Bonus Demografi Adalah, dan Dampaknya Bagi Suatu Negara

halimah

Bonus Demografi Adalah, dan Dampaknya Bagi Suatu Negara

Loop.co.id – Bonus demografi adalah keadaan di mana penduduk yang sedang masuk usia produktif jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan penduduk yang usia nya tidak produktif. Usia produktif sendiri diukur dari rentang usia 15 hingga 64 tahun, sedangkan nonproduktif biasanya lebih dari 64 tahun.

Pada Negara berkembang termasuk salah satunya Indonesia, biasanya akan mengalami kenaikan jumlah penduduk yang tinggi setiap tahun. Sehingga hal tersebut diperlukan pendataan guna mengetahui berapa jumlah penduduk pada Negara tertentu, berdasarkan umur dan jenis kelaminnya.

Setelah melakukan pendataan tersebut pemerintah akan lebih mudah dalam membuat kebijakan terkait pendataan seperti pembuatan piramida penduduk, karena melalui hal tersebut pemerintah dapat mengetahui adanya bonus demografi.

Di setiap negara bonus demografi hanya terjadi satu kali, jadi kebanyakan orang akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Fenomena bonus demografi dapat terjadi karena dua hal yaitu:

Mengapa Semua Negara Akan Mengalami Bonus Demografi?

1. Jumlah angka kematian bayi atau infant mortality rate menurun

Jumlah angka kematian bayi atau infant mortality rate menurun

Dalam hal ini bisa saja terjadi dan dialami oleh berbagai Negara karena jumlah bayi yang tetap hidup dan bahkan terus tumbuh hingga dewasa juga cukup banyak.

Originally posted 2023-01-22 16:06:03.

Baca Juga  Materi Pengertian Barista, Tugas dan Cara Kerjanya Yang Benar

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya