Siklus Akuntansi : Sejarah, Pengertian, Tahapan dan Cara Kerja

Nizar Change

siklus akuntansi

Siklus Akuntansi – Peran akuntansi merupakan hal yang paling mendasar di dalam dunia bisnis. Tentu saja akuntansi memiliki manfaat untuk memberikan berbagai informasi dan seputar jawaban yang berkaitan dengan semua jenis kegiatan keuangan. Semua data keuangan akan dicatat dalam sistem akuntansi, sehingga memudahkan kamu dan karyawan untuk menilai keadaan perusahaan.

Dengan memiliki siklus akuntansi yang baik maka proses penyusunan laporan keuangan yang dapat diterima bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Namun banyak perusahaan – perusahaan kecil, saat ini masih banyak yang sepertinya belum memahami siklus akuntansi, sehingga laporan yang mereka buat hanya sebatas mencatat jumlah pengeluaran dan pemasukan.

Faktanya, siklus akuntansi berjalan jauh lebih dalam. Informasi mengenai pemasukan dan pengeluaran tidak dapat dijadikan sebagai wadah pengambilan keputusan, terutama yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan. Oleh karena itu, ada baiknya jika perusahaan mulai mempelajari arti siklus akuntansi dan menerapkannya dalam organisasi. Berikut ini telah kami jabarkan beberapa informasi seputar akuntansi yang dapat kamu simak di bawah ini.

Sejarah Akuntansi

Sejarah Akuntansi

Bagi sebagian orang, nama pertama yang mungkin terlintas dalam pikiran ketika merujuk sejarah akuntansi awal adalah Luca Pacioli. Pacioli menjelaskan pembukuan entri ganda dalam bukunya “ Summa de Arithmetica, Proportioni et Proportionalita, Geometria ” pada tahun 1494. Meskipun hal itu mungkin terdengar sudah lama sekali, akuntansi mungkin memiliki akar yang dapat ditelusuri kembali lebih awal.

Akuntansi telah ada selama berabad-abad. Ini adalah bagian penting dari bisnis, pencatatan, dan kehidupan secara umum. Catatan akuntansi pertama terjadi ribuan tahun yang lalu di Mesopotamia dan telah berkembang menjadi elemen bisnis dan kehidupan yang rumit seperti sekarang ini. Di bawah ini adalah panduan informatif yang mengeksplorasi sejarah singkat tentang bagaimana akuntansi telah berkembang selama ribuan tahun.

Originally posted 2022-12-29 21:53:58.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya