Pengertian Manajemen, Sejarah, Fungsi dan Contohnya

Nizar Change

pengertian manajemen

Loop.co.id – Pengertian Manajemen – Manajemen memainkan peran penting dalam membentuk budaya organisasi. Sebab kinerja dan kehidupan organisasi tergantung pada manajemennya.  Organisasi yang dikelola dengan baik dapat secara efektif memanfaatkan sumber dayanya (manusia, dan keuangan) agar tercapai tujuan serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pengetahuan manajemen merupakan ilmu yang sistematis yang dapat mengatur rencana, mengarahkan, mengawasi, mengendalikan, membangun suatu organisasi yang dijalani agar tercapainya keberhasilan yang ingin dicapai.

Sangat penting kiranya agar kamu memahami apa itu manajemen. Oleh sebab itu pada artikel ini kita akan membahas informasi seputar manajemen yang terdiri dari definisi, fungsi, prinsip, jenis – jenis dan masih banyak lagi. Langsung saja kamu simak ulasan berikut di bawah ini.

Sejarah Manajemen

Sejarah Manajemen

Periode I – periode kuno ( 9 – 7 ribu tahun SM – abad XVIII M).

Bentuk – pertama organisasi dan pengaturan kerja bersama muncul pada tahap sistem komunal primitif. Sesepuh, pemimpin klan dan suku mempersonifikasikan prinsip utama dari semua kegiatan. Kira-kira pada milenium 9-7, terjadi transisi dari ekonomi apropriasi ke ekonomi produksi, yang menjadi titik awal munculnya manajemen. Di Mesir Kuno, banyak pengalaman dalam mengelola ekonomi negara terakumulasi.

Pada tahun 3000-2800. SM e. aparat administrasi negara yang cukup berkembang dan strata pelayanannya (juru tulis, pejabat, dll.) dibentuk. Salah satu yang pertama mencirikan manajemen adalah Socrates (470-399 SM). Dia menganalisis berbagai bentuk manajemen, atas dasar yang dia menyatakan prinsip universalitas manajemen. Plato (428-348 SM) memberikan klasifikasi bentuk-bentuk pemerintahan, berusaha untuk membatasi fungsi-fungsi pemerintahan.

Originally posted 2022-12-26 03:50:37.

Baca Juga  Pengertian Rendering

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya