Formula Bar Excel (Cara Menampilkan dan Menghilangkannya)

halimah

formula bar excel

Formula bar Excel adalah sebuah kotak persegi panjang di bagian atas dari Microsoft Excel. Fungsinya adalah untuk menampilkan isi atau formula dari suatu sel yang sedang aktif digunakan. Artinya isi dari sebuah formula bar adalah input data yang sedang dikerjakan.

Pada bagian ini pula yang digunakan untuk mengelola rumus, seperti memasukkan rumus. Termasuk juga saat ingin mengkoreksi rumus Excel yang telah dibuat sebelumnya. Isi dari formula  bar ini bukan hanya rumus saja, namun juga data, sesuai dengan dokumen, atau file yang sedang dikerjakan.

Fungsi Formula Bar Pada Excel

Fungsi Formula Bar Pada Excel

Fungsi formula bar Excel ini cukup membantu buat kamu yang sering mengerjakan tugas dengan Excel. Sehingga akan sangat baik kalau dikuasai dengan jelas, sehingga pekerjaan lebih maksimal. Fungsi utama dari formula bar ini ada 3 point. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai tempat untuk mengaktifkan fitur formula builder pada Microsoft Excel.
  • Tempat untuk menuliskan rumus dengan jelas, meskipun rumusnya sangat panjang. Juga sekaligus tempat untuk memperbaiki rumus yang sedang dikerjakan.
  • Sebagai tempat hasil akhir proses pembuatan dokumen, apakah diterima atau ditolak.

Icon Penting Formula Bar Excel

Letak formula bar Excel ini adalah, diantara ribbon dan workspace atau worksheet area. Dimana pada bagian kiri formula bar tersebut terletak name box. Bagian khusus pada Excel yang menunjukkan nama atau alamat dari sel yang sedang aktif.

Icon segitiga kecil yang ada pada name box ketika di klik akan list range atau nama-nama sel yang sedang digunakan. Nama range ini ada pada workbook yang sedang kamu gunakan, sehingga nama-nama ini akan kosong, ketika membuka file yang baru.

Originally posted 2023-02-11 06:26:17.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya