk pengusaha kecil, 17 juta pekerja yang berserikat, dan jutaan lainnya. Namun pada akhirnya, kami memilih Blue Cross Blue Shield untuk peringkat kami karena opsinya untuk pekerja jarak jauh, termasuk asuransi kesehatan yang bekerja di seluruh negeri atau bahkan di seluruh dunia.

Blue Cross Blue Shield memungkinkan Anda membeli perlindungan asuransi kesehatan yang bekerja di 50 negara bagian, dan diterima secara luas oleh dokter dan spesialis di seluruh negeri. Mereka juga menawarkan perlindungan di pasar Undang-Undang Perawatan Terjangkau, yang berarti pelanggan yang memenuhi syarat bisa mendapatkan subsidi untuk membuat premi asuransi kesehatan mereka terjangkau. Anda bahkan dapat membeli perlindungan asuransi kesehatan di seluruh dunia yang berfungsi untuk perjalanan jangka pendek atau jangka panjang—keduanya kemungkinan nyata jika Anda dapat bekerja dari rumah atau di mana pun di dunia.

Asuransi Terbaik Untuk Cakupan Jangka Pendek : United Healthcare

Kami telah memilih United Healthcare untuk asuransi kesehatan terbaik berdasarkan fakta bahwa asuransi kesehatan United Healthcare menawarkan perlindungan asuransi kesehatan jangka pendek saat kamu membutuhkannya. Jenis asuransi kesehatan ini dapat bekerja dengan baik jika kamu berada di antara rencana berbasis pemberi kerja atau kamu memerlukan pertanggungan sementara untuk alasan apa pun.

Kelebihan

  • Sejarah perusahaan yang panjang
  • Tersedia asuransi kesehatan jangka pendek
  • Menawarkan paket yang sesuai dengan ACA

Kontra

  • Peringkat di bawah rata – rata di hampir semua wilayah dalam Studi Rencana Kesehatan Komersial AS 2020 JD Power
  • Beberapa rencana jangka pendek tidak tersedia di setiap negara bagian

United healthcare awalnya didirikan pada tahun 1977, namun telah berkembang pesat sejak saat itu dan sekarang melayani lebih dari 45 juta pelanggan. Penyedia ini juga bekerja secara langsung dengan lebih dari 1,2 juta dokter dan penyedia layanan kesehatan, serta 6.500 rumah sakit dan pusat kesehatan di seluruh Amerika Serikat. Kami memilih UnitedHealthcare untuk peringkat kami berdasarkan pilihan asuransi kesehatan jangka pendek mereka, yang membantu konsumen menjembatani kesenjangan ketika mereka berada di antara rencana.

Asuransi jangka pendek dari United Healthcare bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu melewatkan pendaftaran terbuka untuk ACA, Anda sedang menunggu pertanggungan untuk memulai, atau Anda berada di antara pekerjaan. Anda bisa mendapatkan pertanggungan segera setelah hari Anda mendaftar, dan Anda dapat memilih lama pertanggungan Anda serta pengurangan Anda. Anda juga memiliki opsi untuk membatalkan pertanggungan jangka pendek Anda tanpa penalti jika opsi asuransi jangka panjang muncul.

Terakhir, penting untuk diketahui bahwa rencana asuransi kesehatan jangka pendek dari UnitedHealthcare ditanggung oleh Golden Rule Insurance Company, yang mendapat peringkat A dari AM Best untuk kekuatan finansialnya.

Asuransi Terbaik Untuk Rencana Tabungan Kesehatan ( HSA ) : Kaiser Permanente

Kami memilih Kaiser Permanente karena fakta bahwa ia mengelola sendiri Health Savings Accounts atau disingkat sebagai ( HSA ), yang dapat membantu Anda menghemat biaya kesehatan berdasarkan keuntungan pajak.

Kelebihan

  • Kaiser menawarkan HSA-nya sendiri
  • Paket yang sesuai dengan ACA tersedia untuk individu dan keluarga
  • Beberapa peringkat teratas dalam Studi Rencana Kesehatan Komersial AS 2020 JD Power

Kontra

  • Cakupan hanya tersedia di delapan negara bagian dan Washington DC

Kaiser Permanente mulai menawarkan rencana asuransi kesehatan kepada publik mulai tahun 1945, namun telah berkembang menjadi salah satu penyedia asuransi kesehatan nirlaba terbesar di negara ini. Kaiser melayani lebih dari 12,4 juta anggota di delapan negara bagian ditambah Washington DC Kami memilih penyedia ini karena mereka menawarkan opsi Rekening Tabungan Kesehatan (HSA) mereka sendiri, yang memungkinkan Anda menghemat uang untuk biaya kesehatan jika Anda memiliki paket yang memenuhi syarat.

Saat Anda memasangkan rencana kesehatan yang dapat dikurangkan (HDHP) dari Kaiser Permanente dengan Rekening Tabungan Kesehatan (HSA) , Anda akan dipasangkan dengan kartu debit yang nyaman yang memungkinkan Anda menutupi pengeluaran yang memenuhi syarat dengan dana HSA Anda secara langsung dan tanpa dokumen tambahan. Paket HSA Anda juga datang tanpa biaya tersembunyi, dan Anda bisa mendapatkan pembebasan biaya paket bulanan $3,25 jika Anda mempertahankan saldo HSA sebesar $ 2.000 atau lebih.

Perlu diketahui juga bahwa Kaiser mungkin menawarkan paket yang sesuai dengan ACA di wilayah Anda, jadi Anda mungkin dapat menerapkan subsidi yang Anda terima untuk membuat premi Anda lebih terjangkau .

Asuransi Terbaik Untuk Cakupan Karyawan Terbaik : Cigna

Kami memilih Cigna asuransi kesehatan sebagai cakupan terbaik untuk karyawan karena fitur paket yang mungkin memenuhi syarat untuk kamu. Manfaat menonjol termasuk pemeriksaan tahunan $ 0, akses saluran kesehatan 24 / 7, dan aplikasi seluler.

Kelebihan

  • $0 pemeriksaan tahunan untuk rencana karyawan
  • Dapat berkomunikasi dengan perawat secara 24 / 7
  • Beberapa jenis cakupan tersedia

Kontra

  • Paket individu dan keluarga yang sesuai dengan asuransi kesehatan hanya tersedia di 10 negara bagian
  • Sebagian besar di bawah peringkat rata-rata dalam Studi Rencana Kesehatan Komersial Amerika Serikat 2020 JD Power

Cigna awalnya didirikan pada tahun 1792, yang menjadikannya salah satu perusahaan asuransi terlama di dunia. Meskipun area cakupan Cigna terbatas secara nasional, kami memilihnya untuk peringkat kami berdasarkan manfaat khusus yang mereka tawarkan kepada individu dalam rencana karyawan.

Pelanggan Cigna yang memiliki cakupan karyawan menikmati fasilitas seperti $0 pemeriksaan tahunan dan saluran kesehatan 24 / 7 yang memungkinkan Anda menelepon dan mendapatkan pertanyaan medis yang dijawab oleh perawat. Aplikasi myCigna juga dapat membantu Anda melacak perawatan medis dan tagihan medis Anda, serta tujuan perawatan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berbagai rencana tersedia untuk pemberi kerja yang memilih opsi ini, termasuk yang mencakup gigi, penglihatan, farmasi, dan cakupan kesehatan dan kebugaran. Sementara paket karyawan tersedia, Cigna juga menawarkan paket yang sesuai dengan asuransi kesehatan di 10 negara bagian.

Asuransi Terbaik Untuk Kenyamanan : Oscar

Kami memilih asuransi kesehatan perusahaan Oscar sebagai yang terbaik untuk kenyamanan karena faktanya fit menawarkan aplikasi seluler dan berbagai cara untuk menghemat waktu dan uang untuk perawatan kesehatan melalui telepon atau obrolan video.

Kelebihan

  • Pengalaman perawatan kesehatan digital
  • Bicaralah dengan dokter seharga $ 0
  • Terdapat aplikasi seluler
  • Paket yang sesuai dengan asuransi kesehatan tersedia di area cakupan yang memenuhi syarat

Kontra

  • Sejarah perusahaan lebih pendek daripada kebanyakan pesaing
  • Paket hanya ditawarkan di 18 negara bagian
  • Lebih sedikit peringkat dan ulasan untuk dibandingkan

Perusahaan Oscar baru didirikan pada tahun 2012, sehingga perusahaan perawatan kesehatan yang digerakkan oleh teknologi ini tidak memiliki sejarah panjang yang dimiliki beberapa pesaingnya. Namun, mereka saat ini melayani lebih dari 529.000 anggota di 291 kabupaten di 18 negara bagian. Ini berarti area cakupan mereka terbatas, tetapi Anda mungkin masih menemukan nilai dalam polis mereka jika Anda tinggal di salah satu area cakupan mereka.

Pada akhirnya, kami memilih Oscar untuk peringkat kami berdasarkan pengalaman perawatan kesehatan digital mereka yang membuat semuanya nyaman melalui aplikasi seluler dan kemampuan untuk memesan janji perawatan kesehatan melalui telepon atau video. Oscar memudahkan pelanggan untuk memelihara kartu ID digital, membuat janji temu, dan menemukan penyedia dalam jaringan menggunakan aplikasi seluler mereka.

Anda dapat menangani tugas-tugas seperti pembaruan resep dan perawatan pencegahan melalui telepon atau melalui obrolan video. Dengan oscar’s virtual urgent care dan virtual primary care, kamu juga dapat memesan kunjungan virtual tanpa batas seharga $ 0. Perlu diketahui juga bahwa, tergantung di mana Anda tinggal, Anda mungkin dapat membeli paket yang sesuai dengan ACA melalui Oscar yang dibuat lebih terjangkau berkat subsidi perawatan kesehatan. Anda dapat memeriksa health.gov selama pendaftaran terbuka untuk melihat opsi cakupan di wilayah kamu.

Asuransi Terbaik Untuk Medicare Advantage Dan Paket Kesehatan : Humana

Kami memilih Humana karena banyaknya pilihan paket Medicare Advantage, yang masuk akal bagi anggota Medicare yang menginginkan perlindungan tambahan.

Kelebihan

  • Beberapa paket menawarkan manfaat yang tidak diwajibkan oleh Medicare Bagian A atau Bagian B
  • Semua paket Medicare Advantage menyertakan daftar manfaat yang ditanggung
  • Sebagian besar lebih baik daripada rata – rata dan beberapa peringkat teratas dalam Studi Rencana Kesehatan Komersial AS 2020 JD Power

Kontra

  • Beberapa paket tidak ditawarkan di semua negara bagian
  • Humana tidak lagi menawarkan perlindungan asuransi kesehatan individu tradisional

Humana awalnya didirikan sebagai perusahaan panti jompo pada tahun 1961, namun berkembang dari waktu ke waktu menjadi salah satu penyedia asuransi kesehatan yang lebih besar di Amerika Serikat. Kami memilih mereka untuk peringkat kami berdasarkan pilihan cakupan mereka yang murah hati untuk Medicare Advantage dan pelanggan MediGap.

Paket Medicare Advantage dari Humana tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk paket HMO, paket PPO, paket PPFS, dan paket SNP. Meskipun pilihan pertanggungan bervariasi, masing-masing pilihan Medicare Advantage mereka mencakup manfaat dasar seperti pertanggungan untuk rawat inap di rumah sakit dan transportasi darurat, kunjungan telehealth, perawatan pencegahan dan kunjungan spesialis, persediaan dan peralatan medis, serta perawatan dan prosedur rawat jalan. Anda juga mendapatkan pertanggungan untuk pekerjaan lab, sinar-X, skrining, dan pencitraan.

Baca juga: Usaha Sampingan

Sementara itu, Humana juga terkenal dengan paket Medicare Supplement – nya, yang sering disebut sebagai paket Humana MediGap. Paket ini berbeda dari paket Medicare Advantage dan ditawarkan di sebagian besar negara bagian. Seperti Medicare Advantage, paket MediGap dapat membantu mengisi kekosongan cakupan Medicare tradisional.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Asuransi Kesehatan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Asuransi Kesehatan

Sebelum mengajukan asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu dapat memaksimalkan manfaat dan menggunakan dengan baik dari asuransi kesehatan, langsung saja kamu simak ulasan berikut di bawah ini :

Pastikan Premi Kamu Selalu Dibayar Tepat Waktu

Jika kamu memiliki polis asuransi, disarankan agar kamu selalu memperhatikan besaran premi asuransi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Pastikan kamu selalu membayar premi asuransi kesehatan tepat waktu, karena sewaktu – waktu kamu akan membutuhkannya untuk mengajukan asuransi kesehatan. Perusahaan asuransi akan mendaftarkan polis asuransi kesehatan Anda sebagai polis yang valid dan Anda akan mengumpulkan dokumen lengkap yang diperlukan.

Perhatikan Masa Aktif Asuransi Kesehatan Anda :

Berbagai perusahaan asuransi biasanya menetapkan masa aktif polis asuransi sekitar 30 hari atau 1 bulan. Karena itu, jika kita mengajukan permohonan atau perawatan ke rumah sakit sebelum polis kita aktif, kemungkinan besar akan ditolak karena belum memasuki masa polis aktif. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki asuransi kesehatan, penting untuk memastikan bahwa polis kamu sudah aktif sebelum mengajukan asuransi kesehatan.

Lihat Aturan Pengecualian Asuransi Kami :

Ada beberapa aturan pengecualian dalam polis asuransi yang harus diperhatikan oleh pemegang polis dan tertanggung dalam hal pengecualian dari pertanggungan asuransi. Secara umum, beberapa aturan pengecualian meliputi :

  • Untuk penyakit kritis seperti penyakit jantung koroner dan 34 penyakit kritis lainnya, dapat diajukan setelah minimal 6 bulan. Apabila sebelumnya kamu pernah menderita penyakit jantung, sebaiknya kamu tidak terburu – buru untuk melaporkannya, cobalah menunggu 6 bulan hingga 1 tahun sebelum kita dapat melaporkannya.
  • Dalam kasus penyakit yang ada sebelumnya, terlepas dari apakah kita mengetahuinya atau tidak. Perusahaan asuransi kesehatan tidak akan menanggungnya. Misalnya dengan penyakit bawaan.
  • Setelah itu, pastikan kita mengecek plafon asuransi yang diberikan kepada kita. Plafon ini berisi bagian maksimum biaya pengobatan yang akan ditanggung oleh asuransi selama kita dirawat. Jika kamu membelanjakan lebih dari yang disebutkan, kamu akan diminta untuk membayar kompensasi atas kekurangan tersebut.

Hukum Tentang Asuransi Kesehatan

Hukum Tentang Asuransi Kesehatan

Pada hakekatnya asuransi merupakan suatu bentuk kontrak, sehingga ada resiko pembatalan atau pemutusan kontrak jika tidak memenuhi syarat. Sah nya kontrak sudah di atur oleh hukum di negara indonesia yang mengacu pada Pasal 1320 Tentang KUHD Perdata. Pada kenyataannya di luar KUHD, kontrak asuransi juga berakhir jika terjadi beberapa hal berikut ini:

  • Berisi informasi yang salah atau tidak benar, atau jika pemegang polis tidak mengungkapkan apa yang diketahuinya dimana, jika hal ini dialihkan kepada penanggung, maka akan mengakibatkan kontrak asuransi tidak dapat dibuat ( pasal 251 KUHD ).
  • Berisi kerugian yang ada sebelum kontrak asuransi ditandatangani ( pasal 269 KUHD ).
  • Berisi ketentuan bahwa tertanggung, dengan pemberitahuan melalui pengadilan, membebaskan penanggung dari semua kewajiban di masa depan ( pasal 272 KUHD ).
    Ada tipu daya, tipu muslihat atau tipu daya dari tertanggung ( Pasal 282 KUHD ).
  • Apabila barang yang dipertanggungkan tidak dapat dijual di atas kapal sesuai dengan peraturan perundang-undangan, baik kapal Indonesia maupun kapal asing yang digunakan untuk mengangkut barang yang dipertanggungkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka tidak dapat dijual ( pasal 599 KUHD ).

Beberapa Istilah Pada Asuransi Kesehatan

Beberapa Istilah Pada Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui beberapa perusahaan asuransi kesehatan terbaik diatas berikut ini merupakan beberapa istilah ketentuan yang terdapat dalam asuransi kesehatan agar kamu semakin paham informasi seputar asuransi kesehatan, langsung saja kamu simak ulasan berikut di bawah ini.

  • Agen : Adalah orang atau anggota yang bekerja dan berinteraksi dengan perusahaan asuransi untuk mencari dan melayani pemegang polis.
  • Anuitas : Dari serangkaian pembayaran selama jangka waktu tertentu yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis anuitas.
  • Aktuaris : Adalah orang – orang yang secara profesional telah lulus berbagai pelatihan dan memiliki pengetahuan teknis tentang asuransi, memungkinkan Anda untuk memperkirakan jumlah premi asuransi untuk calon klien.
  • Asuransi bank: Merupakan suatu metode pendistribusian penjualan asuransi dimana bank bertindak sebagai distributor ketika nasabah sasarannya adalah nasabah bank. Biasanya, layanan yang diberikan merupakan kombinasi layanan perbankan dan asuransi.
  • Bancatafakul : Merupakan metode pendistribusian dalam asuransi syariah, dimana distributornya adalah bank syariah dan target nasabahnya adalah nasabah bank tersebut. Layanan yang biasanya diberikan adalah kombinasi layanan perbankan dan asuransi.
  • Copayment :Merupakan biaya yang harus dibayar saat mendaftar ke rumah sakit ( biasanya 10 % dari biaya tagihan pengobatan ).
  • Ganti rugi asuransi : Permintaan resmi kepada perusahaan asuransi untuk meminta ganti rugi sesuai dengan ketentuan polis atau perjanjian asuransi.
  • Komisi : Merupakan sebagian dari premi yang dibayarkan kepada agen atau penjual sebagai imbalan atas layanan yang dilakukan berdasarkan polis.
  • Masa tenggang : Jangka waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi asuransi, di mana premi asuransi dapat dibayar tanpa bunga, dan polis asuransi dapat diperhitungkan.
  • Masa tunggu : Jangka waktu setelah diterbitkannya polis, apabila selama jangka waktu tersebut polis asuransi tidak menanggung biaya kesehatan tertanggung untuk jangka waktu tertentu.
  • Saran : Kumpulan informasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi mengenai manfaat polis yang akan diberikan kepada calon klien. Penawaran ini biasanya ditawarkan untuk memberikan informasi produk seperti premi dan pertanggungan.
  • Politik : Polis adalah kontrak yang mengikat dan disetujui secara tertulis oleh perusahaan asuransi dan pemegang polis.
  • Premium : Uang yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu sebagai kewajiban pemegang polis. Besarnya premi yang dibayarkan ditentukan oleh polis dan persetujuan perusahaan asuransi sesuai dengan ketentuan pemegang polis.
  • Penanggung : Seseorang yang secara resmi terdaftar pada polis asuransi untuk membayar premi berdasarkan polis itu.
  • Tertanggung : Seseorang yang terdaftar secara hukum dalam polis asuransi untuk menerima manfaat polis.
  • Risiko : Risiko adalah kerugian yang ditimbulkan terhadap orang atau benda yang dipertanggungkan.

Baca juga: Pengertian Deposito

Akhir Kata

Kebutuhan kamu bergantung pada tahap kehidupan kamu, dan asuransi memberikan pilihan yang dipersonalisasi pada berbagai tahap kehidupan. Misalnya, ketika kamu masih muda dan belum menikah, atau memiliki anak, atau memasuki usia pensiun. Asuransi kesehatan dapat memberikan berbagai manfaat dan manfaat agar kamu dapat menjalani kehidupan dengan terencana.

Ada berbagai produk asuransi yang memberikan kemudahan, seperti perlindungan yang terjamin, pembayaran jangka panjang, dan tabungan, yang semuanya memberikan keamanan finansial dengan harga yang terjangkau. Sekarang kamu seharusnya sudah mengerti apa yang dimaksud dengan asuransi, manfaat dan jenisnya. Mulai dari manfaat asuransi kesehatan, Jenis asuransi kesehatan, istilah lain asuransi kesehatan dan lain – lain.

Sekian dari penjelasan informasi kami mengenai asuransi kesehatan. Selalu jaga kesehatan dengan mentaati protokol kesehatan di masa pandemi COVID – 19 ini, penulis juga ingin menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dan kesalahan dalam perkataan. Terimakasih kami sampaikan kepada kamu pengunjung setia blog ini dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.